Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:58 WIB | Sabtu, 02 Desember 2023

Para Pemimpin Dunia Bicara Mengatasi Perubahan Iklim di KTT COP28 di Duba

Presiden COP28, Sultan Ahmed al-Jaber, berbicara selama pernyataan nasional pada KTT Aksi Iklim Dunia selama COP28 di Dubai, hari Jumat, 1 Desember 2023. (Foto: Reuters)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM-Para kepala negara dan pemimpin dunia berkumpul untuk menyatakan sikap pada KTT COP28 PBB di Dubai yang membahas masalah iklim.

Presiden COP28, Dr. Sultan al-Jaber, memulai pembicaraan tingkat tinggi pada hari Jumat (1/12) dengan menyampaikan pidato kepada para pemimpin dunia, dengan mengatakan: “Sebagai pertemuan terbesar para pemimpin dunia yang menghadiri KTT COP (Conference of the Parties), Anda secara kolektif menunjukkan komitmen nyata Anda terhadap aksi iklim.”

Dia mengatakan dunia secara kolektif telah membuat sejarah pada hari Kamis dengan berkomitmen pada kesepakatan bersejarah yang pada akhirnya meluncurkan dan memanfaatkan dana yang membantu negara-negara paling rentan menghadapi dampak terburuk perubahan iklim.

Al-Jaber melanjutkan: “Saya akan melakukan segala daya saya untuk menyalurkan momentum yang Anda hasilkan di KTT tersebut menjadi respons ambisius terhadap inventarisasi global dan menjaga “Bintang Utara” 1,5 tetap terjangkau.”

Simon Stiell, Sekretaris Eksekutif Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), juga menyampaikan pidato pada pertemuan tersebut, dengan mengatakan bahwa dampak perubahan iklim tidak terlihat di “beberapa belahan dunia yang jauh.”

“Perbedaannya berdasarkan benua demi benua, wilayah demi wilayah,” tambahnya. “Tidak ada di antara kita yang kebal.”

PM India

Perdana Menteri India,Narendra Modi, juga mendesak tindakan terpadu dalam menghadapi perubahan iklim demi keadilan iklim, dengan mengatakan, “Kita harus bekerja dalam kesatuan.”

“Kita harus lebih seimbang. Kita harus lebih inovatif.”

Hal ini termasuk kerugian dan kerusakan, transisi energi dan pendanaan iklim, katanya.

“Teman-teman, kita tidak punya banyak waktu untuk memperbaiki kesalahan abad yang lalu. Selama satu abad terakhir, sebagian kecil umat manusia telah mengeksploitasi alam tanpa pandang bulu. Namun, seluruh umat manusia harus menanggung akibat dari hal ini, terutama masyarakat yang tinggal di wilayah selatan,” kata Modi.

“Kita harus bertekad bahwa setiap negara harus memenuhi target iklim yang ditetapkannya sendiri dan komitmen yang dibuatnya.”

Presiden Majelis Umum PBB

Dennis Francis, Presiden Majelis Umum PBB, mengatakan pada konferensi PBB bahwa “upaya lemah” yang dilakukan sebelumnya tidak cukup untuk membalikkan gelombang perubahan iklim, namun ia yakin bahwa hasil perundingan di Dubai akan “menang”.

“Meskipun dunia kita penuh dengan tantangan global, mungkin tidak ada tantangan yang lebih besar atau lebih besar dampaknya dibandingkan krisis iklim. Perjanjian Paris tetap menjadi jawaban terbaik terhadap berbagai dampak krisis iklim. Menepati isi dan semangat janji Paris adalah tujuan akhir dari pertimbangan kami,” katanya.

Prediksi PBB mengenai dunia tiga derajat bukanlah “fiksi ilmiah,” katanya. “Sudah terlalu lama, para pemimpin dari berbagai spektrum berdiri di podium seperti ini dan membuat komitmen besar yang menarik opini publik, namun setelah diperiksa ternyata komitmennya pendek atau sama sekali tidak ada implementasinya. Kita sudah lama melewatkan waktu untuk melakukan diplomasi iklim.”

Ia mengatakan prediksi PBB mengenai dunia yang “mendidih secara global” merupakan bukti bahwa dunia memerlukan janji baru yang terfokus ulang terhadap perubahan iklim.

“Tindakan transformatif yang progresif diperlukan saat ini untuk menstabilkan suhu dan memastikan keberlanjutan planet ini dan peradaban manusia.”

“Upaya kita yang lemah diperlukan dalam skala besar untuk menghasilkan pengurangan kritis tingkat emisi yang diinginkan.”

“Tetapi bersama-sama, saya yakin kita bisa menjadikan COP28 sebagai kemenangan yang menentukan bagi rakyat kita. Bagi komunitas kita dan planet kita, tindakan yang kita ambil di sini akan berdampak dari generasi ke generasi. Mari kita selesaikan.”

Raja Yordania Abdullah II

Raja Yordania, Abdullah II, membuka pidatonya dengan menceritakan bagaimana perubahan iklim berdampak pada semua orang, terutama negara-negara yang sedang berkonflik, merujuk pada perang Israel-Hamas.

“Lebih dari 1,7 juta warga Palestina telah mengalaminya mengungsi dari rumah mereka. Puluhan ribu orang terluka atau terbunuh di wilayah yang sudah berada di garis depan perubahan iklim. Kehancuran besar-besaran akibat perang membuat ancaman lingkungan berupa kelangkaan air dan kerawanan pangan semakin parah di Gaza, di mana masyarakat hidup dengan sedikit air dan persediaan makanan yang sangat minim.”

