Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:23 WIB | Jumat, 13 Oktober 2023

Serangan Darat ke Gaza, Israel Hadapi Dilema Lama dalam Konflik dengan Palestina

Warga palestina mencari korban selamat setelah serangan udara Israel di Rafah, Jalur Gaza selatan pada hari Kamis (12/10). (Foto: AP/Hatem Ali)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Ketika Israel menggempur Gaza dengan serangan udara, dan bersiap menghadapi kemungkinan invasi darat, dan meningkatkan perang yang dipicu oleh serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya, para pemimpinnya akan menghadapi banyak dilema yang sama yang dihadapi Israel selama beberapa dekade dalam konflik dengan Palestina.

Para pemimpin Israel telah berjanji untuk memusnahkan militan Hamas yang bertanggung jawab atas serangan mendadak akhir pekan lalu, namun berisiko menuai kritik internasional, karena jumlah korban tewas warga sipil Palestina diperkirakan akan meningkat.

Mereka ingin membunuh semua penculik namun menyelamatkan sekitar 150 sandera: pria, wanita, anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua, yang diseret Hamas melintasi perbatasan dan mengancam akan membunuh jika Israel menargetkan warga sipil.

Pada akhirnya, Israel mungkin memutuskan untuk dengan enggan meninggalkan Hamas yang berkuasa di Gaza daripada mengambil risiko pada alternatif yang lebih buruk.

Berikut ini adalah pilihan-pilihan yang dihadapi Israel di masa depan.

Serangan Darat Yang Berisiko

Israel nampaknya semakin mungkin melancarkan serangan darat ke Gaza, sesuatu yang telah dilakukannya dalam dua dari empat perang sebelumnya dengan Hamas. Militer Israel telah menginvestasikan sumber daya yang sangat besar untuk skenario seperti itu, bahkan membangun pangkalan pelatihan di gurun selatan yang dimaksudkan untuk meniru lanskap perkotaan Gaza.

Serangan darat akan memberikan pesan yang kuat, dan pasukan yang beroperasi di Gaza mungkin memiliki peluang lebih besar untuk membunuh para pemimpin Hamas dan menyelamatkan sandera.

Serangan seperti itu berpotensi menimbulkan korban jiwa yang jauh lebih besar di kedua belah pihak. Dan hal ini akan melibatkan pertempuran jalanan dengan militan Hamas yang telah bertahun-tahun menyiapkan terowongan dan perangkap.

Para pemimpin Hamas mengatakan mereka merencanakan operasi akhir pekan lalu selama lebih dari setahun dan telah mempersiapkan segala skenario, termasuk perang habis-habisan. Serangan darat bahkan bisa menguntungkan mereka.

Giora Eiland, pensiunan jenderal dan mantan kepala Dewan Keamanan Nasional Israel, mengatakan operasi darat akan menjadi “kesalahan besar”,  tentara harus membersihkan setiap rumah dan menghilangkan jebakan dari terowongan sepanjang beberapa kilometer, sambil memerangi ribuan militan Hamas.

Tentara harus tinggal di Gaza selama berbulan-bulan, katanya, dan menderita banyak korban “yang sebenarnya tidak perlu kami lakukan.”

“Iblis Yang Kita Kenal”

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, telah berjanji untuk “menghancurkan dan melenyapkan” Hamas. Sekalipun hal itu mungkin terjadi, para ahli mengatakan Israel bisa saja menyesalinya.

Hamas berakar kuat di masyarakat Palestina, dengan pasukan pejuangnya, pemerintahan di Gaza, dan program kesejahteraan sosial yang ekstensif. Kelompok ini memiliki jutaan pendukung di seluruh Gaza, Tepi Barat yang diduduki dan Lebanon, serta pemimpin di pengasingan.

Hamas didirikan pada akhir tahun 1980-an, dan kelompok ini bertahan sebagai kelompok bersenjata bawah tanah selama bertahun-tahun ketika Israel secara militer menduduki seluruh Jalur Gaza, sebelum penarikan diri pada tahun 2005.

Menduduki kembali Gaza akan membuat Israel bertanggung jawab mengatur dan menyediakan layanan dasar bagi 2,3 juta warga Palestina, sekaligus kemungkinan memerangi pemberontakan. Menghapus Hamas dari kekuasaan dan kemudian menarik diri dari kekuasaan akan meninggalkan kekosongan yang bisa diisi oleh kelompok-kelompok yang lebih radikal lagi.

