Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:37 WIB | Selasa, 08 Desember 2020

Paus Fransiskus Akan Kunjungi Irak, Maret Tahun Depan

Paus Fransiskus, tengah, menyampaikan pesannya dalam audiensi umum, yang pertama sejak Februari ketika wabah virus corona meluas, di halaman San Damaso, di Vatikan, hari Rabu (2/9/2020). (Foto: dok. AP)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus berencana melakukan kunjungan pertama oleh seorang paus ke Irak dari 5 Maret hingga 8 Maret tahun depan (2021), kata Vatikan pada hari Senin (7/12). Ini sebuah perjalanan berisiko yang belum bisa dilakukan oleh pendahulunya.

Juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, mengatakan Paus Fransiskus yang akan berusia 84 tahun pekan depan, akan mengunjungi ibu kota Baghdad, Ur, kota yang terkait dengan tokoh Abraham dalam Perjanjian Lama, serta Erbil, Mosul dan Qaraqosh di dataran Niniwe.

"Program perjalanan itu akan diumumkan pada waktunya, dan akan mempertimbangkan evolusi darurat kesehatan di seluruh dunia," kata Bruni dalam pernyataannya.

Paus Fransiskus berharap untuk melakukan perjalanan tahun ini, tetapi rencananya pertama kali dibatalkan oleh masalah keamanan dan kemudian oleh pandemi virus corona.

Ini akan menjadi perjalanan pertama Paus Fransiskus dalam lebih dari setahun. Semua kunjungan ke luar negeri yang telah direncanakan untuk tahun ini dibatalkan karena pandemi COVID-19.

Pada tahun 2000, mendiang Paus Yohanes Paulus II ingin mengunjungi kota kuno Ur, Irak, yang secara tradisional dianggap sebagai tempat kelahiran Abraham, ayah dari ketiga agama monoteistik besar: Kristen, Islam, dan Yudaisme.

Itu menjadi perjalanan pertama dari tiga perjalanan ziarah ke Irak, Mesir dan Israel. Tetapi negosiasi dengan pemerintah pemimpin Irak saat itu, Saddam Hussein, gagal dan dia tidak dapat pergi. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home