Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 15:09 WIB | Jumat, 17 Mei 2024

Israel Menandai Hari Peringatan Pasca Serangan Hamas 7 Oktober

Ketua IDF mengatakan dia merasakan ‘beban di pundak saya’ atas kerugian dan kegagalan militer; Ketua Knesset: Serangan adalah ‘salah satu manifestasi kejahatan yang paling mengerikan dalam sejarah.’
Presiden Israel, Isaac Herzog, berbicara pada upacara Hari Peringatan di Tembok Barat di Kota Tua Yerusalem, hari Minggu, 12 Mei 2024. (Foto: Chaim Goldberg/Flash90)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Israel mulai memperingati Hari Peringatan yang unik dan suram pada hari Minggu (12/5) malam, yang merupakan hari pertama sejak pembantaian brutal Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, ketika negara tersebut memperingati tahun paling mematikan dalam lima dekade bagi mereka yang tewas dalam perang dan teror.

Upacara resmi kenegaraan dimulai pada pukul: 20:00 malam. di Tembok Barat di Yerusalem pada hari Minggu malam, di mana Presiden Israel, Isaac Herzog, mengatakan bahwa orang-orang Yahudi selalu memimpikan perdamaian, namun selama Israel masih diserang “kami tidak akan meletakkan pedang kami.”

“Saya berdiri di sini, di samping sisa-sisa Bait Suci kita, dengan pakaian robek. Perobekan ini – yang merupakan simbol duka Yahudi, merupakan simbol duka dan kesedihan seluruh umat di tahun ini. Tahun berkabung nasional,” kata Herzog.

“Simbol pertumpahan darah di hati masyarakat. Air mata di hati Negara Israel – hancur, berduka, menangis dengan air mata yang pahit, menolak untuk dihibur atas putra dan putrinya – tentara dan warga sipil, warga sipil dan tentara… sebuah tragedi besar telah menimpa kami.”

Presiden juga menyampaikan pesan kepada “saudara-saudari kita yang disandera” dan keluarga mereka, dan menyatakan bahwa sepanjang hari nasional yang diperingati pekan ini, “kita tidak pernah lupa bahwa tidak ada perintah yang lebih besar daripada menebus para tawanan.

“Seluruh bangsa bersamamu. Kita harus mengumpulkan keberanian dan memilih hidup – tidak beristirahat dan tidak berhenti sampai mereka semua kembali ke rumah.”

Herzog mengenang pengorbanan yang dilakukan oleh ratusan tentara gugur yang dikuburkan di seluruh negeri sejak serangan Hamas pada 7 Oktober dan perang yang terjadi di Gaza, dan mencatat bahwa hanya beberapa jam sebelum upacara dimulai, “kami membawa lima orang yang kami cintai ke peristirahatan abadi mereka.”

“Percayalah, saudara dan saudariku, saya ingin – dengan sepenuh hati – menceritakan tentang setiap orang yang kita cintai yang gugur, dari semua perang Israel, dari semua pasukan keamanan, dari seluruh negeri,” kata Herzog. “Tentang kebaikan mereka, kecantikan mereka, keberanian mereka. Namun perpecahannya begitu besar, dan kerugian kita terlalu banyak, terlalu banyak.”

Presiden mencatat bahwa ratusan orang terbunuh pada tanggal 7 Oktober, menggunakan bahasa yang menggemakan doa bahasa Ibrani yang diucapkan Unetaneh Tokef pada Yom Kippur: “Siapa saja yang dibunuh oleh api dan siapa yang mati lemas, siapa saja yang dibunuh oleh pedang dan siapa oleh binatang buas. Siapa yang berada di ambang pintu rumah mereka, dan siapa yang berada di dalam kendaraan pengangkut personel lapis baja, siapa yang berada dalam kehangatan tempat tidur mereka dan siapa yang berada di jalanan, siapa yang berada di pos penjagaan dan siapa yang berada di medan perang, siapa yang berada di halte bus dan siapa yang berada di pos polisi. Siapa yang berada di dalam mobil dan siapa yang berada di dalam kendaraan lapis baja, siapa yang berada di jalur kibbutz, siapa yang berada di padang rumput dan siapa yang berada di pesta, siapa yang berada di pusat perbelanjaan dan siapa yang menggunakan rudal dan roket, siapa yang berada di dalam terowongan, dan siapa yang bersembunyi. Selamanya, selamanya kami mengingatnya.”

Pesan ke Seluruh Dunia

Herzog menegaskan kembali – ditujukan kepada “seluruh dunia” – bahwa Israel “tidak pernah menginginkan atau memilih perang yang mengerikan ini. Bukan yang ini atau pendahulunya.

“Yang kami inginkan hanyalah kembali ke Zion, tempat kami diusir secara paksa, dan memperbarui kebebasan kami di sana – di negara Yahudi dan demokratis. Untuk membangun kehidupan di sini. Sebuah masa depan. Sebuah harapan. Kami selalu memimpikan perdamaian dan hubungan bertetangga yang baik dengan semua masyarakat dan negara di kawasan ini, dan selamanya. Namun selama musuh berusaha menghancurkan kami, kami tidak akan meletakkan pedang kami.”

Sejak Hari Peringatan terakhir Israel, 1.600 tentara dan warga sipil telah tewas dalam pertempuran atau teror, menurut angka yang dikeluarkan oleh pihak berwenang. Menurut Kementerian Pertahanan, 766 tentara tewas saat bertugas di militer selama setahun terakhir, dan 61 veteran cacat lainnya meninggal karena komplikasi dari cedera yang diderita selama dinas mereka pada tahun-tahun sebelumnya. Menurut Institut Asuransi Nasional, 834 nama juga ditambahkan ke dalam daftar korban teror sipil yang tewas dalam serangan selama setahun terakhir, sebagian besar dari mereka adalah korban pembantaian 7 Oktober.

