Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:17 WIB | Sabtu, 28 Oktober 2023

Militer Israel: Perang Melawan Hamas Memasuki Tahap Baru

Seorang warga Palestina duduk di rumahnya yang rusak akibat serangan udara Israel di Khan Younis, Jalur Gaza selatan, hari Jumat, 27 Oktober 2023. (Foto: AP/Fatima Shbair)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-israel pada hari Sabtu (28/10) memperluas operasi daratnya di Gaza, mengirimkan tank dan infanteri yang didukung oleh serangan besar-besaran dari udara dan laut. Menteri Pertahanan Israel mengatakan bahwa “tanah berguncang di Gaza” dan perang melawan penguasa Hamas di wilayah tersebut memasuki tahap baru.

Pengeboman tersebut, yang digambarkan oleh warga Gaza sebagai perang paling hebat, juga memutus sebagian besar komunikasi di Gaza. Hal ini secara luas memisahkan 2,3 juta penduduk di daerah kantong yang terkepung tersebut dari seluruh dunia, sekaligus memungkinkan militer Israel untuk mengendalikan narasi dalam tahap pertempuran baru.

Pihak militer merilis gambar-gambar buram pada hari Sabtu yang menunjukkan kolom-kolom tank bergerak lambat di daerah terbuka di Gaza, sebagian besar tampaknya berada di dekat perbatasan, dan mengatakan pesawat-pesawat tempur membom puluhan terowongan dan bunker bawah tanah Hamas. Situs-situs bawah tanah tersebut adalah target utama dalam kampanye Israel untuk menghancurkan kelompok penguasa di wilayah tersebut setelah serangan berdarah mereka di Israel tiga pekan lalu.

“Kami maju ke tahap berikutnya dalam perang,” kata Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, dalam sambutannya yang disiarkan Sabtu. “Tadi malam, tanah berguncang di Gaza. Kami menyerang di atas tanah dan di bawah tanah. ...Instruksi kepada pasukan jelas. Kampanye ini akan berlanjut hingga pemberitahuan lebih lanjut.”

Komentarnya mengisyaratkan peningkatan bertahap menuju apa yang diperkirakan akan berkembang menjadi serangan darat habis-habisan di Gaza utara.

Pada awal perang, Israel telah mengerahkan ratusan ribu tentara di sepanjang perbatasan. Hingga saat ini, pasukan telah melakukan serangan darat singkat setiap malam sebelum kembali ke Israel.

Korban tewas warga Palestina di Gaza pada hari Sabtu (28/10) meningkat menjadi lebih dari 7.700 orang sejak 7 Oktober, dengan 377 kematian dilaporkan sejak Jumat malam, menurut Kementerian Kesehatan di wilayah tersebut. Mayoritas dari mereka yang tewas adalah perempuan dan anak di bawah umur, kata kementerian itu.

Juru bicara kementerian Ashraf al-Qidra mengatakan kepada wartawan bahwa gangguan komunikasi telah “melumpuhkan total” jaringan kesehatan.

Warga tidak bisa memanggil ambulans, dan tim darurat mengejar suara serangan artileri dan serangan udara untuk mencari orang yang membutuhkan.

Beberapa warga sipil menggunakan tangan kosong untuk menarik orang-orang yang terluka dari reruntuhan dan memasukkan mereka ke dalam mobil pribadi atau kereta keledai untuk membawa mereka ke rumah sakit.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh media lokal, warga Palestina berlari menyusuri jalan yang rusak dengan seorang pria yang terluka ditutupi debu reruntuhan bangunan, sementara dia meringis, dengan mata terpejam, di atas tandu. "Ambulans! Ambulans!" teriak orang-orang itu sambil mendorong tandu ke bagian belakang truk pick-up dan berteriak kepada pengemudi, “Pergi! Pergi!"

Warga lain melakukan perjalanan dengan berjalan kaki atau mobil untuk memeriksa kerabat dan teman mereka. “Bom ada di mana-mana, gedung berguncang,” kata Hind al-Khudary, seorang jurnalis di Gaza tengah dan salah satu dari sedikit orang yang memiliki layanan telepon seluler. “Kami tidak dapat menghubungi siapa pun atau menghubungi siapa pun. Saya tidak tahu di mana keluarga saya berada.”

Israel mengatakan serangannya menyasar para pejuang dan infrastruktur Hamas dan bahwa para militan tersebut beroperasi dari kalangan warga sipil, sehingga menempatkan mereka dalam bahaya.

Di seluruh Gaza, warga sipil yang ketakutan berkerumun di rumah-rumah dan tempat penampungan karena persediaan makanan dan air hampir habis. Listrik padam oleh Israel pada tahap awal perang.

Lebih dari 1,4 juta orang telah meninggalkan rumah mereka, hampir setengahnya memadati sekolah dan tempat penampungan PBB. Pekerja bantuan mengatakan aliran bantuan yang diizinkan Israel masuk dari Mesir dalam seminggu terakhir hanyalah sebagian kecil dari jumlah yang dibutuhkan. Rumah sakit di Gaza telah mencari bahan bakar untuk menjalankan generator darurat yang menggerakkan inkubator dan peralatan penyelamat jiwa lainnya.

