Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 14:06 WIB | Senin, 16 November 2020

NASA - SpaceX Kirim Empat Astronaut ke Stasiun Antariksa

Kru roket SpaceX Falcon 9: Komandan Mike Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, dan astronaut Jepang Soichi Noguchi, melambaikan tangan sebelum memasuki pesawat antariksa untuk misi komersial NASA pertama di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida, Minggu, 15 November 2020. (Foto: VOA)

FLORIDA, SATUHARAPAN.COM - Empat astronaut sedang dalam perjalanan ke Stasiun Antariksa Internasional pada Minggu (15/11) sore setelah peluncuran roket Crew Dragon milik SpaceX.

“Misi Crew-1 telah meluncur naik roket Falcon 9 dari @NASAKennedy pada pukul 07.27 malam waktu Amerika timur dan kini dalam perjalanan menuju ke @Space_Station,” cuit NASA tak lama setelah peluncuran.

Misi itu akan menjadi pertama kalinya bagi Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA) meluncurkan sebuah roket milik swasta ke antariksa. SpaceX merupakan perusahaan roket milik pengusaha Elon Musk, yang juga CEO Tesla.

Menurut pejabat NASA, perjalanan menuju stasiun antariksa itu diperkirakan memakan waktu 27 jam. Peluncuran itu tadinya dijadwalkan pada Sabtu (14/11), tapi ditunda karena angin kencang.

Secara terpisah, Wakil Presiden AS Mike Pence mencuit pada Minggu (15/11) bahwa dia antusias untuk menyaksikan peluncuran itu dengan istri, Karen Pence.

Pada Agustus, dua astronaut AS kembali ke Bumi, melakukan pendarat air dengan aman ke Teluk Meksiko setelah menjalankan misi ke Stasiun Antariksa Internasional di atas pesawat antariksa buatan SpaceX, Crew Dragon.

Kedua pria itu melesat dari Florida pada Mei. Misi itu menjadi peluncuran astronaut NASA pertama dari wilayah AS sejak 2011 dan pertama kalinya sebuah pesawat antariksa komersial membawa manusia ke orbit. (VOA)

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home