Loading...
RELIGI
Penulis: Francisca Christy Rosana 13:21 WIB | Jumat, 28 November 2014

Paus Fransiskus Akan Bertemu Erdogan di Turki

Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan sejarah ke Turki. (Foto: Dok. satuharapan.com/timesofisrael)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM – Paus Fransiskus dijadwalkan akan segera tiba di Turki dan bertemu Presiden Recep Tayyip Erdogan di Ankara untuk membantu menjembatani dialog antaragama di negara tersebut.

Dikutip dari BBC pada Jumat (28/11), Paus juga berencana berkunjung ke Istanbul untuk bertemu pemimpin Kristen Ortodoks, Patriark Bartolomeus I Ortodoks untuk menandatangani sebuah deklarasi.

Deklarasi ini dimaksudkan untuk menjembatani perpecahan antara umat Katolik dan Kristen Ortodoks.

Ia pun akan melakukan perjalanan sejarah dengan bertandang ke Masjid Sultan Ahmed.

Sebelumnya, pada 25 Mei lalu Paus Fransiskus telah bertemu Patriark Ekumenis Bartolomeus I saat sensitivitas politik di wilayah tersebut meningkat.

Turki kini menjadi "rumah" bagi sekitar 1,6 juta pengungsi perang Suriah. Sebagian besar dari mereka tinggal di dekat perbatasan.

Menurut koresponden BBC Turki, Mark Lowen, ada misi kemanusiaan dari perjalanan yang dilakukan oleh Paus kali ini. Dia berharap Paus akan "menyentuh" nasib-nasib pengungsi di kawasan itu.

Dalam sebuah wawancara dengan salah satu surat kabar di Israel, Paus mengatakan penganiayaan terhadap orang-orang Kristen di wilayah ini merupakan kasus terburuk yang terjadi selama ini.

Meskipun sebagian besar Turki (80 juta) adalah warga Muslim, ada sekitar 120.000 orang Kristen di negeri ini, bahkan wilayah ini pernah menjadi pusat Kristen Ortodoks di dunia. (bbc.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home