Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 09:29 WIB | Rabu, 23 Desember 2015

Pemerintah Buka Peluang Negara Lain Sebagai Sumber Impor Pangan

Menteri Perdagangan RI Thomas Lembong (kiri) dalam konferensi pers di Auditorium Kementerian Perdagangan Jalan Ridwan Rais Jakarta Pusat, hari Selasa (22/12). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong akan membuka peluang mencari sumber impor pangan dari negara lain agar tidak tergantung dari satu atau dua sumber impor saja.

“Secara prinsip, untuk reformasi pengadaan pangan di mana Menteri Pertanian dan saya setuju adalah diversifikasi sumber pangan,” kata Thomas dalam jumpa pers di Auditorium Kementerian Perdagangan Jalan Ridwan Rais Jakarta Pusat, hari Selasa (23/12).

Contohnya, kata dia, selama ini Indonesia bergantung kepada Australia soal pengadaan impor daging sapi.

“Memang kami khawatir bahwa kita punya ketergantungan yang terlalu besar secara proporsi kepada Australia, dan kami menginginkan adanya diversifikasi sumber (impor). Misalnya dari Korea Selatan atau India.”

Selain daging sapi, upaya diversifikasi ini juga akan dilakukan terhadap impor beras di mana selama ini Indonesia selalu bergantung kepada Vietnam dan Thailand. Saat ini, lanjut Tom, pihaknya sedang mempelajari apakah mungkin untuk mengimpor beras dari negara lainnya.

"Mungkin kita punya ketergantungan yang amat besar dari Vietnam dan Thailand. Kami sedang mempelajari, belum pelaksanaan, mungkin akan mencoba sumber importasi beras yang lain, selain yang selama ini kita cenderung pakai," kata Tom.

 

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home