Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:21 WIB | Kamis, 09 Maret 2023

PBB: Taliban Afghanistan Paling Represif di Dunia pada Hak Perempuan

Perempuan pengungsi Afghanistan berdiri menunggu untuk menerima bantuan uang tunai bagi para pengungsi di Kabul, Afghanistan, 28 Juli 2022. (Foto: dok. Reuters)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Sejak Taliban mengambil alih kekuasaan di Afghanistan pada Agustus 2021, negara itu telah menjadi yang paling represif di dunia bagi perempuan dan anak perempuan, hampir semua hak dasar mereka dicabut, kata PBB dalam penilaian suram pada Hari Perempuan Internasional.

Misi PBB mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Rabu (8/3) bahwa penguasa baru Afghanistan telah menunjukkan hampir "fokus tunggal pada penerapan aturan yang membuat sebagian besar perempuan dan anak perempuan secara efektif terjebak di rumah mereka."

Terlepas dari janji awal sikap yang lebih moderat, Taliban telah memberlakukan tindakan keras sejak merebut kekuasaan ketika pasukan Amerika Serikat dan NATO berada pada pekan terakhir penarikan mereka dari Afghanistan setelah perang selama dua dekade.

Anak perempuan dilarang mengenyam pendidikan di atas kelas enam dan perempuan dilarang bekerja, belajar, bepergian tanpa pendamping laki-laki, dan bahkan pergi ke taman atau pemandian. Perempuan juga harus menutup diri dari ujung kepala sampai ujung kaki dan dilarang bekerja di lembaga swadaya masyarakat nasional dan internasional, sehingga mengganggu pengiriman bantuan kemanusiaan.

“Afghanistan di bawah Taliban tetap menjadi negara paling represif di dunia terkait hak-hak perempuan,” Roza Otunbayeva, perwakilan khusus sekretaris jenderal PBB dan kepala misi politik PBB di Afghanistan, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Dia kemudian mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB di New York bahwa "Taliban mengklaim telah mempersatukan negara, tetapi mereka juga memecahnya berdasarkan jenis kelamin." Taliban memberi tahu PBB "bahwa pemisahan jender ini bukan masalah yang signifikan dan sedang ditangani" dan "mereka mengatakan mereka harus dinilai berdasarkan pencapaian lain," katanya.

Pada saat Afghanistan perlu pulih dari puluhan tahun perang, Otunbayeva berkata, “setengah dari calon dokter, ilmuwan, jurnalis, dan politisi negara itu dikurung di rumah mereka, impian mereka hancur dan bakat mereka disita.”

“Sangat menyedihkan menyaksikan upaya metodis, disengaja, dan sistematis mereka untuk mendorong perempuan dan anak perempuan Afghanistan keluar dari ruang publik,” tambahnya.

Pembatasan, terutama larangan pendidikan dan pekerjaan LSM, telah menuai kecaman internasional yang keras. Tetapi Taliban tidak menunjukkan tanda-tanda mundur, mengklaim larangan tersebut adalah penangguhan sementara yang diduga karena perempuan tidak mengenakan jilbab Islami dengan benar dan karena aturan pemisahan jender tidak diikuti.

40 Keputusan Taliban Batasi Perempuan dan Apartheid Jender

Adapun larangan pendidikan universitas, pemerintah Taliban mengatakan bahwa beberapa mata pelajaran yang diajarkan tidak sejalan dengan nilai-nilai Afghanistan dan Islam.

“Membatasi setengah dari populasi negara di rumah mereka di salah satu krisis kemanusiaan dan ekonomi terbesar di dunia adalah tindakan kolosal yang merugikan diri sendiri secara nasional,” kata Otunbayeva.

“Itu tidak hanya akan mengutuk perempuan dan anak perempuan, tetapi semua warga Afghanistan, untuk kemiskinan dan ketergantungan bantuan untuk generasi yang akan datang,” dia memperingatkan. “Itu akan semakin mengisolasi Afghanistan dari warganya sendiri dan dari seluruh dunia.”

