Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 13:07 WIB | Sabtu, 18 Mei 2024

Militer AS: Pembangunan Dermaga Terapung di Jalur Gaza Selesai, Bantuan Segera Dikirim

Dalam gambar yang disediakan oleh Angkatan Darat AS, tentara yang ditugaskan di Brigade Transportasi ke-7 (Ekspedisi) dan pelaut yang bertugas di MV Roy P. Benavidez merakit Roll-On, Roll-Off Distribution Facility (RRDF), atau dermaga terapung, di lepas pantai pantai Gaza di Laut Mediterania pada 26 April 2024. (Foto: dok. US Army via AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Militer Amerika Serikat selesai memasang dermaga terapung di Jalur Gaza pada hari Kamis (16/5), dan para pejabat siap untuk mulai mengangkut bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan ke wilayah kantong yang terkepung selama tujuh bulan pertempuran sengit dalam perang Israel-Hamas.

Pembangunan terakhir yang dilakukan dalam semalam memerlukan proses pengiriman yang rumit, lebih dari dua bulan setelah Presiden AS Joe Biden memerintahkan pembangunan tersebut untuk membantu warga Palestina yang menghadapi kelaparan karena makanan dan pasokan lainnya gagal masuk karena Israel baru-baru ini merebut penyeberangan perbatasan Rafah yang penting dalam upayanya untuk melanjutkan serangan ke kota selatan di perbatasan Mesir itu.

Penuh dengan tantangan logistik, cuaca dan keamanan, jalur maritim ini dirancang untuk meningkatkan jumlah bantuan yang masuk ke Jalur Gaza, namun hal ini tidak dianggap sebagai pengganti pengiriman melalui darat yang jauh lebih murah dan menurut lembaga bantuan jauh lebih berkelanjutan. Kapal yang berisi bantuan akan mengirim di fasilitas pelabuhan yang dibangun oleh Israel di barat daya Kota Gaza dan kemudian didistribusikan oleh kelompok bantuan.

Pertempuran sengit antara pasukan Israel dan militan Palestina di pinggiran Rafah telah menyebabkan sekitar 600.000 orang mengungsi, seperempat dari populasi Gaza, kata para pejabat PBB. 100.000 warga sipil lainnya telah meninggalkan wilayah Gaza utara setelah militer Israel memulai kembali operasi tempur di sana.

Para pejabat Pentagon mengatakan pertempuran di Gaza tidak mengancam wilayah distribusi bantuan baru di garis pantai, namun mereka telah menegaskan bahwa kondisi keamanan akan diawasi secara ketat dan dapat menyebabkan penutupan jalur maritim tersebut, meskipun hanya untuk sementara. Situs tersebut telah menjadi sasaran tembakan mortir selama pembangunannya dan Hamas mengancam akan menargetkan pasukan asing yang “menduduki” Jalur Gaza.

“Perlindungan pasukan AS yang berpartisipasi adalah prioritas utama. Oleh karena itu, dalam beberapa pekan terakhir, Amerika Serikat dan Israel telah mengembangkan rencana keamanan terpadu untuk melindungi semua personelnya,” kata Wakil Laksamana Angkatan Laut Brad Cooper, wakil komandan Komando Pusat militer AS. “Kami yakin dengan kemampuan pengaturan keamanan ini untuk melindungi mereka yang terlibat.”

Pasukan AS berlabuh di dermaga tersebut pada hari Kamis, kata Komando Pusat militer, seraya menekankan bahwa tidak ada pasukannya yang memasuki Jalur Gaza dan tidak akan memasuki Jalur Gaza selama operasi dermaga tersebut.

“Truk yang membawa bantuan kemanusiaan diperkirakan akan mulai bergerak ke darat dalam beberapa hari mendatang,” kata komando tersebut. “PBB akan menerima bantuan tersebut dan mengoordinasikan distribusinya ke Gaza.”

Belum jelas badan PBB mana yang akan terlibat.

Pasukan Israel akan bertanggung jawab atas keamanan di pantai, tetapi ada juga dua kapal perang Angkatan Laut AS di dekat wilayah di Laut Mediterania timur, USS Arleigh Burke dan USS Paul Ignatius. Kedua kapal tersebut merupakan kapal perusak yang dilengkapi dengan berbagai macam senjata dan kemampuan untuk melindungi pasukan Amerika di lepas pantai dan sekutu di pantai.

