Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 11:37 WIB | Jumat, 09 Juni 2023

Patuh pada Aturan Sekolah, Yay or Nay?

ilustrasi rules (Foto : Canvapremium)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Sobat BEST, salah satu tokoh pendidikan Indonesia, Conny R. Semiawan, pernah mengungkapkan bahwa tujuan disiplin bukanlah untuk melarang kebebasan ataupun mengadakan penekanan kepada seseorang, melainkan memberikan kebebasan dalam batasan yang mampu Ia kelola.

Nah, untuk menegakkan kedisiplinan, dibuatlah kesepakatan yang dinamakan tata tertib. Dibalik kalimat yang tegas, tata tertib dibuat dengan mengedepankan tujuan yang mulia, yaitu menciptakan suasana kondusif bagi seluruh anggotanya termasuk kamu. Karena itu penting untuk mengetahui tujuan dari poin-poin tata tertib yang ada.

Berikut 4 contoh tujuan tata tertib, dengan referensi tata tertib siswa SMAK 2 PENABUR.

1. Menjaga keharmonisan antar warga sekolah

Ada poin yang mengatur bahwa siswa yang kedapatan berkelahi dengan siswa sekolah lain atau dengan siswa/guru/karyawan SMAK 2 PENABUR akan mendapatkan konsekuensi sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan. Bayangkan jika tidak ada aturan ini, mungkin setiap hari kegiatanmu di sekolah bukan belajar, namun menyaksikan pertandingan gladiator.

2. Membantu menampilkan sisi terbaikmu

Berpenampilan bersih, rapi dan sopan, akan meningkatkan penampilanmu serta  citra dirimu dihadapan orang lain. Mengenakan pakaian seragam sekolah sesuai dengan yang sudah ditentukan dari hari Senin-Jumat, juga membantumu mendapatkan tujuan itu. 

Demikianpun dengan inner beauty-mu, melalui himbauan untuk selalu bersikap jujur, bertanggung jawab, menghormati, menghargai, dan bersikap sopan terhadap siapapun akan menyempurnakan penampilanmu.

3. Mempersiapkanmu menuju pergaulan “orang dewasa”

Setelah kamu menyelesaikan pendidikan, tentunya kamu akan memasuki dunia kerja dan hidup dengan masyarakat luas. Aturan di sekolah seperti wajib menginformasikan kepada wali kelas jika berhalangan masuk sekolah adalah salah satunya. Kebiasaan kecil seperti itu bisa menyelamatkanmu dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), sebab jika kamu tidak menginformasikan kepada atasanmu saat kamu tidak masuk kerja, kamu akan dianggap melalaikan tanggung jawab dan jika berkali-kali dilakukan bisa menimbulkan konsekuensi yang berat.

4. Membantu mengoptimalkan kemampuanmu

Bakat dan minat hendaknya diasah dengan fokus, jika banyak gangguan tentunya bakat dan minat itu tidak bisa berkembang secara optimal. Itulah mengapa sekolah menetapkan peraturan untuk tidak mengaktifkan handphone/alat komunikasi saat belajar, atau tidak memperkenankan konsumsi narkoba dan zat adiktif lainnya, yakni dengan harapan meminimalisir gangguan yang akan menghambat potensimu.

Bagaimana Sobat BEST, apakah kamu sudah paham akan pentingnya mentaati tata tertib? Jangan ragu bertanya kepada Wali Kelas ataupun Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan apabila ada peraturan sekolah yang belum kamu pahami tujuannya.

Yuk, sama-sama kita patuhi tata tertib sekolah agar tercipta suasana kondusif bagi semua warga sekolah!

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home