Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:26 WIB | Kamis, 02 Februari 2023

Pejabat Keamanan Geledah Taipan Ukraina, Diduga Terkait Kejahatan Keuangan

Taipan bisnis Ukraina, Ihor Kolomoiskiy, berbicara dengan wartawan di sela-sela pertemuan tahunan Yalta European Strategy (YES) di Kiev, Ukraina 13 September 2019. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Pejabat keamanan negara Ukraina menggeledah rumah pengusaha miliarder Ihor Kolomoiskiy pada hari Rabu (1/2) sebagai bagian dari penyelidikan atas kemungkinan kejahatan keuangan, beberapa media Ukraina melaporkan, mengutip sumber resmi yang tidak disebutkan namanya.

Layanan Keamanan Negara Ukraina (SBU) tidak segera membalas permintaan komentar tentang laporan tersebut. Kolomoiskiy tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Kolomoiskiy adalah salah satu orang terkaya Ukraina dan pernah menjadi sekutu Presiden Volodymyr Zelenskiyy yang melancarkan tindakan keras terhadap pengusaha kaya yang dikenal sebagai "oligarki" pada akhir 2021, sebelum Rusia menginvasi tetangganya tahun lalu.

Kolomoiskiy, yang berasal dari pusat kota Dnipro dan memiliki berbagai aset termasuk salah satu saluran televisi paling berpengaruh di Ukraina, mendukung kampanye pemilu Zelenskiyy pada 2019.

Ukrainska Pravda, salah satu dari setidaknya tiga media yang melaporkan penggerebegan di rumah Kolomoiskiy, mengatakan langkah tersebut terkait dengan penyelidikan atas dugaan penggelapan produk minyak dan penghindaran bea cukai.

Pencarian dilakukan oleh pejabat dari SBU dan Biro Keamanan Ekonomi Ukraina. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home