Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 00:31 WIB | Jumat, 27 Januari 2023

Irak Vonis Mati 14 Orang Terkait Pembantaian Kadet oleh ISIS

Warga Irak berkabung di dekat kantong mayat berisi sisa-sisa orang yang diyakini telah dibunuh oleh pejuang ISIS yang tergeletak di tanah di kamp Speicher di kota Tikrit, Irak, pada 12 April 2015. (Foto: dok. AFP)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM - Irak menghukum mati 14 orang dengan cara digantung karena peran mereka dalam pembantaian ratusan kadet tentara oleh kelompok teroris ISIS pada tahun 2014, kata pejabat pengadilan, hari Kamis (26/1).

Pembantaian tersebut, salah satu yang terburuk yang dilakukan oleh ISIS di Irak, membuat para ekstremis pada bulan Juni 2014 menculik hingga 1.700 kadet terutama dari kelompok Syiah dari pangkalan militer Speicher di wilayah Tikrit dan mengeksekusi mereka.

Pengadilan Kriminal Al-Rusafa di ibu kota Baghdad “mengeluarkan hukuman mati terhadap 14 teroris kriminal atas partisipasi mereka dalam pembantaian Camp Speicher pada tahun 2014,” kata otoritas kehakiman dalam sebuah pernyataan, tanpa menyebutkan kewarganegaraan mereka.

Ke-14 pria tersebut memiliki waktu 30 hari untuk mengajukan banding atas hukuman tersebut. Keputusan yang mengesahkan eksekusi juga harus ditandatangani oleh presiden.

Pada tahun 2016, 36 pria digantung karena berpartisipasi dalam pembantaian tersebut.

Pembantaian Speicher terjadi pada hari-hari awal serangan kelompok itu di Irak, ketika pasukannya merebut kota kedua Mosul dan mengubahnya menjadi benteng pertahanannya – hingga diusir oleh tentara Irak dan koalisi internasional pada tahun 2017.

Menurut gambar propaganda yang dirilis oleh ISIS, para teroris mengeksekusi kadet satu per satu. Beberapa jenazah telah dibuang ke Sungai Tigris yang mengalir melalui Tikrit, sementara yang lainnya dikuburkan di kuburan massal.

Pembantaian itu mendorong lonjakan sukarelawan Syiah untuk bergabung dengan milisi yang memerangi teroris.

Sementara pihak berwenang Irak tidak memberikan angka, beberapa ribu orang yang dituduh atau dihukum terkait ISIS ditahan di penjara-penjara Irak.

PBB memperkirakan pada tahun 2018 bahwa lebih dari 12.000 “pejuang” Irak dan asing ditahan di penjara-penjara Irak.

Irak sebelumnya telah dikritik karena melakukan ratusan dari apa yang dikatakan oleh kelompok hak asasi manusia sebagai uji coba jalur cepat menggunakan pengakuan yang diperoleh di bawah siksaan atau tanpa pembelaan yang layak.

Pada tahun 2021, Irak mengeksekusi 17 orang untuk semua kejahatan, menurut kelompok hak asasi Amnesti Internasional. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home