Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 14:47 WIB | Sabtu, 21 Oktober 2023

Misinformasi Perang Israel-Hamas Membanjiri Media Sosial, Ini Beberapa Fakta

Warga Palestina memeriksa puing-puing Masjid Yassin yang hancur pasca terkena serangan udara Israel di kamp pengungsi Shati di Kota Gaza, hari Senin (9/10) dini hari. (Foto: dok. AP/Adel Hana)

SATUHARAPAN.COM-Pada hari-hari sejak militan Hamas menyerbu Israel pada hari Sabtu, 7 Oktober, banjir video dan foto yang dimaksudkan untuk menunjukkan konflik tersebut telah memenuhi media sosial, sehingga menyulitkan penonton dari seluruh dunia untuk memilah antara fakta dari fiksi.

Meskipun banyak gambar dan laporan nyata tentang pembantaian yang terjadi kemudian, gambar-gambar tersebut bercampur dengan pengguna yang memberikan klaim palsu dan salah mengartikan video dari peristiwa lain.

Di antara pemalsuan tersebut, pengguna telah berbagi klaim palsu bahwa seorang komandan penting Israel telah diculik, menyebarkan video palsu yang meniru laporan BBC News, dan mengunggah klip lama dan tidak berhubungan dari Presiden Rusia, Vladimir Putin, dengan teks bahasa Inggris yang tidak akurat.

Berikut adalah gambaran lebih dekat mengenai misinformasi yang menyebar secara online, dan faktanya yang dilaporkan AP.

Pernyataan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

KLAIM: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengancam akan melakukan intervensi dalam perang terbaru Israel-Hamas.

FAKTANYA: Presiden Muslim konservatif ini tidak mengatakan hal seperti itu. Sebuah postingan media sosial yang dia tulis baru-baru ini tentang konflik yang sedang berlangsung telah salah mengutip.

Pengguna media sosial membagikan kutipan yang mereka katakan berasal dari Erdogan, di mana pemimpin yang sudah lama menjabat itu memperingatkan negaranya akan mengambil langkah tegas untuk mengakhiri konflik jika kehancuran Gaza yang dikuasai Hamas terus berlanjut.

“Presiden Turki Erdogan telah MENGANCAM untuk campur tangan dalam perang Israel di Gaza: 'Saya menyerukan kepada seluruh umat manusia untuk mengambil tindakan guna menghentikan kebrutalan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Jalur Gaza. Jika tidak, kami akan melakukannya’,” tulis salah satu pengguna di X, platform media sosial yang dulu bernama Twitter, dalam postingan yang telah disukai atau dibagikan lebih dari 105.000 kali.

Namun postingan tersebut salah mengutip komentar yang diposting Erdogan pada 17 Oktober di akun pribadinya di X tentang konflik mematikan tersebut.

Dalam pesan tersebut, yang ditulis dalam bahasa Turki, presiden “mengundang seluruh umat manusia” untuk membantu menghentikan “kebrutalan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Gaza,” seperti yang diklaim oleh postingan tersebut.

Namun dia tidak menulis “Jika tidak, kami akan melakukannya” atau frasa ancaman lainnya yang menunjukkan intervensi militer langsung oleh Turki, menurut penutur asli bahasa Turki dan pakar lain yang meninjau postingan media sosial Erdogan untuk The Associated Press.

“Presiden Erdogan tidak mengancam untuk campur tangan dalam konflik ini,” tulis Steven Cook, pakar Timur Tengah di Council on Foreign Relations, sebuah lembaga pemikir di Washington, melalui email. “Dia berbicara secara umum tentang dunia memberikan tekanan pada Israel untuk menghentikan kampanye militernya.”

Elizabeth Shakman Hurd, seorang profesor ilmu politik di Universitas Northwestern yang berspesialisasi dalam Timur Tengah, menambahkan bahwa dia belum melihat adanya indikasi bahwa Erdogan telah membuat ancaman seperti itu di tempat lain.

Juru bicara pemerintah Turki tidak segera menanggapi email yang meminta komentar, namun Erdogan memposting pernyataan yang lebih panjang di akun pribadinya di X, juga ditulis dalam bahasa Turki, di mana ia mengecam serangan Israel di Gaza, mengkritik negara-negara Barat dan media, serta menyerukan komunitas internasional untuk mendorong gencatan senjata.

Akun resmi berbahasa Inggris untuk kantor kepresidenan Turki juga menyampaikan sentimen serupa dalam sebuah postingan tentang panggilan telepon antara Erdogan dan Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sissi.

