Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:15 WIB | Kamis, 30 Mei 2024

NATO Gelar Pertemuan, Ada Tekanan untuk Izinkan Ukraina Serang Wilayah Rusia

Pertahanan udara Ukraina menembak untuk menghentikan drone dalam gelombang pemboman tanpa henti yang menargetkan Kiev pada hari Selasa (28/5) pagi di Kiev, Ukraina. (Foto: AP)

PRAHA, SATUHARAPAN.COM-Para menteri luar negeri negara anggota NATO bertemu di Praha pada hari Kamis (30/5) dalam rangka menghadapi seruan yang semakin meningkat kepada sekutu-sekutu terkemuka untuk mencabut pembatasan yang menghentikan Kiev menggunakan senjata Barat untuk menyerang wilayah Rusia.

Pertemuan dua hari di ibu kota Ceko itu dimaksudkan untuk fokus pada upaya menuntaskan paket dukungan bagi Ukraina pada pertemuan puncak NATO di Washington pada bulan Juli.

Namun perdebatan yang berkembang mengenai apakah akan membiarkan Kiev menggunakan senjata yang dikirim oleh negara-negara Barat untuk menyerang wilayah Rusia berisiko membayangi pertemuan tersebut.

Ukraina telah menekan para pendukungnya – terutama Amerika Serikat – untuk mengizinkan negara itu menggunakan persenjataan jarak jauh yang mereka pasok untuk mencapai sasaran di wilayah Rusia.

Amerika Serikat dan Jerman sejauh ini menolak mengizinkan Kiev melakukan serangan di perbatasan karena takut hal itu dapat menyeret mereka lebih dekat ke konflik langsung dengan Moskow.

Menjelang pertemuan NATO – yang dimulai dengan makan malam pada hari Kamis (30/5),  ketua aliansi Jens Stoltenberg berulang kali mengatakan bahwa sudah waktunya bagi para anggota untuk mempertimbangkan kembali batasan-batasan tersebut, karena hal tersebut menghambat kemampuan Kiev untuk mempertahankan diri.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, tampaknya mengubah keputusan pada hari Selasa (28/5) ketika dia mengatakan Ukraina harus diizinkan untuk “menetralisir” pangkalan di Rusia yang digunakan untuk melancarkan serangan.

Namun Kanselir Jerman, Olaf Scholz, tetap tidak terlalu berkomitmen dan mengatakan bahwa Ukraina harus bertindak sesuai hukum – dan Berlin tidak memasok senjata untuk menyerang Rusia.

Di seberang Atlantik, Gedung Putih mengatakan pihaknya masih menentang Ukraina menggunakan senjata Amerika Serikat untuk menyerang wilayah Rusia, meskipun Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengisyaratkan bahwa strategi itu dapat berubah.

Sementara itu, Moskow bereaksi keras -- Presiden Vladimir Putin memperingatkan akan ada "konsekuensi serius" jika negara-negara Barat memberikan persetujuan kepada Ukraina.

Mereka yang mendesak agar Ukraina diberikan kebebasan mengatakan mereka berharap ada momentum bagi Amerika Serikat dan negara-negara lain untuk mengubah arah ketika Kiev berjuang menghentikan serangan Rusia di wilayah Kharkiv.

“Jelas gagasan Presiden Macron membantu sekutu yang meyakini aturan ini harus diubah,” kata seorang diplomat dari salah satu negara NATO. “Saya berharap perdebatan di AS akan mempertimbangkan gagasan Macron.”

Paket Washington untuk Ukraina?

Ketika sekutu-sekutu NATO bergulat dengan masalah ini, para menteri di Praha juga mencoba untuk memberikan paket dukungan yang membuat Ukraina puas karena harapan mereka untuk menjadi anggota NATO masih jauh dari harapan.

Setelah melakukan tekanan keras pada pertemuan puncak tahun lalu, Kiev telah diberitahu dengan tegas oleh negara-negara NATO – yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Jerman – bahwa mereka tidak mengharapkan adanya kemajuan konkrit dalam bergabung dengan aliansi tersebut di Washington.

Sekjen NATO Stoltenberg malah ingin membuat anggota aliansi membuat komitmen multi-tahun yang jelas mengenai berapa banyak bantuan yang akan mereka berikan kepada Ukraina di masa depan.

Bulan lalu ia melontarkan angka target keseluruhan sebesar 100 miliar euro (US$108 miliar) selama lima tahun, namun angka tersebut gagal di kalangan sekutu yang bingung mengenai apa saja yang termasuk di dalamnya.

“Orang-orang memahami bahwa Anda perlu mengumumkan sesuatu, tetapi mereka tidak hanya ingin mengumumkannya,” kata diplomat Barat tersebut. Para diplomat mengatakan perdebatan masih berlangsung ketika para sekutu mencoba memikirkan apa saja yang akan tercakup dalam janji-janji tersebut dan bagaimana janji-janji tersebut dapat disusun.

Salah satu bidang di mana NATO tampaknya semakin dekat dengan kesepakatan adalah rencana aliansi tersebut untuk mengambil alih koordinasi pasokan senjata ke Ukraina dari Amerika Serikat.

Sejauh ini, Washington memegang kendali karena NATO menghindari keterlibatan dalam pengiriman senjata karena khawatir hal itu akan menghasut Rusia.

Para pendukung mengatakan menjadikan aliansi ini bertanggung jawab secara keseluruhan dapat membantu melindungi pengiriman di masa depan terhadap kemungkinan kembalinya Donald Trump ke kursi kepresidenan AS. Namun pihak lain khawatir hal ini hanya akan menambah birokrasi.

“Harapan pertama adalah untuk tidak menjadikannya kurang efektif dibandingkan sistem yang ada saat ini,” kata diplomat Barat lainnya.

Para diplomat mengatakan bahwa untuk menghindari pertentangan dari Hongaria – salah satu negara yang paling bersahabat dengan Rusia dalam aliansi tersebut – Budapest telah diberikan “keluar” untuk tidak terlibat.

Ukraina Hancurkan Tujuh Rudal Rusia

Sementara itu, dari Kiev dilaporkan, sistem pertahanan udara Ukraina menghancurkan tujuh rudal yang diluncurkan Rusia dan 32 drone dalam semalam, kata komandan angkatan udara Ukraina pada Kamis.

Melalui aplikasi pesan Telegram, pejabat angkatan udara mengatakan Rusia telah meluncurkan total 51 rudal dan drone.

Komandan tersebut mengatakan pasukan Rusia menyerang “fasilitas militer dan infrastruktur penting di Ukraina” tetapi tidak memberikan rincian tambahan.

Walikota Kharkiv di Ukraina timur, Ihor Terekhov, mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa infrastruktur penting di kota itu diserang tadi malam dan empat orang terluka.

Otoritas sipil dan militer lainnya tidak melaporkan adanya korban jiwa dan kerusakandisebabkan oleh serangan tersebut. (AFP/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home