Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 20:50 WIB | Sabtu, 29 Juli 2023

PBB: Juli Jadi Bulan Terpanas Selama Ribuan Tahun

Seorang pria berdiri di air mancur di Bucharest, Rumania, pada sore yang panas, 25 Juli 2023. (Foto: AP)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Pemantau PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) dan Uni Eropa mengatakan pada hari Kamis (27/7) bahwa Juli akan menjadi bulan terpanas dalam sejarah yang tercatat dan kemungkinan besar "belum pernah terjadi sebelumnya" selama ribuan tahun, memperingatkan bahwa ini adalah masa depan iklim dunia.

Panas yang membakar yang diintensifkan oleh pemanasan global telah membakar sebagian Eropa, Asia, dan Amerika Utara bulan ini, digabungkan dengan kebakaran hutan yang menghanguskan Kanada dan sebagian Eropa selatan.

"Era pemanasan global telah berakhir; era pendidihan global telah tiba," kata Sekjen PBB, Antonio Guterres, kepada wartawan di New York.

Dengan tiga pekan pertama bulan Juli telah mencatat suhu rata-rata global di atas periode komparatif apa pun, Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dan Layanan Perubahan Iklim Copernicus (C3S) Eropa mengatakan "sangat mungkin" bahwa Juli 2023 akan menjadi bulan terpanas dalam catatan sejak tahun 1940-an.

Carlo Buontempo, Direktur C3S, mengatakan suhu pada periode tersebut "luar biasa", dengan anomali yang begitu besar sehingga para ilmuwan yakin rekor tersebut telah dipecahkan bahkan sebelum bulan berakhir.

Di luar catatan resmi ini, dia mengatakan data proksi untuk iklim lebih jauh, seperti lingkaran pohon, atau inti es, menunjukkan suhu yang terlihat pada periode tersebut bisa "belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah kita dalam beberapa ribu tahun terakhir".

Bahkan mungkin lebih lama "di urutan 100.000 tahun" katanya.

Sekitar 1,2 derajat Celcius pemanasan global sejak akhir 1800-an, didorong oleh pembakaran bahan bakar fosil, telah membuat gelombang panas menjadi lebih panas, lebih lama, dan lebih sering, serta mengintensifkan cuaca ekstrem lainnya seperti badai dan banjir.

Gambaran Masa Depan

WMO mengatakan bahwa delapan tahun hingga 2022 adalah rekor terpanas, terlepas dari efek pendinginan dari pola cuaca La Nina. Itu sekarang telah digantikan oleh El Nino yang memanas, meskipun hal ini diperkirakan tidak akan menguat hingga akhir tahun ini.

"Cuaca ekstrem yang telah mempengaruhi jutaan orang di bulan Juli sayangnya adalah kenyataan pahit dari perubahan iklim dan gambaran masa depan," kata Sekretaris Jenderal Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), Petteri Taalas.

WMO memperkirakan kemungkinan besar suhu global untuk sementara akan naik 1,5C di atas patokan pra industri untuk setidaknya satu dari lima tahun ke depan.

Mereka menekankan, bagaimanapun, bahwa ini tidak akan menandai pelanggaran permanen dari batas 1,5C yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris, yang mengacu pada pemanasan jangka panjang.

Buontempo mengatakan tidak pernah ada bulan di mana begitu banyak hari melebihi 1,5 derajat Celcius.

Udara Panas

Rekor suhu telah jatuh di belahan bumi utara bulan ini, dengan banyak daerah terik selama berminggu-minggu panas yang tak henti-hentinya.

Dengan sebagian besar wilayah Amerika Serikat terpanggang di bawah gelombang panas yang memecahkan rekor, Presiden AS, Joe Biden mengadakan konferensi Gedung Putih dengan wali kota kota-kota seperti Phoenix, Arizona, saat ini mengalami rekor brutal selama 27 hari di atas 43 derajat Celcius (110 derajat Fahrenheit), untuk membahas dampak suhu ekstrim.

Dia juga mengumumkan langkah-langkah untuk mendukung aturan keselamatan terkait panas bagi pekerja, terutama petani, pekerja konstruksi, dan lainnya yang bekerja di luar ruangan.

Di Beijing, pemerintah mendesak orang tua untuk tinggal di dalam rumah dan anak-anak mempersingkat waktu bermain di luar ruangan untuk mengurangi paparan panas dan polusi ozon di permukaan tanah.

Di seluruh wilayah Mediterania, panas yang ekstrem telah membuat lanskap menjadi kering. Di Yunani, ratusan petugas pemadam kebakaran berjuang untuk menahan kebakaran hutan mematikan yang mengamuk selama dua minggu di berbagai bagian negara.

Copernicus dan WMO mengatakan suhu permukaan laut rata-rata global, yang jauh di atas yang sebelumnya terdaftar untuk tahun sejak bulan Mei, telah berkontribusi pada bulan Juli yang sangat hangat.

Buontempo mengatakan "bagian yang signifikan" dari Mediterania tengah sekarang mendekati atau di atas semua rekor sebelumnya.

Bulan terpanas sebelumnya adalah Juli 2019, menurut Copernicus, yang akan menerbitkan data final pada awal Agustus.

Pekan ini para ilmuwan dari kelompok Atribusi Cuaca Dunia menemukan bahwa gelombang panas di beberapa bagian Eropa dan Amerika Utara hampir "mustahil" tanpa perubahan iklim.

Temperatur di China dibuat 50 kali lebih mungkin oleh pemanasan global, mereka menemukan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home