Badan-badan bantuan mengatakan mereka kehabisan makanan di Gaza selatan dan bahan bakar semakin tipis, yang akan memaksa rumah sakit untuk menutup operasi penting dan menghentikan pengiriman bantuan melalui truk. PBB dan negara-negara lain telah memperingatkan selama beberapa pekan bahwa serangan Israel di Rafah akan melumpuhkan operasi kemanusiaan dan menyebabkan lonjakan korban sipil.

Lebih dari 1,4 juta warga Palestina – setengah dari populasi Gaza – berlindung di Rafah, sebagian besar setelah melarikan diri dari serangan Israel di tempat lain.

Kapal kargo pertama yang memuat 475 palet makanan meninggalkan Siprus pekan lalu untuk bertemu dengan kapal militer AS, Roy P. Benavidez, yang berada di lepas pantai Gaza. Palet bantuan di MV Sagamore dipindahkan ke Benavidez. Pentagon mengatakan pemindahan bantuan antar kapal merupakan upaya yang harus dilakukan agar dapat mengalir dengan cepat setelah dermaga dan jalan lintas dipasang.

Pemasangan dermaga beberapa mil (kilometer) lepas pantai dan jalan lintas yang kini berlabuh ke pantai, sempat tertunda hampir dua pekan karena cuaca buruk. Kondisi laut membuat pasukan AS dan Israel terlalu berbahaya untuk mengamankan jalan lintas menuju pantai, kata para pejabat AS.

Para pemimpin militer mengatakan pengiriman bantuan akan dimulai secara perlahan untuk memastikan sistem tersebut berfungsi. Mereka akan memulai dengan mengirimkan sekitar 90 truk bantuan setiap hari melalui jalur laut, dan jumlah tersebut akan dengan cepat bertambah menjadi sekitar 150 truk per hari. Namun lembaga-lembaga bantuan mengatakan hal itu tidak cukup untuk mencegah kelaparan di Gaza dan harus menjadi bagian dari upaya Israel yang lebih luas untuk membuka koridor darat.

Karena penyeberangan darat dapat mendatangkan semua bantuan yang dibutuhkan jika pejabat Israel mengizinkannya, maka dermaga dan jalur laut yang dibangun AS “adalah solusi untuk masalah yang sebenarnya tidak ada,” kata Scott Paul, direktur asosiasi lembaga kemanusiaan Oxfam.

Biden menggunakan pidato kenegaraannya pada tanggal 7 Maret untuk memerintahkan militer mendirikan dermaga sementara di lepas pantai Gaza, membangun jalur laut untuk mengirimkan makanan dan bantuan lainnya. Pengiriman makanan telah dicadangkan di penyeberangan darat di tengah-tengah Pembatasan Israel dan peningkatan pertempuran.

Di bawah jalur laut baru, bantuan kemanusiaan diturunkan di Siprus di mana bantuan tersebut akan menjalani pemeriksaan keamanan di pelabuhan Larnaca. Bantuan tersebut kemudian dimuat ke kapal – terutama kapal komersial – dan dibawa sekitar 200 mil (320 kilometer) ke dermaga terapung besar yang dibangun oleh militer AS di lepas pantai Gaza.

Di sana, palet-palet tersebut dipindahkan ke truk, dibawa ke kapal-kapal Angkatan Darat yang lebih kecil dan kemudian diangkut beberapa mil (kilometer) ke jalan lintas terapung, yang telah ditambatkan ke pantai oleh militer Israel. Truk-truk yang dikendarai oleh personel dari negara lain akan menyusuri jalan lintas menuju area aman di darat di mana mereka akan menurunkan bantuan dan segera berbalik dan kembali ke perahu.

Kelompok-kelompok bantuan akan mengumpulkan pasokan untuk didistribusikan di pantai, dan PBB bekerja sama dengan Badan Pembangunan Internasional AS untuk mendirikan pusat logistik di pantai.

Sabrina Singh, juru bicara Pentagon, mengatakan kepada wartawan bahwa proyek tersebut akan menelan biaya setidaknya US$320 juta, termasuk pengangkutan peralatan dan bagian dermaga dari Amerika Serikat ke pantai Gaza, serta konstruksi dan operasi pengiriman bantuan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home