“Menggarisbawahi bahwa memaksa warga Palestina di Gaza untuk bermigrasi dari tanah air mereka tidak dapat diterima, Presiden Erdoğan menekankan bahwa Türki akan terus melakukan segala upaya untuk menjamin perdamaian dan agar bantuan kemanusiaan serta layanan kesehatan segera dikirimkan ke Gaza, tulis kantor itu.

Ledakan di Rumah Sakit Al Ahli

KLAIM: Militer Israel mengkonfirmasi pihaknya mengebom sebuah rumah sakit di Gaza dalam sebuah postingan media sosial yang ditulis dalam bahasa Arab.

FAKTA: Tangkapan layar yang beredar online menunjukkan postingan Facebook dari akun yang menyamar sebagai milter Israel. Tidak ada postingan seperti itu di halaman media sosial militer, dan juru bicara militer yang berbahasa Arab menegaskan bahwa kantornya tidak mengeluarkan pernyataan seperti itu.

Setelah ledakan mematikan pada 17 Oktober di rumah sakit al Ahli di Gaza, pengguna media sosial membagikan tangkapan layar tersebut, mengklaim bahwa tangkapan layar tersebut berasal dari anggota tim hubungan media militer Israel yang berbahasa Arab.

Gambar profil pengguna tersebut menampilkan lambang kantor juru bicara berwarna biru-putih, yang menampilkan gelombang radio di atas simbol tradisional militer Israel berupa pedang yang dibungkus dengan ranting zaitun.

Postingan tersebut, yang ditulis dalam bahasa Arab, menunjukkan bahwa negara Yahudi tersebut mengatakan mereka mengebom rumah sakit tersebut karena fasilitas medis di Kota Gaza kekurangan pasokan dan staf.

“Postingan Facebook resmi Israel: 'Karena kurangnya peralatan medis dan kurangnya staf medis, diputuskan untuk mengebom Rumah Sakit Baptis di Gaza dan memberi mereka euthanasia',” tulis salah satu pengguna di X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal seperti Twitter, dalam postingan yang menerjemahkan tangkapan layar tersebut.

Postingan serupa juga banyak dibagikan di TikTok dan platform media sosial lainnya.

Namun pernyataan tersebut tidak ditulis oleh kantor pers militer Israel, seperti yang dikonfirmasi oleh juru bicara militer Israel pekan ini.

“Hanya untuk memperjelas: Saya tidak mengeluarkan pernyataan atau komentar apa pun mengenai Rumah Sakit Baptis di Gaza,” tulis Avichay Adraee, kepala Unit Juru Bicara militer Israel cabang media Arab, dalam sebuah postingan di X tanggal 17 Oktober, ketika ledakan terjadi.

“Semua berita yang beredar atas nama saya berasal dari media Hamas dan sepenuhnya salah.”

Kantor tersebut pada hari Kamis (19/10) mengkonfirmasi bahwa postingan tersebut tidak berasal dari halaman resmi militer dalam bahasa Arab, dan mengatakan dalam sebuah pernyataan email: “IDF telah memperjelas bahwa tidak ada serangan IDF terhadap rumah sakit tersebut.”

Terlebih lagi, kantor pers militer Israel tidak menggunakan logonya sendiri di akun media sosial aslinya, tidak seperti akun palsu.

Halaman Facebook unit tersebut yang terpisah dalam bahasa Inggris dan Ibrani, serta akun X-nya yang ditulis dalam bahasa Farsi, misalnya, semuanya menggunakan simbol utama militer. Lambang berwarna emas itu menampilkan pedang yang terbungkus ranting zaitun dengan Bintang Daud sebagai latar belakangnya.

Sementara itu, akun media sosial Adraee, yang merupakan saluran utama pesan militer Israel dalam bahasa Arab, menampilkan foto profilnya dan logo merah maroon yang terdiri dari lima pedang dengan latar belakang api sebagai foto sampulnya.

Akun dan postingan palsu di Facebook juga tampaknya telah dihapus pada 19 Oktober. Juru bicara Meta, perusahaan induk Facebook, tidak membalas email yang meminta komentar.

Ada klaim yang saling bertentangan mengenai siapa yang bertanggung jawab atas ledakan rumah sakit tersebut. Para pejabat di Gaza dengan cepat menyalahkan serangan udara Israel.

Israel membantah terlibat dan merilis serangkaian video, audio, dan informasi lain yang menurut mereka menunjukkan bahwa ledakan tersebut disebabkan oleh salah tembak rudal oleh Jihad Islam, kelompok militan lain yang beroperasi di Gaza yang telah menolak klaim tersebut.

Associated Press belum memverifikasi secara independen klaim atau bukti apa pun yang dikeluarkan oleh para pihak. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home