Badan PBB untuk Pengungsi Palestina, yang mengelola jaringan luas tempat penampungan dan sekolah bagi hampir separuh pengungsi Gaza, telah kehilangan kontak dengan sebagian besar stafnya, kata juru bicara, Juliette Touma, pada hari Sabtu. Dia mengatakan bahwa mengoordinasikan upaya bantuan kini “sangat menantang.”

Serangan udara dan darat yang intensif juga menimbulkan kekhawatiran baru mengenai puluhan sandera yang diseret ke Gaza pada 7 Oktober. Pada hari Sabtu, ratusan keluarga sandera berkumpul di sebuah lapangan di pusat kota Tel Aviv, Israel, menuntut untuk bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallat.

Beberapa anggota kelompok tersebut menuntut agar Israel mendorong pembebasan semua sandera sebelum melanjutkan kampanye melawan Hamas. Para pengunjuk rasa mengenakan kemeja bergambar wajah kerabat mereka yang hilang dengan tulisan “diculik” dan tulisan “Bawa mereka kembali.”

Keluarga-keluarga tersebut “merasa mereka tertinggal dan tidak ada seorang pun yang benar-benar peduli terhadap mereka,” kata Miki Haimovitz, mantan anggota parlemen dan juru bicara kelompok tersebut. “Tidak ada yang berbicara dengan mereka. Tidak ada yang menjelaskan apa yang terjadi.”

Gallant kemudian mengatakan dia akan bertemu dengan keluarga tersebut pada hari Minggu (29/10).

Di Kairo, Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sissi, mengatakan pemerintahnya berupaya meredakan konflik melalui pembicaraan dengan pihak-pihak yang bertikai untuk membebaskan tahanan dan sandera. Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Juru bicara militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan jumlah sandera yang dikonfirmasi adalah 229 orang, setelah empat orang dibebaskan dalam beberapa hari terakhir melalui mediasi Qatar dan Mesir. Dia menepis laporan media tentang kemungkinan kesepakatan gencatan senjata dengan imbalan pembebasan sandera, dan mengatakan bahwa Hamas terlibat dalam “eksploitasi sinis” terhadap kecemasan kerabat para sandera.

Lebih dari 1.400 orang terbunuh di Israel selama serangan Hamas pada 7 Oktober, menurut pemerintah Israel. Di antara mereka yang tewas setidaknya ada 311 tentara, menurut militer.

Militan Hamas Palestina telah menembakkan ribuan roket ke Israel selama tiga pekan terakhir.

Jumlah keseluruhan korban tewas di Gaza dan Israel jauh melebihi total korban jiwa dalam empat perang Israel-Hamas sebelumnya, yang diperkirakan berjumlah sekitar 4.000 jiwa.

Gallant mengatakan pada hari Jumat (27/10) bahwa Israel memperkirakan serangan darat yang panjang dan sulit ke Gaza akan segera terjadi. “Akan memakan waktu lama” untuk membongkar jaringan terowongan Hamas yang luas, katanya, seraya menambahkan bahwa ia memperkirakan akan terjadi fase panjang pertempuran dengan intensitas rendah ketika Israel menghancurkan “kantong-kantong perlawanan.”

Komentarnya menunjuk pada fase baru perang yang berpotensi melelahkan dan terbuka setelah pemboman tanpa henti selama tiga pekan. Israel mengatakan pihaknya bertujuan untuk menghancurkan kekuasaan Hamas di Gaza dan kemampuannya untuk mengancam Israel. Namun bagaimana kekalahan Hamas dan akhir dari invasi tersebut masih belum jelas.

Israel mengatakan mereka tidak bermaksud untuk memerintah wilayah kecil ini namun tidak bermaksud untuk memerintah siapa yang akan memerintah, bahkan ketika Gallant menyatakan bahwa pemberontakan jangka panjang dapat terjadi.

Di Washington DC, AS, Pentagon mengatakan Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, berbicara dengan Gallant pada hari Jumat dan “menggarisbawahi pentingnya melindungi warga sipil selama operasi Pasukan Pertahanan Israel dan berfokus pada urgensi pengiriman bantuan kemanusiaan bagi warga sipil di Gaza.” Pentagon mengatakan Austin juga mengemukakan “perlunya Hamas membebaskan semua sandera.”

Konflik tersebut mengancam akan memicu perang yang lebih luas di seluruh wilayah. Negara-negara Arab, termasuk sekutu AS dan negara-negara yang telah mencapai kesepakatan damai atau menormalisasi hubungan dengan Israel, semakin meningkatkan kewaspadaan atas potensi invasi darat, yang kemungkinan akan menimbulkan lebih banyak korban jiwa di tengah pertempuran perkotaan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home