Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 19:56 WIB | Senin, 01 April 2024

Misa Paskah, Paus Fransiskus Menyerukan Perdamaian di Gaza dan Ukraina

Perayaan Paskah di Inggris, Yerusalem, Israel, Jalur Gaza, dan Niniwe, Irak.
Paus Fransiskus melambaikan tangan umat dari balkon tengah Basilika Santo Petrus sebelum pemberkatan 'Urbi et Orbi' (Kepada kota dan dunia), di Vatikan, Minggu, 31 Maret 2024. (Foto: AP/Alessandra Tarantino)

ROMA, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus berkampanye setelah mengalami masalah pernafasan selama musim dingin untuk memimpin sekitar 60.000 orang dalam perayaan Paskah pada hari Minggu 931/3), dengan menyerukan gencatan senjata di Gaza dan pertukaran tahanan antara Rusia dan Ukraina.

Paus Fransiskus memimpin Misa Minggu Paskah di Lapangan Santo Petrus yang dipenuhi bunga dan kemudian menyampaikan doa yang tulus untuk perdamaian dalam pertemuan tahunannya mengenai krisis global. Masyarakat Gaza, termasuk komunitas kecil Kristen di sana, selalu menjadi sumber keprihatinan Paus Fransiskus dan Paskah di Tanah Suci secara keseluruhan merupakan peristiwa yang menyedihkan tahun ini mengingat adanya perang.

“Perdamaian tidak pernah tercipta dengan senjata, tetapi dengan tangan terulur dan hati yang terbuka,” kata Paus Fransiskus dari loggia yang menghadap ke alun-alun, yang disambut tepuk tangan dari kerumunan orang di bawahnya.

Paus Fransiskus tampak dalam kondisi yang baik, meski baru saja merayakan Malam Paskah selama 2½ jam beberapa jam sebelumnya. Paus, yang salah satu paru-parunya diangkat saat masih muda, telah berjuang melawan masalah pernapasan sepanjang musim dingin dan partisipasi penuhnya dalam kebaktian Paskah tidak sepenuhnya dijamin, terutama setelah ia melewatkan prosesi tradisional Jumat Agung.

Namun sebagai tanda bahwa Paus berusia 87 tahun itu merasa baik-baik saja, dia berkeliling piazza beberapa kali dengan mobil pausnya setelah Misa, untuk menyapa para simpatisan.

Vatikan mengatakan sekitar 60.000 orang menghadiri Misa tersebut, dan lebih banyak lagi yang memadati jalan raya Via della Conciliazione menuju piazza. Pada awal kebaktian, hembusan angin menjatuhkan ikon keagamaan besar di altar hanya beberapa meter dari paus; petugas segera memperbaikinya.

Misa Paskah adalah salah satu tanggal terpenting dalam kalender liturgi, merayakan apa yang diyakini umat beriman sebagai kebangkitan Yesus setelah penyalibannya. Misa ini mendahului pemberkatan “Urbi et Orbi” (kepada kota dan dunia), di mana Paus secara tradisional memberikan daftar ancaman yang menimpa umat manusia.

Tahun ini, Paus Fransiskus mengatakan bahwa pemikirannya ditujukan khususnya kepada orang-orang di Ukraina dan Gaza dan semua orang yang menghadapi perang, khususnya anak-anak yang menurutnya “lupa bagaimana caranya tersenyum.”

“Dalam menyerukan penghormatan terhadap prinsip-prinsip hukum internasional, saya menyatakan harapan saya untuk pertukaran umum semua tahanan antara Rusia dan Ukraina: semua demi semua!” dia berkata.

Dia menyerukan pembebasan “segera” tahanan yang diambil dari Israel pada 7 Oktober, gencatan senjata segera di Gaza dan akses kemanusiaan untuk menjangkau warga Palestina.

“Janganlah kita membiarkan permusuhan yang terjadi saat ini terus menimbulkan dampak buruk terhadap masyarakat sipil, yang saat ini berada pada batas daya tahannya, dan terutama terhadap anak-anak,” katanya dalam pidato yang juga menyentuh penderitaan rakyat Haiti, Rohingya dan korban perdagangan manusia.

Paus Fransiskus umumnya menghindari pidato panjang untuk menghindari ketegangan pada pernapasannya. Dia membatalkan homili Minggu Palma pekan lalu dan memutuskan pada menit-menit terakhir untuk tinggal di rumah dari prosesi Jumat Agung di Colosseum.

Vatikan mengatakan dalam penjelasan singkatnya bahwa keputusan itu dibuat untuk “menjaga kesehatannya.”

