Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:43 WIB | Sabtu, 11 Februari 2023

PBB: Ancaman ISIS Tinggi dan Meningkat di Wilayah Afrika Tengah dan Utara

Foto dari tangkapan layar ini diambil dari video yang direkam pada 19 Juli 2019, dan yang telah dimasukkan sebagai bukti selama persidangan pekan ini, Ruslan Maratovich Asainov, kanan, menjawab pertanyaan saat ditahan selama wawancara dengan agen FBI. Asainov, mantan pialang saham New York yang berubah menjadi militan kelompok Negara Islam (ISIS), telah dihukum karena menjadi penembak jitu dan pelatih kelompok ekstremis selama pemerintahan brutalnya di Suriah dan Irak. (Foto: Kantor Kejaksaan AS untuk Distrik Timur New York via AP)

PBB, SATUHARAPAN.COM - Ancaman yang ditimbulkan oleh ekstremis Negara Islam (ISIS) tetap tinggi dan telah meningkat di dalam dan sekitar zona konflik, dan ekspansi kelompok tersebut "sangat mengkhawatirkan" di wilayah tengah, selatan, dan Sahel Afrika, kata kepala kontra-terorisme PBB, hari Kamis (9/2).

Wakil Sekretaris Jenderal, Vladimir Voronkov, mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa kelompok tersebut, yang juga dikenal dengan akronim bahasa Arabnya, Daesh, terus menggunakan Internet, media sosial, video game, dan platform game “untuk memperluas jangkauan propagandanya untuk meradikalisasi dan merekrut pendukung baru.”

“Penggunaan teknologi baru dan berkembang oleh Daesh juga tetap menjadi perhatian utama,” katanya, menunjuk pada penggunaan drone yang terus berlanjut untuk pengawasan dan pengintaian serta “aset virtual” untuk mengumpulkan uang.

Voronkov mengatakan tingkat ancaman yang tinggi yang ditimbulkan oleh Negara Islam dan afiliasinya, termasuk ekspansi berkelanjutan mereka di beberapa bagian Afrika, menggarisbawahi perlunya pendekatan multifaset untuk merespons – tidak hanya berfokus pada keamanan tetapi juga pada langkah-langkah pencegahan termasuk mencegah konflik.

Masalah Tahanan Anggota ISIS

ISIS mendeklarasikan kekhalifahan gadungan di petak besar wilayah di Suriah dan Irak yang direbutnya pada tahun 2014. Kelompok ekstremis itu secara resmi dinyatakan kalah di Irak pada 2017 setelah pertempuran berdarah selama tiga tahun yang menewaskan puluhan ribu orang, kota-kota hancur, tetapi sel-sel tidurnya tetap ada di kedua negara.

Sekitar 65.600 tersangka anggota ISIS dan keluarga mereka – baik warga Suriah maupun warga negara asing – masih ditahan di kamp dan penjara di timur laut Suriah yang dijalankan oleh kelompok Kurdi sekutu Amerika Serikat, menurut laporan Human Rights Watch yang dirilis pada Desember.

Voronkov mengatakan kecepatan repatriasi masih terlalu lambat “dan anak-anak terus menanggung beban bencana ini.” Pada saat yang sama, katanya, “pejuang teroris asing” yang bergabung dengan kelompok ekstremis tidak terbatas pada Irak dan Suriah dan “bergerak di antara medan konflik yang berbeda.”

Voronkov, yang mengepalai Kantor Penanggulangan Terorisme PBB, mengatakan “pejuang teroris asing dengan pengalaman medan perang pindah ke rumah mereka atau ke negara ketiga semakin menambah ancaman” dari Daesh.

Weixiong Chen, penjabat kepala direktorat eksekutif Komite Kontra-Terorisme Dewan Keamanan, mengatakan kepada anggotanya bahwa kegagalan untuk memulangkan warga negara asing dari kamp memberi Daesh “kesempatan berkelanjutan untuk merekrut dari kamp dan penjara dan memfasilitasi radikalisasi kekerasan dan penyebaran terorisme.”

Dia mengatakan ancaman dari Daesh “menghadirkan ancaman yang kompleks, berkembang dan abadi baik di zona konflik maupun non konflik.”

Chen menunjuk pada eksploitasi berkelanjutan Daesh atas “kerapuhan lokal dan ketegangan antar komunal” khususnya di Irak, Suriah, dan sebagian Afrika serta perluasan afiliasinya terutama di beberapa bagian Afrika tengah, selatan, dan barat.

Dia juga mengutip perolehan pendapatan dan penggalangan dana Daesh melalui berbagai cara “termasuk pemerasan, penjarahan, penyelundupan, perpajakan, meminta sumbangan dan penculikan untuk tebusan” serta penggunaan media sosial dan platform game. Cara dominan ISIS untuk memindahkan uang terus menjadi jaringan transfer tunai informal dan layanan uang seluler yang tidak terdaftar, katanya.

Akses Daesh ke senjata konvensional dan improvisasi, “termasuk komponen sistem pesawat tak berawak dan teknologi informasi dan komunikasi terus berkontribusi pada ancaman teroris,” kata Chen, menunjuk pada penggunaan senjata improvisasi, curian, atau diperdagangkan secara ilegal untuk meluncurkan serangan mematikan terhadap sebuah negara. jangkauan target. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home