Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 08:52 WIB | Jumat, 03 Maret 2017

Pangdam Paparkan "Emas Maluku" kepada Pemuda GPI

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo. (Foto: malukupost.com)

AMBON, SATUHARAPAN.COM - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo memaparkan program Emas Biru, Emas Hijau dan Emas Putih kepada peserta Pertemuan Raya dan Perkemahan Nasional Pemuda-Mahasiswa Gereja Potestan di Indonesia (GPI) tahun 2017 di Kota Ambon.

Siaran pers Penerangan Kodam XVI/Pattimura yang diterima, Jumat (3/3), menyebutkan, Pangdam Doni menerima kunjungan ratusan pemuda dan mahasiswa peserta pertemuan dalam rangka HUT Ke-412 GPI itu di Baileo Slamet Riyadi Makorem 151/Binaiya, Kamis sore.

Dalam kesempatan itu, para pemuda dan mahasiswa tersebut diberikan pembekalan tentang Bela Negara dan pengetahuan mengenai program Emas Hijau, Emas Biru dan Emas Putih yang merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Maluku.

Pangdam menyatakan, Maluku sebagai provinsi berkarakteristik kepulauan banyak memiliki potensi perikanan dan kelautan yang luar biasa.

"Membangun Maluku harus dari laut. Hampir 94 persen wilayah daerah ini adalah lautan, sisanya daratan. Ini membuat Maluku memiliki kandungan Emas Biru (hasil laut) 9,9 juta ton per tahun dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakatnya," katanya.

Di samping Emas Biru, ada juga Emas Hijau atau sektor perkebunan yang sangat berpotensi untuk dikembangkan.

"Salah satu contoh kayu putih. Pohon kayu putih yang tumbuh liar di Pulau Buru diolah menjadi minyak yang memiliki kualitas minyak terbaik di Indonesia bahkan dunia," katanya.

Pangdam lebih jauh mengungkapkan, Kodam XVI/Pattimura juga melancarkan program pelatihan budi daya perikanan dan perkebunan kepada warga desa yang berkonflik di Maluku, yang dengan sendirinya mampu mendamaikan mereka.

"Peserta pelatihan kami ambil dari desa-desa yang berkonflik, seperti Mamala-Morela, Seith-Negeri Lima, Porto-Haria, Aboru-Hulaliu, Lisabata-Wakolo, Sepa-Hualoy, yang bersitegang belasan hingga puluhan tahun," katanya.

"Setelah dilibatkan dalam pelatihan dan bekerja secara bersama-sama, akhirnya mereka bisa berkomunikasi dengan baik. Inilah wujud atau hasil dari program Emas Putih atau perdamaian," tambahnya.

Pertemuan Pangdam dan peserta Pertemuan Raya dan Perkemahan Nasional Pemuda dan Mahasiswa GPI itu juga dihadiri Ketua DPRD Provinsi Maluku Edwin Huwae, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Edy Sutrisno, Para Asisten Kasdam XVI/Pattimura.

Selain itu, Para Kabalak Kodam XVI/Pattimura, Kapolres P.Ambon dan P.P.Lease AKBP Harol Huwae, Ketua Sinode GPM Pdt. A.J.S Werinussa, Ketua GPI Pdt. Dr.L.A. Sumampouw, Ketua Pemuda Sinode GPI Papua Willem Rumanium, S. Th, dan Ketua Umum AMGPM Pdt. Max Takaria, S.Th. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home