Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 15:50 WIB | Kamis, 06 Agustus 2015

Pemerintah Siapkan Dana Rp 3,5 Triliun Atasi El Nino

Ilustrasi. Kondisi sungai Ciliwung yang berada di Kebon Baru, Jakarta Selatan yang mengering. (Foto: Dok. satuharapan.com/ Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Deputi Statistik Produksi Badan Pusat Statistik Adi Lumaksono mengungkapkan bahwa pemerintah sedang menyiapkan dana untuk mengatasi badai El Nino atau kekeringan panjang yang melanda Indonesia saat ini. Badai ini diyakini akan berpengaruh terhadap ketersediaan bahan pangan terutama beras di beberapa daerah.

“Pertama, pemerintah menyiapkan uang kalau pengadaan cadangan beras pemerintah (CBP) itu diperlukan tambahan karena uangnya dari pemerintah. Kira-kira anggarannya sekitar Rp 3,5 triliun,” kata Adi Lumaksono di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Lapangan Banteng hari Kamis (6/8).

Dana Rp 3,5 triliun itu akan dibagi menjadi dua yaitu Rp 1,5 triliun untuk dana cadangan dan Rp 2 triliun untuk dana pangan.

Dia mengungkapkan bahwa saat ini cadangan beras di Bulog mencapai 1,5 juta ton hingga akhir tahun. Menurutnya, angka paling aman untuk cadangan beras hingga akhir tahun adalah 2 hingga 2,5 juta ton. Sedangkan jika dilihat dari pasokan cadangan beras pemerintah hanya mencapai 300.000-350.000 ton saja.

Namun, Adi mengungkapkan bahwa Menteri Pertanian Amran Sulaiman optimis produksi beras masih cukup walaupun dilanda badai El Nino.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home