“Pemahaman di sini di Israel adalah bahwa tidak ada alternatif lain selain rezim Hamas. Ini adalah iblis yang kita kenal,” kata Michael Milshtein, pakar Israel mengenai urusan Palestina di Universitas Tel Aviv.

Warga Sipil dan Pengendalian

Berbeda dengan putaran pertempuran sebelumnya, kali ini Israel hanya menghadapi sedikit seruan untuk menahan diri, dengan Amerika Serikat dan sekutu lainnya mengungkapkan kengerian atas kekejaman Hamas dan menjanjikan dukungan kuat.

Tapi hal itu bisa berubah seiring meningkatnya penderitaan di Gaza.

Serangan udara Israel telah menghancurkan seluruh lingkungan, menewaskan lebih dari 1.500 warga Palestina, termasuk 500 anak-anak dan 276 perempuan, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. Warga sipil yang mencari keselamatan telah mereka memadati sekolah-sekolah yang dikelola PBB ketika Israel mengepung wilayah tersebut, melarang masuknya makanan, bahan bakar, air dan obat-obatan.

Satu-satunya pembangkit listrik di Gaza kehabisan bahan bakar pada hari Rabu (11/10), sehingga wilayah tersebut menjadi gelap gulita.

Empat perang terakhir di Gaza membawa korban jiwa dan kehancuran serupa, namun hanya berlangsung beberapa hari atau pekan, di mana tekanan internasional dan mediator membujuk kedua belah pihak untuk melakukan gencatan senjata. Kali ini mungkin akan memakan waktu lebih lama, namun hasil yang sama tidak dapat dihindari.

“Idenya adalah, masuk ke Gaza, hancurkan Hamas, pastikan hal ini tidak terjadi lagi. Dan tidak ada cara untuk melakukan hal itu tanpa adanya korban sipil yang besar di Gaza,” kata HA Hellyer, peneliti senior di Royal United Services Institute, sebuah lembaga pemikir pertahanan yang berbasis di Inggris.

“Secara strategis, dari segi keamanan, hal ini tidak menyelesaikan masalah Gaza. Hal ini tidak mengatasi masalah mendasar di Gaza.”

Pernyataan Palestina

Masalah mendasar di Gaza, yang sudah ada sejak lama sebelum Hamas, adalah konflik Israel-Palestina.

Bahkan jika Israel berhasil mengalahkan Hamas, apa pun bentuknya, sekitar 7,5 juta orang Yahudi dan jumlah yang sama dari warga Palestina masih akan hidup berdekatan di Israel dan wilayah yang dikuasainya, dengan sebagian besar warga Palestina hidup di bawah pendudukan militer.

Tidak ada perundingan perdamaian selama lebih dari satu dekade, dan harapan yang tersisa untuk solusi dua negara kini semakin jauh. Beberapa kelompok hak asasi manusia utama mengatakan bahwa kendali Israel atas Palestina sama dengan apartheid, sebuah tuduhan yang ditolak Israel karena dianggap sebagai serangan terhadap legitimasinya.

Warga Palestina, yang terluka akibat eksodus mereka selama perang tahun 1948 seputar pendirian negara Israel, ketika ratusan ribu orang melarikan diri atau diusir, bertekad untuk tetap tinggal di Tanah Suci. Negara tetangganya, Mesir dan Yordania, yang berdamai dengan Israel beberapa dekade lalu, sangat menentang pemukiman kembali mereka.

Baru-baru ini, pada hari Jumat pekan lalu, deportasi massal warga Palestina, sebuah gagasan yang telah lama dianut oleh kelompok sayap kanan Israel, merupakan hal yang tidak terbayangkan, seperti halnya invasi besar-besaran oleh Hamas.

Sekarang tampaknya semua taruhan dibatalkan.

“Israel dapat memastikan bahwa tidak ada seorang pun yang tinggal di Gaza, jika itu yang diperlukan,” kata Eiland, mantan ketua Dewan Keamanan Nasional. “Jika tidak ada cara untuk memastikan ada rezim yang dapat diandalkan di sana, apa pun yang terjadi setelahnya, maka tidak akan ada seorang pun yang tersisa di sana.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home