Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 09:01 WIB | Jumat, 06 Mei 2016

Paus: Banyak Orang Kristen Lupa Yesus Satu-satunya Jalan

Ilustrasi. Paus Fransiskus ketika mendengar pengakuan seorang remaja di Lapangan Santo Petrus, Roma, pada hari Minggu (24/4) (Foto: independent.ie)

SANTA MARTA, SATUHARAPAN.COM - Paus Fransiskus membeberkan jenis-jenis orang Kristen yang menurut dia, beriman dalam kebingungan, seperti mumi yang tidak bergerak dan membeku.

Dalam khotbah pada hari Selasa (3/5) di kediamannya di Santa Marta, Fransiskus juga berbicara tentang banyak orang Kristen yang lupa bahwa Yesus adalah satu-satunya jalan untuk hidup.

Menurut Paus, seperti dilansir oleh Christian Daily dari Radio Vatikan, ada empat jenis orang Kristen yang terganggu dalam perjalanan iman mereka.

Pertama, adalah kalangan Kristen mumi, yang seperti mumi,tidak bergerak maju dalam perjalanan iman mereka. Mereka ini memang tidak melakukan kejahatan, tetapi mereka juga tidak melakukan perbuatan baik. Orang-orang Kristen ini lembam, tidak berbuah karena mereka tidak bergerak.

"Mereka yang masih menjadi orang Kristen, yang tidak maju, adalah orang Kristen yang bukan Kristen. Kita tidak tahu persis siapa mereka. Mereka membuat Kekristenan sebagai pagan," kata Paus.

"Siapa yang tetap di sana, yang tetap tidak melangkah maju dalam kehidupan Kekristenan mereka, yang tidak membuat mekar Ucapan Bahagia dalam hidup mereka, yang tidak melakukan pekerjaan belas kasihan ... mereka tidak bergerak."

Paus juga berbicara tentang orang-orang Kristen yang keras kepala, yang bebal, yang tahu bahwa mereka berada di jalur yang salah, tapi masih tidak mendengarkan peringatan Tuhan. Sebaliknya, mereka bersikeras bahwa mereka menapaki jalan yang benar dan mengabaikan panggilan Allah untuk berbalik dari perbuatan buruk dan kembali ke jalan yang benar.

Jenis orang Kristen ketiga adalah gelandangan Kristen, atau pengembara, yang hanya terus bepergian tetapi tidak benar-benar memiliki tujuan tertentu. Orang Kristen jenis ini cenderung kehilangan jalan mereka di sepanjang perjalanan mereka, kehilangan panggilan mereka dari Yesus, dan mengalami kesulitan  keluar dari labirin tempat mereka berada.

Terakhir, Paus Fransiskus berbicara tentang orang-orang Kristen yang mudah menjadi terganggu oleh hal-hal yang indah yang mereka lihat sepanjang perjalanan iman mereka. Hal-hal indah dalam hidup memikat mereka dan mencegah mereka dari melanjutkan perjalanan mereka.

Pada akhir homili, Paus Fransiskus mendesak umat Kristen untuk memeriksa kehidupan mereka sendiri dan melihat apakah mereka termasuk salah satu dari empat kategori orang Kristen yang hilang yang ia sebutkan tadi.

Paus juga mendorong mereka untuk mengingat bahwa Yesus adalah satu-satunya jalan, dan meminta Roh Kudus untuk membimbing mereka dan menguatkan mereka dalam setiap perjalanan iman mereka.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home