Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 05:44 WIB | Senin, 25 Desember 2023

Paus Fransiskus: Hati Kami Ada di Betlehem

Paus Fransiskus memberkati keluarga pada misa di Basilika St Petrus di Vatikan, hari Minggu (24/12). (Foto: AP/Greorio Borgia)

VATICAN CITY, SATUHARAPAN.COM-Mengenang kelahiran Yesus Kristus di sebuah kandang di kota Betlehem, wilayah yang sekarang dalam Otoritas Palestina, Paus Fransiskus, dalam homili Malam Natal mengatakan bahwa “bentrokan senjata bahkan hingga hari ini” menghalangi Yesus “menemukan ruang di dunia.”

Paus memimpin Misa malam hari Minggu (24/12) yang dihadiri oleh sekitar 6.500 umat yang mengambil tempat di tengah kemegahan Basilika Santo Petrus di belakang barisan wali gereja berpakaian putih.

“Hati kami ada di Betlehem, di mana Pangeran Perdamaian sekali lagi ditolak oleh logika perang yang sia-sia,” kata Paus, mengacu pada perang yang dipicu oleh serangan mematikan dan penyanderaan Hamas pada 7 Oktober di Israel.

Saat Misa dimulai, patung anak Kristus diresmikan di depan altar yang dihiasi tanaman hijau dan bunga putih, dan anak-anak yang mewakili seluruh penjuru dunia menempatkan bunga di sekeliling takhta berlapis emas.

Fransiskus, yang mengenakan jubah putih, memimpin Misa dengan berdiri di kaki salah satu tiang besar Santo Petrus.

Mengingat bahwa Yesus dilahirkan pada saat sensus yang dimaksudkan untuk memperkuat kekuasaan Raja Daud, Paus Fransiskus memperingatkan terhadap “pencarian kekuatan dan keperkasaan duniawi, ketenaran dan kemuliaan, yang mengukur segala sesuatu dalam hal keberhasilan, hasil, jumlah dan angka, dunia yang terobsesi dengan pencapaian.”

Sebaliknya, Yesus memasuki dunia dengan rendah hati, mengambil wujud manusia. “Di sini, kita tidak melihat dewa murka dan hajaran, namun Tuhan yang penuh belas kasihan, yang berwujud manusia dan memasuki dunia dalam kelemahan,” kata Paus.

Dewa pagan dikaitkan dengan “kekuasaan, kesuksesan duniawi, dan penyembahan berhala konsumerisme,” kata Paus. “Tuhan, sebaliknya, tidak menginginkan keajaiban; dia bukanlah dewa perdagangan yang menjanjikan segalanya sekaligus. Dia tidak menyelamatkan kita dengan menekan sebuah tombol, namun mendekat kepada kita, untuk mengubah dunia kita dari dalam.”

Ketika Misa Malam Natal berakhir, Paus, yang didorong dengan kursi roda, turun ke basilika dengan patung Bayi Yesus seukuran manusia di pangkuannya dan diapit oleh anak-anak yang membawa karangan bunga. Patung itu ditempatkan di palungan di kandang Natal di basilika.

Fransiskus, 87 tahun, telah menggunakan kursi roda untuk melakukan perjalanan jarak jauh karena ligamen lutut yang nyeri dan tongkat untuk jarak yang lebih pendek.

Selama pemberkatan Angelus tradisional yang menghadap Lapangan Santo Petrus pada tengah hari, Paus mengenang mereka yang menderita akibat perang, mengingat pertempuran khusus di Ukraina dan pemboman dan pengepungan Israel di Jalur Gaza sebagai tanggapan atas serangan Hamas.

“Kami dekat dengan saudara-saudari kami yang menderita akibat perang. Kami memikirkan Palestina, Israel, Ukraina. Kami juga memikirkan mereka yang menderita kesengsaraan, kelaparan, perbudakan,’’ kata Paus Fransiskus. “Semoga Tuhan yang mengambil hati manusia untuk dirinya sendiri, menanamkan kemanusiaan ke dalam hati manusia,” tambahnya.

Berbicara dari jendela studionya kepada ribuan umat yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk berdoa Angelus, Paus juga mengajak umat “untuk tidak mengacaukan perayaan dengan konsumerisme. Seseorang dapat dan, sebagai seorang Kristiani, harus merayakannya dalam kesederhanaan tanpa pemborosan dan dengan berbagi dengan mereka yang kekurangan kebutuhan atau kekurangan persahabatan.”

Secara tradisional, umat Katolik menandai Malam Natal dengan menghadiri Misa pada tengah malam. Namun selama bertahun-tahun, waktu mulai bekerja di Vatikan telah berjalan lebih awal, hal ini mencerminkan kesehatan atau stamina para Paus dan kemudian pandemi. Vatikan telah menetapkan pukul 19:30 waktu yang awalnya ditetapkan selama jam malam pandemi.

Pada Hari Natal, puluhan ribu warga Roma, turis, dan peziarah diperkirakan akan berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk mendengarkan Paus Fransiskus menyampaikan pidato mengenai isu-isu dunia dan memberikan berkatnya. Pidato tersebut, yang dalam bahasa Latin dikenal sebagai “Urbi et Orbi” (kepada kota dan dunia), secara tradisional merupakan kesempatan untuk meninjau kembali krisis termasuk perang, penganiayaan dan kelaparan, di banyak belahan dunia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home