Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:20 WIB | Rabu, 23 Maret 2022

Oposisi Rusia, Alexei Navalny, Divonis Penjara Sembilan Tahun

Alexei Navalny dan anggota keluarganya di rumah sakit Charite di Berlin, Jerman, dalam gambar tak bertanggal yang diperoleh dari media sosial pada 15 September 2020. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan Rusia pada hari Selasa (22/3) memvonis pemimpin oposisi Alexei Navalny atas penipuan dan penghinaan terhadap pengadilan, menjatuhkan hukuman sembilan tahun penjara lagi. Ini sebuah langkah yang dilihat sebagai upaya untuk menahan musuh terbesar Presiden Vladimir Putin di balik jeruji besi selama mungkin.

Hukuman baru itu menyusul tindakan keras selama setahun oleh Putin terhadap para pendukung Navalny, aktivis oposisi lainnya, dan jurnalis independen di mana pihak berwenang tampak bersemangat untuk menahan semua perbedaan pendapat.

Rekan dekat Navalny telah menghadapi tuntutan pidana dan meninggalkan negara itu, dan infrastruktur politik kelompoknya, sebuah yayasan anti-korupsi dan jaringan kantor regional nasional, telah dihancurkan setelah dicap sebagai organisasi ekstremis.

Navalny yang berusia 45 tahun, yang pada tahun 2020 selamat dari keracunan dengan agen saraf yang ia tuduhkan pada Kremlin, sudah menjalani hukuman dua setengah tahun di sebuah koloni hukuman di timur Moskow karena pelanggaran pembebasan bersyarat. Sidang baru diadakan di ruang sidang darurat di fasilitas tersebut.

Dalam sebuah posting Facebook oleh timnya tak lama setelah hukuman, Navalny yang biasanya sinis mengatakan: "Penerbangan luar angkasa saya memakan waktu sedikit lebih lama dari yang diharapkan."

Dia menambahkan bahwa baik dia maupun rekan-rekannya "tidak akan menunggu," mengumumkan bahwa Yayasan Anti-Korupsinya akan menjadi organisasi internasional yang akan "melawan (Putin) sampai kita menang."

"Kami akan menemukan semua rumah mewah mereka di Monaco, vila mereka di Miami, kekayaan mereka di mana-mana, dan ketika kami melakukannya, kami akan mengambil semuanya dari elite kriminal Rusia," kata situs web baru yayasan itu.

Hukuman barunya adalah atas tuduhan menggelapkan uang yang dia dan yayasannya dibesarkan selama bertahun-tahun dan menghina hakim selama persidangan sebelumnya. Navalny, yang akan mengajukan banding atas putusan tersebut, telah menolak tuduhan itu sebagai bermotif politik.

Jerman mengutuk putusan tersebut, dengan Kementerian Luar Negeri menyebutnya sebagai “bagian dari instrumentalisasi sistematis sistem peradilan Rusia terhadap pembangkang dan oposisi politik.”

Tidak segera jelas apakah Navalny harus menjalani hukuman sembilan tahun baru selain dua setengah tahun, atau di mana dia akan menjalaninya. Jaksa awalnya meminta hukuman 13 tahun. Hakim juga menjatuhkan denda 1,2 juta rubel (sekitar US$ 11.500).

Akun Twitter Navalny menanggapi hukuman sembilan tahun dengan mengutip serial televisi "The Wire": "Yah, seperti yang biasa dikatakan oleh karakter serial TV favorit saya 'The Wire': 'Kamu hanya dua hari. Itulah hari Anda masuk dan hari Anda keluar.’ Saya bahkan memiliki T-shirt dengan slogan ini, tetapi otoritas penjara menyitanya, mengingat cetakan ekstremis.”

Bahkan pengacaranya, Olga Mikhailova dan Vadim Kobzev, ditahan tak lama setelah mereka berkomentar kepada wartawan tentang putusan tersebut, meskipun Mikhailova mengatakan kepada outlet berita Medizona bahwa polisi membiarkan mereka pergi tanpa tuduhan apa pun.

Pendukung Navalny mengkritik keputusan untuk memindahkan persidangan, yang dibuka sekitar sebulan lalu, ke penjara, tetapi menahannya di Moskow. Mereka mengatakan itu secara efektif membatasi akses ke persidangan untuk media dan pendukung.

Dia muncul di persidangan dengan pakaian penjara dan membuat beberapa pidato yang rumit, mengutuk tuduhan itu sebagai palsu.

Navalny jatuh sakit saat dalam penerbangan domestik pada tahun 2020 dan didiagnosis diracun oleh agen saraf kimia Novichok, meskipun pejabat Rusia dengan keras membantah tuduhannya bahwa mereka memiliki peran apa pun. Dia dipindahkan untuk perawatan ke Jerman, di mana dia pulih selama lima bulan.

Dia ditangkap setelah kembali ke Rusia pada Januari 2021, memicu protes terbesar yang terlihat di negara itu dalam beberapa tahun terakhir. Bulan berikutnya, pengadilan Moskow memerintahkan dia ke penjara karena melanggar persyaratan pembebasan bersyaratnya pada kasus penggelapan tahun 2014, dan Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa dianggap itu sebagai "sewenang-wenang dan jelas tidak masuk akal."

Pihak berwenang kemudian melancarkan tindakan keras terhadap organisasi, rekan dan pendukungnya. Bulan lalu, pejabat Rusia menambahkan dia dan sejumlah rekannya ke daftar negara yang menyebut mereka "ekstremis" dan "teroris."

Beberapa kasus kriminal telah diluncurkan terhadap Navalny secara individu, membuat rekan-rekannya menyebut Kremlin bermaksud untuk menahannya tanpa batas waktu.

Sekutu terdekat Navalny dan ahli strategi lama, Leonid Volkov, mentweet pada hari Selasa dari luar negeri bahwa rencana itu akan gagal.

“Putin merencanakan dan telah merencanakan banyak hal: menjadikan Rusia salah satu dari lima ekonomi dunia teratas, untuk mengambil alih Kiev dalam 96 jam, untuk membunuh Navalny dengan Novichok. Rencananya selalu gagal. Begitu juga sembilan tahun ini,” kata Volkov. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home