Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 05:17 WIB | Kamis, 26 Januari 2023

Perang di Ukraina dan Protes di Iran Akan Disorot dalam Festifal Film Berlinale

Aktor Hollywood, Sean Penn dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. (Foto: dok. AFP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Berlinale, sebutan untuk acara yang digelar pada16-26 Februari, akan menyoroti invasi Rusia ke Ukraina saat melewati ulang tahun pertamanya.

"Superpower",film dokumenter garapan aktor Sean Penn disebut sebagai "kronik proyek film yang terpaksa diubah oleh realitas menjadi sesuatu yang kurang dapat dikendalikan tetapi lebih bermakna".

Ini akan menjadi yang paling menonjol di antara beberapa entri bertema Ukraina di festival tahunan ke-73 itu.

Co-sutradara Berlinale Carlo Chatrian mengatakan kepada wartawan bahwa film tersebut dibuat dalam "keadaan yang sangat sulit".

Penn berada di Kiev untuk syuting film dokumenter pada akhir Februari 2022 ketika serangan Rusia dimulai.

Pemenang Oscar dua kali itu difoto menghadiri konferensi pers pemerintah di Kiev, dan terlihat bertemu dengan Ptesiden Volodymyr Zelensky dalam sebuah video yang diposting ke akun Instagram presiden Ukraina.

Aktor berusia 62 tahun itu membuat film dokumenter untuk Vice Studios dengan mitra sutradara Aaron Kaufman.

'Solidaritas' dengan Ukraina dan Iran

Penn sebelumnya telah menarik kontroversi sebagai akibat dari keterlibatannya dalam urusan saat ini, terutama setelah dia dan aktris Meksiko-Amerika Kate del Castillo mewawancarai Joaquin "El Chapo" Guzman saat gembong narkoba Meksiko dalam pelarian.

Pada 2018, Penn dilaporkan berada di Turki membuat film dokumenter yang belum pernah dirilis tentang pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul.

"Superpower"akan diputar di bagian Khusus Berlinale dari festival tersebut, di luar persaingan.

Chatrian mengatakan acara tersebut, pameran sinema besar pertama di Eropa tahun ini, akan menyoroti beberapa film dokumenter dan film layar lebar dari sutradara Ukraina, selain karya pembuat film pembangkang Iran, sebagai tanda "solidaritas".

Ini juga akan memberikan ruang pameran gratis untuk perwakilan industri Ukraina di Pasar Film Eropa yang luas, dan menyoroti kemungkinan produksi bersama dengan sutradara Ukraina yang diperangi, kata Berlinale.

Sejumlah sutradara Rusia yang tinggal di pengasingan juga akan hadir, tetapi festival tersebut melarang delegasi dan reporter yang memiliki hubungan langsung dengan pemerintah Rusia atau Iran.

Chatrian meluncurkan 18 film yang bersaing untuk mendapatkan hadiah bergengsi Golden Bear dan Silver Bear - deretan film layar lebar dan dokumenter "eklektik" dari seluruh dunia.

Aktor Amereika Serikat Jesse Eisenberg dan Adrien Brody membintangi produksi Inggris "Manodrome"tentang seorang pemuda yang akan menjadi ayah untuk pertama kalinya.

Chatrian mengatakan itu menawarkan pandangan baru tentang "maskulinitas saat ini dalam masyarakat kontemporer".

Pertunjukan Perempuan Yang Kuat

Vicky Krieps, bintang "The Phantom Thread"dan "Corsage", bermain di "Ingeborg Bachmann -- Journey Into the Desert",pembuat film perempuan pelopor Margarethe von Trotta mengambil kehidupan penulis Austria.

Artis manga Jepang Makoto Shinkai akan memasuki kompetisi dengan fitur animasi "Suzume",yang sudah menjadi hit box office besar di negara asalnya.

Dan sutradara Korea-Kanada Celine Song akan bergabung dalam perlombaan dengan fitur pertamanya "Past Lives", sebuah romansa semi-otobiografi tentang seorang perempuan yang terpecah di antara dua kekasih.

Philippe Garrel dari Prancis menyutradarai anak-anaknya Louis dan Esther dalam "The Plough",sebuah drama keluarga "dengan hati yang besar", kata Chatrian.

Dan bintang Jerman yang sedang naik daun, Franz Rogowski, berperan sebagai anggota Legiun Asing Prancis dalam "Disco Boy"karya Giacomo Abbruzzese.

Sementara Cannes dan Venesia telah lama menghadapi kritik karena kurangnya representasi perempuan, Berlin secara tradisional memiliki rekam jejak yang lebih kuat. Sepertiga dari direktur yang diundang ke kompetisi utama Berlinale tahun ini adalah perempuan.

Festival 11 hari akan dibuka dengan "She Came to Me" karya Rebecca Miller, sebuah komedi romantis yang menampilkan bintang "Game of Thrones"Peter Dinklage dan pemenang Oscar Marisa Tomei dan Anne Hathaway.

Aktor AS Kristen Stewart akan memimpin juri festival, sementara sutradara Hollywood Steven Spielberg akan menerima hadiah Beruang Emas Kehormatan untuk pencapaian seumur hidup.

Tahun lalu, sutradara Spanyol Carla Simon memenangkan Golden Bear untuk film terbaik untuk "Alcarras",sebuah drama Catalan tentang petani persik. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home