“Ancaman iklim memperbesar kehancuran akibat perang. Jadi teman-teman, saat kita bertemu di sini hari ini untuk membicarakan tentang inklusivitas dalam respons terhadap perubahan iklim, yaitu inklusifnya masyarakat Palestina yang paling rentan yang terkena dampak perang di Gaza, masyarakat di seluruh dunia yang terkena dampak konflik dan kemiskinan, serta keluarga pengungsi dan masyarakat yang menampung mereka di Gaza. wilayah kita dan sekitarnya.”

Ia menambahkan bahwa dampak perubahan iklim tidak terjadi dalam ruang hampa, sehingga tidak ada respons suatu negara yang dapat berhasil sendirian.

“Saat kita berupaya mengejar waktu dan kemajuan yang hilang, kami tidak bisa melupakan komunitas yang paling rentan dan dilanda konflik; pengungsi dan negara-negara berkembang tidak bisa dibiarkan sendirian menghadapi masalah global.”

Sultan Brunei Darussalam

Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah berkata: “Perubahan iklim telah menjadi tantangan paling mendesak bagi generasi kita, yang menantang keberadaan kita.” Dunia harus bersatu untuk mencegah “bencana global,” katanya.

Meningkatnya suhu global menggarisbawahi “rasa urgensi baru untuk memenuhi Perjanjian Paris,” katanya, seraya menambahkan bahwa negara-negara harus “menepati janji-janji masa lalu.”

Ia menyoroti beberapa upaya yang dilakukan Brunei untuk menjunjung tinggi komitmen mereka terhadap perubahan iklim, termasuk setengah juta pohon pada tahun 2035 dan melakukan diversifikasi besar-besaran terhadap bauran energinya.

Brunei berada di jalur yang tepat untuk mencapai pengurangan emisi sebesar 20 persen pada tahun 2030, membuka jalan bagi tujuan net zero pada tahun 2050, katanya.

Presiden Kenya, William Ruto

William Ruto, Presiden Kenya, mengatakan bahwa perubahan iklim “sejauh ini merupakan isu yang menentukan di zaman kita.”

“Hal ini berdampak pada setiap aspek kehidupan manusia dan memerlukan respons global.” Buktinya, kata dia, tidak terbantahkan.

Kecuali jika ada “pergeseran signifikan dan radikal” dalam pola ekonomi dan industri, dunia akan “tergesa-gesa” menuju situasi yang mengerikan, yaitu pemanasan dunia sebesar tiga derajat Celcius, katanya.

Ia juga mengatakan bahwa bukti-bukti tersebut mengkhawatirkan, dan menyoroti bahwa, dalam 10 bulan pertama tahun ini, dunia telah mengalami 86 hari di mana suhu melonjak lebih dari 1,5 derajat celcius di atas suhu sebelum era industri.

“Yang menambah kekhawatiran ini adalah kenyataan bahwa emisi gas rumah kaca global tidak berkurang, melainkan meningkat sebesar 1,2 persen antara tahun 2021 dan 2022, yang berpuncak pada 57,4 Giga ton Co2.”

Negara-negara berkembang seperti Afrika adalah pihak yang paling terkena dampak perubahan iklim, katanya, seraya menambahkan bahwa negara-negara tersebut harus menanggung akibat atas kesalahan yang dilakukan oleh negara-negara maju dan kaya. Namun pendanaan iklim tidak sampai ke negara-negara yang membutuhkannya, katanya, seraya menyerukan tindakan “untuk mengatasi ketidakseimbangan ini dengan urgensi, solidaritas, dan inklusivitas.”

“Ilustrasi nyata dari kejadian bencana ini sedang terjadi di Afrika bagian timur, di mana bencana banjir terjadi setelah kekeringan paling parah yang pernah terjadi di kawasan ini selama lebih dari 40 tahun,” katanya. “Bukti ilmiah secara jelas dan kuat mengaitkan peristiwa cuaca ekstrem ini dengan perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.”

“Studi menunjukkan bahwa kekeringan sekarang setidaknya 100 kali lebih mungkin terjadi di beberapa wilayah Afrika dibandingkan pada masa sebelum era industri. Kenya telah dikepung oleh aliran deras tanpa henti yang telah merenggut nyawa dan membuat banyak komunitas terpaksa mengungsi,” katanya.

“Cedera, kehilangan dan kerusakan yang diakibatkannya tidak hanya mencakup korban jiwa yang sangat besar, tetapi juga kehancuran infrastruktur penting, dan gangguan rantai pasokan penting di banyak sektor penting.”

Namun, COP28 bisa menjadi momen perubahan dalam sejarah, katanya, “dengan tindakan radikal dan terpadu terhadap perubahan iklim.”

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan COP28 harus dilaksanakan. “Pada COP ini kami akan menetapkan langkah maju yang tegas untuk melindungi warga negara yang paling rentan di seluruh dunia. Mereka menderita kerugian dan kerusakan.”

Ia mengatakan perundingan Dubai harus membahas mengenai ambisi, target dan pendanaan, namun ia yakin KTT Dubai dapat “membuat sejarah.”

Ia menekankan bahwa dunia harus menghentikan penggunaan bahan bakar fosil dan mengurangi emisi metana, dan mengatakan “tidak ada keraguan bahwa masa depan energi akan bersih.”

“Harganya terjangkau dan akan diproduksi di dalam negeri.” (dengan Kantor Berita dan Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home