Pernyataan PM Benyamin Netanyahu

Berbicara pada upacara Yad Labanim di Yerusalem pada hari Minggu malam, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyampaikan pesan inklusif, di hadapan para pemimpin Druze dan Badui. “Komitmen yang kuat terhadap negara kami mencakup semua pejuang kami dalam perang yang sulit ini,” katanya – “Yahudi, Druze, Kristen, Muslim, Badui, Sirkasia.”

Netanyahu mengatakan bahwa Israel telah “menyelesaikan sekitar setengah” perangnya melawan Hamas di Gaza, “tetapi kami berkomitmen untuk menyelesaikan tugas suci ini.”

Perdana menteri mengatakan dia memikirkan anggota keluarga yang berduka “setiap hari, sama seperti saya memikirkan saudara laki-laki saya Yoni setiap hari.” Saudara laki-laki perdana menteri terbunuh dalam Operasi Entebbe pada tahun 1976.

“Dan aku memikirkan rasa sakit dan kerinduan yang tak kunjung menyerah, perasaan bahwa matahari telah padam, aku memikirkan para pahlawan yang hilang dari kita, tentang impian yang hancur, harapan yang hancur,” katanya. “Kekasih kita selalu ada di depan mata kita, dengan pengetahuan yang jelas bahwa Negara Israel ada berkat mereka.”

Dalam pidatonya sendiri di Tembok Barat, Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Letjen Herzi Halevi, menyatakan bahwa dia bertanggung jawab memberikan jawaban kepada keluarga korban tewas.

“Sebagai komandan Pasukan Pertahanan Israel selama perang, saya memikul tanggung jawab atas kegagalan IDF dalam misinya melindungi warga Negara Israel pada tanggal 7 Oktober. Saya merasakan beban di pundak saya setiap hari, dan dalam hati saya paham betul maknanya,” katanya.

Kepada keluarga tentara yang gugur, ia menambahkan: “Saya adalah komandan yang mengirim putra dan putri Anda ke medan perang yang tidak pernah mereka kembalikan, dan ke pos tempat mereka diculik.”

“Saya membawa kenangan akan orang-orang yang terjatuh setiap hari, dan saya bertanggung jawab menjawab pertanyaan-pertanyaan tajam yang membuat Anda tetap terjaga,” katanya.  “Saya tidak tahu semua yang gugur, tapi saya tidak akan pernah melupakan mereka. Saya tidak punya waktu untuk mengunjungi rumah mereka, namun saya akan selalu berkomitmen kepada Anda – orang tua, anak perempuan dan laki-laki, saudara laki-laki dan perempuan, pasangan, kakek, dan nenek.”

Halevi berkata: “Saya berdiri dengan rendah hati di hadapan keberanian Anda untuk melawan rasa sakit, untuk menemukan kekuatan setiap hari dalam bayang-bayang kehilangan besar, dan untuk membawa makna baru ke dalam kehampaan yang terbuka.”

Kepala IDF bersumpah bahwa “dalam perang ini, kami bertekad untuk menyelesaikan misi, meskipun kami memahami biayanya.

“Selama musuh bangkit melawan kami, kami akan berjaga-jaga, kami akan siap dan waspada, kami akan merespons dengan kuat setiap upaya untuk menyakiti kami, dan kami akan menyerang mereka yang berupaya membunuh kami,” tambahnya. .

Ketua Knesset, Amir Ohana, membuka upacara Hari Peringatan di gedung parlemen dengan menyalakan lilin peringatan bersama orang tua dan saudara kandung Mayor Jamal Abbas, seorang tentara Druze yang tewas dalam pertempuran di Gaza pada bulan November.

“Bahkan mereka yang belum mengenal Jamal pun merindukan dan mengapresiasinya,” kata Ohana. “Saya ingin berterima kasih kepada Anda karena telah membesarkan seorang pahlawan… Para prajuritnya mengatakan bahwa sebelum mereka masuk, dia mengatakan kepada mereka, 'Kami akan membawa kehormatan kembali ke negara ini.'”

Dalam pidatonya sendiri pada upacara Yad Labanim, Ohana menyebut serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober sebagai “salah satu manifestasi kejahatan yang paling mengerikan dalam sejarah.”

Ohana mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk menjadi layak atas pengorbanan mereka yang gugur adalah dengan mengusir “virus perselisihan dan kebencian terkutuk dari negara ini.” Serangan Hamas, katanya, “mengingatkan kami akan hal-hal yang ingin kami lupakan. Hal-hal yang kami bersumpah 'Tidak akan Pernah Lagi'. Namun, sepanjang hari (pada tanggal 7 Oktober), hal-hal tersebut semakin sering terjadi pada kami.

“Ratusan tentara pemberani, yang masa depannya terbentang di depan mereka, tewas tahun ini dalam badai pertempuran. Ratusan warga sipil lainnya dibunuh dalam kebrutalan abad pertengahan oleh tetangga mereka yang haus darah, yang bagi mereka tidak ada pengampunan dan tidak akan pernah ada pengampunan,” tambah Ohana.

“Kita akan menjadi layak bagi (mereka yang terjatuh) ketika kita mengusir virus terkutuk berupa perselisihan dan kebencian dari negeri ini. Kita akan layak mendapatkannya ketika kita menjelaskan kepada semua musuh kita: Negara Israel kuat. IDF kuat. Masyarakat Israel kuat. Dan bersama-sama kita akan menang.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home