Keputusan tersebut jelas membuahkan hasil, karena Paus Fransiskus dapat mendaraskan doa-doa pada kebaktian Malam Paskah yang panjang pada Sabtu malam, termasuk memberikan sakramen baptisan dan Komuni Pertama kepada delapan umat Katolik baru, dan memimpin Misa Minggu Paskah serta menyampaikan pidatonya.

Raja Charles Rayakan Paskah di Windsor

Paus Fransiskus bukan satu-satunya pemimpin yang kehadirannya pada Paskah memberikan tanda stabilitas dan keadaan normal yang meyakinkan.

Di Inggris, Raja Charles III bergabung dengan ratu dan anggota keluarga kerajaan lainnya untuk menghadiri kebaktian Paskah di Kastil Windsor dalam acara publiknya yang paling penting sejak ia didiagnosis menderita kanker bulan lalu.

Sang raja memberikan lambaian tangan ceria kepada para penonton saat dia berjalan ke Kapel St. George, dan kemudian menghabiskan waktu berjabat tangan dan menyapa para simpatisan setelah kebaktian. “Kalian sangat berani berdiri di sini dalam cuaca dingin,” kata Charles kepada mereka.

Perayaan Yang Sepi di Yerusalem

Namun keadaan tidak normal di Yerusalem, di mana Misa Paskah datang dan pergi di Gereja Makam Suci. Hanya beberapa lusin umat yang menghadiri kebaktian tersebut ketika perang Israel-Hamas berkecamuk di Gaza.

Gereja abad pertengahan di Kota Tua adalah situs suci tempat umat Kristen percaya bahwa Yesus disalib, dikuburkan, dan dibangkitkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, gereja ini dipenuhi oleh jamaah dan wisatawan. Namun konflik berdarah di Gaza, yang kini memasuki bulan keenam, telah menyebabkan penurunan besar dalam sektor pariwisata dan ziarah di Israel dan wilayah Palestina.

Jalan-jalan di kota tua juga tidak dipenuhi umat Kristen Palestina dari Tepi Barat, yang biasanya berbondong-bondong datang ke kota tersebut dari arah Timur eh. Sejak konflik meletus, jamaah Palestina dari wilayah pendudukan Israel memerlukan izin khusus untuk melintasi pos pemeriksaan ke Yerusalem.

Paskah Suram Akibat Perang di Gaza

Di Gaza, situasinya bahkan lebih suram. Hanya beberapa lusin umat Kristen Palestina yang merayakan Misa Paskah di Gereja Keluarga Kudus di Kota Gaza, namun tidak banyak yang bisa dirayakan.

“Ini tidak terasa seperti Paskah seperti saat-saat lainnya,” kata Winnie Tarazi, seorang Kristen dari Kota Gaza. “Itu karena kami di sini kehilangan rumah, harta benda, anak-anak kami, dan segalanya. Kami kehilangan keluarga kami karena mereka yang melarikan diri, yang tetap tinggal, dan yang dihancurkan.”

Sentimen serupa terjadi di kota Betlehem di Tepi Barat, tempat kelahiran Yesus secara tradisional, di mana hanya beberapa lusin orang yang menghadiri Misa di Gereja Kelahiran Yesus.

“Tidak ada suasana liburan dan tidak ada suasana gembira tahun ini,” kata George Kanawati, warga Bethlehem. “Liburan tidak memberikan kegembiraan dan senyuman anak-anak, yang mana pendudukan selalu berusaha menghapus dan mematikan senyuman ini.”

Nasib Gaza juga menjadi perhatian di New York, di mana polisi menangkap tiga orang yang mengganggu Misa Malam Paskah di Katedral St. Patrick Manhattan pada hari Sabtu. Mereka mengangkat spanduk bertuliskan “Diam = Mati” di altar dan meneriakkan “Bebaskan Palestina” saat mereka dikawal keluar, kata polisi.

Umat Kristen Bertekad untuk Bertahan di Irak

Namun di Dataran Niniwe, Irak, tempat kelompok ISIS membunuh dan membuat ribuan warga minoritas Irak menjadi pengungsi 10 tahun lalu, ratusan orang merayakan Paskah di wilayah yang telah dihuni umat Kristen sejak zaman Yesus. Komunitas Kristen Irak, yang dulunya berjumlah sekitar 1,5 juta orang, kini berjumlah paling banyak beberapa ratus ribu orang, namun mereka datang berbondong-bondong saat Paskah.

“Kami pasti akan tetap berpegang pada tanah ini dan tetap di sini sampai akhir, dan berharap ada perubahan,” kata Nassar Mubarak, yang menghadiri Misa Paskah di gereja Immaculate Conception di Qaraqosh. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home