Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:12 WIB | Senin, 22 Agustus 2016

Pemerintah akan Kembangkan Kawasan Danau Toba

Menurut Presiden, apabila telah diputuskan, nantinya kawasan ini akan diperbaiki, dikembangkan, dan dihijaukan kembali.
Pemerintah akan Kembangkan Kawasan Danau Toba
Presiden Joko Widodo (tengah) memberikan keterangan pers, pada hari Senin (22/8), saat meninjau lokasi yang akan dijadikan kawasan wisata di Desa Parulohan, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara. (Foto-foto: Dok. BPMI)
Pemerintah akan Kembangkan Kawasan Danau Toba
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi yang akan dijadikan kawasan wisata di Desa Parulohan, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.
Pemerintah akan Kembangkan Kawasan Danau Toba
Presiden Joko Widodo bersalaman dengan masyarakat setempat.

LINTONGNIHUTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana, pada hari Senin (22/8), meninjau lokasi yang akan dijadikan kawasan wisata di Desa Parulohan, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.

Peninjauan ini sekaligus mengakhiri rangkaian kunjungan kerja Presiden ke Sumatera Utara.

Kepada para jurnalis, Presiden menerangkan bahwa kunjungannya ini untuk melihat alternatif lokasi yang nantinya akan ditetapkan sebagai wilayah pengembangan kawasan Danau Toba. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, lokasi yang ditinjau Presiden kali ini diketahui memiliki luas 400 hektar.

"Di sini bisa dikembangkan lebih besar lagi. Kawasan di sini bisa dipakai untuk taman bunga, tentu saja diberi tambahan lain seperti resort atau hotel untuk meeting sehingga bisa memberikan dampak ekonomi pada lingkungan," kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, apabila telah diputuskan, nantinya kawasan ini akan diperbaiki, dikembangkan, dan dihijaukan kembali. Presiden sendiri menilai apa yang ditawarkan oleh kawasan ini sudah sangat lengkap.

"Jadi yang kita tawarkan adalah pemandangan alam yang kalau melihat ke sana danau terlihat sekali, ada air terjunnya, di bawah itu ada peninggalan warisan situs sejarah Sisingamangaraja. Cantik sekali, kalau menurut saya komplit," katanya.

Selain di lokasi ini, alternatif pengembangan Kawasan Danau Toba lainnya berada di Kabupaten Simalungun. "Tapi belum diputuskan, bisa dua-duanya dikembangkan," kata Presiden.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut di antaranya Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi.

Usai meninjau kawasan tersebut, Presiden dan Ibu Iriana langsung menuju Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara untuk kemudian lepas landas menggunakan pesawat CN-295 TNI AU menuju Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

Dari Bandara Kualanamu, Presiden akan bertolak menuju Jakarta menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dan diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada sore hari. (Setpres)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home