Di sebuah pabrik karpet di Kabul, perempuan yang dulunya pegawai pemerintah atau pelajar SMA dan mahasiswa kini menghabiskan hari-harinya dengan menganyam karpet.

“Kami semua hidup seperti tahanan, kami merasa seperti dikurung,” kata Hafiza, 22 tahun, yang hanya menggunakan nama depannya dan pernah menjadi mahasiswa hukum tahun pertama sebelum Taliban melarang perempuan menghadiri kelas di universitasnya. "Situasi terburuk adalah ketika impianmu hancur, dan kamu dihukum karena menjadi seorang perempuan."

Pekerja lain di pabrik itu, Shahida yang berusia 18 tahun, yang juga hanya menggunakan satu nama, mengatakan bahwa dia duduk di kelas 10 di salah satu sekolah menengah Kabul ketika pendidikannya dipersingkat. “Kami hanya menuntut dari pemerintah (Taliban) untuk membuka kembali sekolah dan pusat pendidikan bagi kami dan memberikan hak kami,” katanya.

Seorang juru kampanye hak-hak perempuan Afghanistan, Zubaida Akbar, mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa sejak Taliban merebut kekuasaan, “hak-hak perempuan dan anak perempuan Afghanistan telah dihancurkan melalui lebih dari 40 keputusan.”

“Taliban tidak hanya berusaha untuk menghapus perempuan dari kehidupan publik, tetapi untuk menghilangkan kemanusiaan dasar kami,” kata Zubaida, yang berbicara atas nama kelompok hak asasi Freedom Now yang berurusan dengan 20 gerakan akar rumput yang sebagian besar dipimpin perempuan di Afghanistan. “Ada satu istilah yang tepat menggambarkan situasi perempuan Afghanistan saat ini: apartheid Jender.”

Alison Davidian, perwakilan khusus untuk UN Women di Afghanistan, mengatakan: “Implikasi kerugian yang ditimbulkan Taliban terhadap warga negara mereka sendiri melampaui perempuan dan anak perempuan.”

Tidak ada pejabat dari pemerintah pimpinan Taliban yang tersedia untuk dimintai komentar.

Di Dewan Keamanan, Otunbayeva dari PBB mengatakan ada faksi di Taliban yang tidak setuju dengan tindakan keras terhadap perempuan dan anak perempuan dan memahami bahwa perhatian harus diberikan pada kebutuhan nyata semua warga Afghanistan.

“Mungkin kira-kira akhirnya melakukan perubahan arah, ”katanya. “Tapi waktu berjalan singkat. Krisis global berlipat ganda. Tuntutan pada sumber daya donor berlipat ganda karena ketersediaan sumber daya tersebut berkurang.”

Menjelang peringatan Hari Perempuan Internasional hari Rabu, sekitar 200 perempuan pemilik usaha kecil Afganistan mengadakan pameran produk mereka di Kabul. Sebagian besar mengeluh kehilangan bisnis sejak pengambilalihan Taliban.

“Saya tidak mengira Taliban akan menghormati hak-hak perempuan,” kata salah satu dari mereka, Tamkin Rahimi. “Wanita di sini tidak bisa mempraktikkan hak (mereka) dan merayakan Hari Perempuan, karena kami tidak bisa pergi ke sekolah, universitas atau bekerja, jadi saya pikir kami tidak punya hari untuk merayakannya.”

Sepuluh dari 15 anggota Dewan Keamanan mengeluarkan pernyataan bersama yang menuntut agar Taliban segera membatalkan semua tindakan penindasannya terhadap perempuan dan anak perempuan.

“Pemulihan di Afghanistan tidak dapat terjadi tanpa partisipasi penuh, setara, dan bermakna perempuan dalam semua aspek kehidupan politik, ekonomi, dan sosial,” demikian pernyataan Albania, Brasil, Ekuador, Prancis, Gabon, Jepang, Malta, Swiss, Uni Emirat Arab, dan Britania Raya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home