Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 13:08 WIB | Kamis, 21 April 2022

Mudik Lebaran, Polda Banten Berlakukan Ganjil Genap

Pelabuhan Merak. (Foto: dok. Ist)

BANTEN, SAT5UHARAPAN.COM-Kepala Kepolisian Daerah Banten, Irjen. Pol. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, mengatakan akan memberlakukan aturan ganjil-genap nomor kendaraan saat mudik. Hal ini dilakukan untuk mengurai kemacetan saat terjadinya lonjakan jumlah kendaraan saat libur mudik.

“Khusus jalur ke tempat wisata, diberlakukan kembali aturan ganjil-genap dan sosialisasikan meluas,” jelas Kapolda Banten dikutip dari laman NTMC Polri.

Selain ganjil-genap, Polda Banten juga menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di jalan tol maupun jalur arteri menuju Pelabuhan Merak. Langkah ini sebagai antisipasi kepadatan kendaraan karena arus mudik.

Polisi akan menyiapkan posko pelayanan masyarakat terutama untuk pemudik, seperti tempat istirahat yang nyaman, toilet mobile di jalan arteri maupun pintu keluar tol.

“Jika jalur tol di Merak biasanya padat, petugas dapat alihkan pengendara untuk exit di pintu tol lainnya,” katanya.

Direktorat Lalu Lintas juga akan diarahkan untuk menyiapkan montir di titik kemacetan, agar kendaraan pemudik yang mogok bisa segera ditangani dengan cepat.

Dia menambahkan pihaknya bersama dengan instansi dan lembaga lain juga akan membuka gerai vaksin di area Pelabuhan Merak dan di atas kapal laut. “Gerai vaksin disiapkan di Merak, dan ditampilkan sebagai sosialisasi di spanduk di Jakarta."

"Bagi yang ke Merak agar menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dan persyaratan lain agar bisa menyeberang ke Merak,” kata Kapolda Banten.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home