Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:15 WIB | Kamis, 09 Mei 2024

Inggris Serukan Sekutu NATO Tingkatkan Belanja Pertahanan Hadapi Meningkatnya Ancaman

Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron, ketika berbicara dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Kyrgyzstan, Jeenbek Kulubaev, di Bishkek, Kyrgyzstan, Senin, 22 April 2024. Cameron sedang melakukan tur lima hari di kawasan Asia Tengah. (Foto: dok. AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron, pada hari Kamis (9/5) akan mendesak mitra-mitra NATO untuk segera mulai membelanjakan 2,5 persen PDB untuk pertahanan, dalam pidatonya yang penting di mana ia akan menyerukan pendekatan yang lebih tegas terhadap kebijakan luar negeri Barat.

Cameron – mantan perdana menteri Inggris – akan mengatakan bahwa negara-negara perlu mengambil tindakan lebih tegas untuk melindungi kepentingan mereka dari ancaman yang muncul, termasuk dari Rusia dan Iran.

“Kami berada dalam pertarungan keinginan. Kita semua harus membuktikan bahwa musuh kita salah – Inggris, dan sekutu serta mitra kita di seluruh dunia,” kata Cameron, menurut kutipan yang dirilis oleh kementerian luar negeri.

Cameron akan menggunakan pidato utama di Pusat Keamanan Siber Nasional di London untuk menyerukan negara-negara NATO meningkatkan belanja pertahanan di atas target dua persen yang disepakati 10 tahun lalu.

Ia akan menyerukan negara-negara dalam aliansi pertahanan Barat yang beranggotakan 32 negara untuk “mengungguli persaingan, mengungguli kerja sama, dan mengungguli inovasi” dari musuhnya.

“KTT NATO yang akan datang harus melihat semua sekutu berada pada jalur yang tepat untuk memenuhi janji mereka yang dibuat di Wales pada tahun 2014 untuk membelanjakan dua persen untuk pertahanan.

“Dan kita perlu bergerak cepat untuk menetapkan 2,5 persen sebagai patokan baru bagi seluruh Sekutu NATO,” kata Cameron.

Bulan lalu, pemimpin Inggris, Rishi Sunak, mengumumkan dalam kunjungannya ke Polandia bahwa London akan secara bertahap meningkatkan belanja pertahanan hingga 2,5 persen dari PDB pada tahun 2030.

Dia menunjuk “poros negara otoriter”, termasuk Rusia, Iran, Korea Utara, dan China.

Cameron akan berpendapat bahwa Inggris perlu berinvestasi dalam aliansi lama, termasuk G-7 yang merupakan negara-negara terkaya di dunia dan jaringan berbagi intelijen Five Eyes dengan Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Namun dia menambahkan bahwa Inggris juga perlu menjalin kemitraan baru, seperti aliansi AUKUS dengan Amerika Serikat dan Australia, pasca-Brexit.

“Kita perlu mengambil pendekatan yang lebih keras demi dunia yang lebih keras. Jika invasi ilegal Putin mengajarkan kita sesuatu, maka tindakan yang terlalu sedikit, terlambat, hanya akan memicu agresor,” katanya.

“Kita harus lebih tegas dan tegas,” Cameron diperkirakan akan menambahkan.

Cameron, yang mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada tahun 2016 setelah warga Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa, diangkat dari belantara politik oleh Sunak untuk menjadi menteri luar negeri pada November lalu. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home