Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:30 WIB | Jumat, 27 Oktober 2023

PBB: Rekor Baru, 114 Juta Orang Dipaksa Mengungsi di Seluruh Dunia

Pengungsi Sudan meninggalkan negaranya. (Foto: dok. AFP)

SATUHARAPAN.COM-Jumlah orang di seluruh dunia yang hidup dalam pengungsian paksa dari rumah mereka diperkirakan telah melampaui 114 juta orang, kata PBB pada hari Rabu (25/10), sebuah angka yang mencatat rekor baru.

“Jumlah orang yang mengungsi akibat perang, penganiayaan, kekerasan, dan pelanggaran hak asasi manusia secara global kemungkinan telah melampaui 114 juta orang pada akhir September,” kata UNHCR, badan pengungsi PBB, dalam sebuah pernyataan.

Faktor pendorong utama pada paruh pertama tahun 2023 adalah konflik di Ukraina, Sudan, Myanmar, dan Republik Demokratik Kongo; krisis kemanusiaan yang berkepanjangan di Afghanistan; dan kombinasi kekeringan, banjir, dan ketidakamanan di Somalia, kata UNHCR

“Fokus dunia saat ini adalah bencana kemanusiaan di Gaza. Namun secara global, terlalu banyak konflik yang berkembang biak atau meningkat, merenggut nyawa orang-orang tak berdosa dan membuat orang-orang tercabut,” kata Kepala Pengungsi PBB, Filippo Grandi.

“Ketidakmampuan komunitas internasional untuk menyelesaikan konflik atau mencegah konflik baru mendorong terjadinya pengungsian dan kesengsaraan. Kita harus melihat ke dalam, bekerja sama untuk mengakhiri konflik, dan mengizinkan para pengungsi dan orang-orang terlantar lainnya untuk kembali ke rumah mereka atau memulai kembali kehidupan mereka,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Dalam Laporan Tren Tengah Tahun, yang menganalisis pengungsian paksa selama enam bulan pertama tahun 2023, UNHCR mengatakan bahwa pada akhir Juni, 110 juta orang telah terpaksa mengungsi di seluruh dunia.

Angka itu naik 1,6 juta dibandingkan akhir tahun 2022.

Seorang juru bicara UNHCR mengkonfirmasi kepada AFP bahwa angka baru tersebut merupakan rekor sejak badan tersebut mulai mengumpulkan data pada tahun 1975.

Sejak Israel melancarkan serangan mematikan di Gaza sebagai respons terhadap serangan lintas batas yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh militan Hamas pada tanggal 7 Oktober, jumlah pengungsi internal di Gaza diperkirakan sekitar 1,4 juta orang, menurut badan kemanusiaan PBB, OCHA.

Lebih dari separuh orang yang terpaksa mengungsi tidak pernah melintasi perbatasan internasional, kata UNHCR.

Laporan pertengahan tahunnya menyebutkan bahwa secara global, hampir sepertiga dari seluruh pengungsi berasal dari tiga negara saja: Afghanistan, Suriah, dan Ukraina.

“Ketika kita menyaksikan peristiwa yang terjadi di Gaza, Sudan, dan sekitarnya, prospek perdamaian dan solusi bagi para pengungsi dan populasi pengungsi lainnya mungkin terasa jauh,” kata Grandi, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi.

“Tetapi kami tidak boleh menyerah. Bersama mitra kami, kami akan terus mendorong dan menemukan solusi bagi para pengungsi.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home