Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:43 WIB | Jumat, 17 Februari 2023

China dan Iran Desak Taliban Afghanistan Akhiri Pembatasan pada Perempuan

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, kanan, berjalan bersama Presiden China, Xi Jinping, setelah meninjau pasukan kehormatan saat upacara penyambutan di Aula Besar Rakyat di Beijing, Selasa, 14 Februari 2023. (Foto: dok.Xinhua/Yan Yan via AP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - China dan Iran mendesak negara tetangga bersama Afghanistan untuk mengakhiri pembatasan pada pekerjaan dan pendidikan bagi perempuan. Komentar yang aneh, karena Iran sendiri sedang disorot dalam kebijakan kerasnya terhadap perempuan dan kebebasan.

Seruan itu datang dalam pernyataan bersama pada hari Kamis (16/2) yang dikeluarkan pada penutupan kunjungan ke Beijing oleh Presiden Iran, Ebrahim Raisi ,di mana kedua belah pihak menegaskan hubungan ekonomi dan politik yang erat dan penolakan mereka terhadap standar hak asasi manusia dan demokrasi Barat.

Sejak mengambil alih Afghanistan pada Agustus 2021, Taliban telah melarang perempuan dan anak perempuan masuk universitas dan sekolah setelah kelas enam dan memaksa mereka yang menduduki jabatan terpilih dan posisi penting lainnya dikeluarkan.

"Kedua belah pihak ... meminta para penguasa Afghanistan untuk membentuk pemerintahan inklusif di mana semua kelompok etnis dan kelompok politik benar-benar berpartisipasi, dan membatalkan semua tindakan diskriminatif terhadap perempuan, etnis minoritas, dan agama lain," kata pernyataan itu, menambahkan bahwa Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya “harus bertanggung jawab atas situasi saat ini di Afghanistan.”

AS telah mendukung pemerintah terpilih Afghanistan melawan Taliban, tetapi mundur di tengah meningkatnya biaya dan berkurangnya dukungan domestik untuk pemerintah yang tidak mampu melawan kebangkitan Taliban.

Seruan untuk hak-hak perempuan datang dari rezim Muslim Syiah garis keras Iran, yang telah ditantang oleh protes berbulan-bulan yang dipicu oleh kematian seorang perempuan muda dalam tahanan polisi karena diduga melanggar persyaratan pakaian.

Teokrasi negara telah mengeksekusi setidaknya empat orang sejak demonstrasi dimulai pada bulan September atas kematian Mahsa Amini. Semua telah menghadapi uji coba tertutup, cepat, dan dikritik secara internasional.

Sebagian besar pernyataan bersama China-Iran menekankan hubungan politik dan ekonomi yang kuat, pencarian perdamaian dan keadilan di Timur Tengah dan denuklirisasi terlepas dari dugaan dorongan Teheran untuk memproduksi senjata atom.

Dalam pertemuan sebelumnya dengan pemimpin China, Xi Jinping, Raisi menyatakan dukungan untuk tindakan keras China terhadap demokrasi di Hong Kong dan mengklaim Taiwan yang demokratis.

China dan Iran menggambarkan diri mereka sendiri, bersama Moskow, sebagai penyeimbang kekuatan Amerika, dan diam-diam telah memberikan, dan dalam kasus Iran, dukungan material untuk invasi Rusia ke Ukraina.

“China mendukung Iran dalam menjaga kedaulatan nasional” dan “melawan unilateralisme dan perundungan,” kata Xi dalam pernyataan yang disiarkan oleh TV pemerintah China di situs webnya.

Kerja Sama China dan Iran

Xi dan Raisi menghadiri penandatanganan 20 perjanjian kerja sama termasuk di bidang perdagangan dan pariwisata, demikian pengumuman pemerintah China. Itu menambah perjanjian strategi 25 tahun yang ditandatangani pada 2021 untuk bekerja sama dalam mengembangkan minyak, industri, dan bidang lainnya.

China adalah salah satu pembeli terbesar minyak Iran dan sumber investasi utama.

Iran telah berjuang selama bertahun-tahun di bawah sanksi perdagangan dan keuangan yang diberlakukan oleh Washington dan pemerintah Barat lainnya. Pemerintah AS memutus akses Iran ke jaringan yang menghubungkan bank-bank global pada tahun 2018. (dengan AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home