Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:21 WIB | Jumat, 27 Oktober 2023

Pakistan Berencana Deportasi Imigran Ilegal, Termasuk 1,7 Warga Afghanistan

Penduduk setempat Pakistan dan warga Afghanistan menggelar protes di kota perbatasan Chaman, Pakistan pada hari Kamis (26/10). Puluhan ribu orang di Chaman menentang rencana pemerintah mendeportasi imigran illegal. (Foto: AP/Jafar Khan)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Pakistan sedang mendirikan pusat deportasi bagi migran yang berada di negara itu secara ilegal, termasuk sekitar 1,7 juta warga Afghanistan, kata para pejabat, pada hari  Kamis (26/10). Siapa pun yang ditemukan tinggal di negara tersebut tanpa izin mulai Rabu depan akan ditangkap dan dikirim ke salah satu pusat penahanan.

Langkah ini merupakan perkembangan terbaru dalam tindakan keras pemerintah Pakistan yang mengusir orang asing tanpa registrasi atau dokumen.

Jan Achakzai, juru bicara pemerintah di Provinsi Baluchistan, Pakistan barat daya, mengatakan tiga pusat deportasi sedang didirikan di sana. Salah satunya akan berada di Quetta, ibu kota provinsi.

Azam Khan, kepala menteri sementara untuk Provinsi Khyber Pakhtunkhwa di barat laut Pakistan, mengatakan wilayah tersebut juga akan memiliki tiga pusat deportasi. Lebih dari 60.000 warga Afghanistan telah kembali ke rumah mereka sejak tindakan keras diumumkan, katanya.

Para migran yang tinggal di negara tersebut secara ilegal harus meninggalkan negara tersebut sebelum batas waktu yang ditentukan pada hari Selasa mendatang untuk menghindari penangkapan, katanya.

Menteri Dalam Negeri sementara Pakistan, Sarfraz Bugti, mengatakan batas waktu tersebut tidak akan diperpanjang.

Bugti mengatakan dalam konferensi pers hari Kamis bahwa tidak ada migran yang tinggal di Pakistan tanpa izin ilegal yang akan dianiaya setelah penangkapan mereka. “Mereka tidak akan dianiaya,” katanya, seraya menambahkan bahwa mereka akan mendapatkan makanan dan perawatan medis sampai mereka dideportasi.

Mereka diperbolehkan membawa maksimal 50.000 rupee Pakistan (US$180) ke luar negeri, katanya.

Menteri tersebut memperingatkan warga Pakistan bahwa tindakan akan diambil terhadap mereka jika mereka diketahui melindungi migran yang berada di negara tersebut secara ilegal setelah 1 November.

Pemerintah memiliki informasi mengenai tempat persembunyian para migran tersebut, kata Bugti. Mendeportasi mereka merupakan tantangan bagi negara, namun “tidak ada yang mustahil untuk mencapainya,” tambahnya.

Negara ini menampung jutaan warga Afghanistan yang meninggalkan negara mereka selama pendudukan Uni Soviet pada tahun 1979-1989. Jumlahnya membengkak setelah Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan pada Agustus 2021.

Pakistan mengatakan 1,4 juta warga Afghanistan yang terdaftar sebagai pengungsi tidak perlu khawatir. Mereka membantah menargetkan warga Afghanistan dan mengatakan bahwa fokusnya adalah pada orang-orang yang berada di negara tersebut secara ilegal, apapun kewarganegaraan mereka.

Di kota Chaman, kota perbatasan barat daya Pakistan, puluhan ribu orang memprotes tindakan keras tersebut dan rencana baru yang mengharuskan penduduk kota tersebut mendapatkan visa untuk melintasi perbatasan ke Afghanistan. Mereka sebelumnya memiliki izin khusus. Para pengunjuk rasa termasuk warga Afghanistan.

“Kami memiliki kerabat di Afghanistan. Kami juga melakukan bisnis di sana; kami punya toko di sana,” kata Allah Noor Achakzai, seorang warga Pakistan berusia 50 tahun. Dia mengatakan warga Afghanistan melintasi perbatasan ke Pakistan setiap hari dan kembali ke rumah sebelum penyeberangan ditutup, dan penduduk lokal dari kedua negara telah bolak-balik setiap hari selama beberapa dekade.

Pekan lalu, sekelompok mantan diplomat Amerika Serikat dan perwakilan organisasi pemukiman kembali mendesak Pakistan untuk tidak mendeportasi warga Afghanistan yang menunggu visa AS di bawah program relokasi pengungsi berisiko yang melarikan diri dari pemerintahan Taliban.

PBB juga mengeluarkan seruan serupa, dengan mengatakan bahwa tindakan keras tersebut dapat menyebabkan pelanggaran hak asasi manusia, termasuk pemisahan keluarga. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home