Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 07:54 WIB | Senin, 03 April 2023

Paus Fransiskus Memimpin Misa Minggu Palma di Vatikan

Paus Fransiskus menghadiri Misa Minggu Palma di Lapangan Santo Petrus di Vatikan. (Foto: Reuters)

ROMA, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus memimpin kebaktian Minggu Palem sehari setelah dia keluar dari rumah sakit setelah menderita bronkitis, dan mendesak dunia untuk merawat orang miskin, kesepian dan lemah dengan lebih baik.

Ribuan orang melambai-lambaikan daun palem dan zaitun saat Fransiskus dibawa ke Lapangan Santo Petrus duduk di belakang kendaraan putih beratap terbuka, sebelum turun dan memulai kebaktian dari bawah obelisk Mesir kuno.

Paus, 86 tahun, dibawa ke rumah sakit Gemelli Roma pada hari Rabu setelah mengeluh kesulitan bernapas, tetapi pulih dengan cepat setelah infus antibiotik dan kembali ke kediamannya di Vatikan pada hari Sabtu (1/4).

Untuk menghilangkan kekhawatiran tentang kesehatannya, Vatikan mengatakan dia akan mengambil bagian dalam serangkaian acara Paskah pekan ini, periode tersibuk dalam kalender Gereja Katolik Roma, dimulai dengan kebaktian Minggu Palma di tempat terbuka.

Paus, yang mengenakan jubah merah, berbicara dengan suara yang tenang namun jelas saat dia berbicara kepada lebih dari 30.000 umat beriman di bawah sinar matahari musim semi yang redup. Dalam homilinya ia mengimbau masyarakat untuk tidak mengabaikan mereka yang mengalami penderitaan dan kesendirian yang hebat.

“Hari ini jumlah mereka sangat banyak. Seluruh bangsa dieksploitasi dan ditinggalkan; orang miskin tinggal di jalanan kita dan kita melihat ke arah lain; migran bukan lagi wajah tapi angka, narapidana tidak diakui; orang dianggap sebagai masalah,” katanya.

Paus, yang memperingati 10 tahun kepausannya pada bulan Maret, telah lama menyoroti penderitaan orang miskin dan para migran.

Dia telah menderita sejumlah penyakit dalam beberapa tahun terakhir, termasuk sakit lutut yang parah, yang berarti dia menggunakan tongkat dan seringkali kursi roda dalam penampilan publiknya.

Kesulitan mobilitasnya telah membatasi partisipasinya di beberapa acara, dan seperti yang terjadi tahun lalu, seorang kardinal senior merayakan Misa yang sebenarnya pada hari Minggu.

Minggu Palma menandai hari di mana Alkitab mengatakan Yesus naik ke Yerusalem dan disambut sorak-sorai orang banyak, sepekan sebelum orang Kristen percaya dia bangkit dari kematian setelah eksekusi di kayu Salib.

Pada Kamis Putih, Fransiskus akan merayakan Misa di penjara remaja di Roma. Belum jelas apakah dia akan berpartisipasi dalam prosesi Jumat Agung Via Crucis (Jalan Salib) tradisional di sekitar Colosseum kuno Roma.

Paus, pemimpin dari hampir 1,4 miliar umat Katolik Roma di dunia, kemudian akan memimpin Misa pada Minggu Paskah, hari terpenting dalam kalender liturgi Kristen, di mana ia diharapkan membacakan pesan “Urbi et Orbi” (ke kota dan dunia). (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home