Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:42 WIB | Minggu, 12 Februari 2023

Pemilik Grup Tentara Bayaran Wagner: Perang di Ukraina Akan Bertahun-tahun

Seorang pria mengenakan seragam kamuflase berjalan keluar dari PMC Wagner Center, yang merupakan proyek yang dilaksanakan oleh pengusaha dan pendiri kelompok militer swasta Wagner, Yevgeny Prigozhin, saat pembukaan resmi blok kantor di Saint Petersburg, Rusia, 4 November 2022 (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Pemilik tentara bayaran Grup Wagner Rusia yang secara aktif terlibat dalam pertempuran di Ukraina memperkirakan bahwa perang dapat berlangsung selama bertahun-tahun.

Yevgeny Prigozhin, pemilik Grup Wagner, mengatakan dalam sebuah wawancara video yang dirilis hari  Jumat (10/2) malam bahwa dibutuhkan waktu 18 bulan hingga dua tahun bagi Rusia untuk sepenuhnya mengamankan kendali atas pusat industri Donbas di timur Ukraina.

Dia menambahkan bahwa perang bisa berlangsung selama tiga tahun jika Moskow memutuskan untuk merebut wilayah yang lebih luas di sebelah timur Sungai Dnieper.

Pernyataan dari Prigozhin, seorang jutawan yang memiliki hubungan dekat dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan dijuluki "koki Putin" karena kontrak katering Kremlinnya yang menguntungkan, menandai pengakuan atas kesulitan yang dihadapi Kremlin dalam kampanye, yang awalnya diperkirakan akan  selesai dalam beberapa pekan ketika pasukan Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Rusia mengalami serangkaian kemunduran yang memalukan pada musim gugur ketika militer Ukraina berhasil melancarkan serangan balasan untuk merebut kembali petak wilayah yang luas di timur dan selatan.

Kremlin menghindari membuat ramalan tentang berapa lama pertempuran bisa berlanjut, dengan mengatakan bahwa apa yang disebutnya "operasi militer khusus" akan berlanjut sampai tujuannya terpenuhi.

Pasukan Rusia telah berfokus pada Provinsi Luhansk dan Donetsk Ukraina yang membentuk wilayah Donbas di mana separatis yang didukung Moskow telah memerangi pasukan Ukraina sejak tahun 2014.

Prigozhin mengatakan bahwa tentara bayaran Grup Wagner melanjutkan pertempuran sengit untuk menguasai benteng Ukraina di Bakhmut di wilayah Donetsk. Dia mengakui bahwa pasukan Ukraina melakukan perlawanan sengit.

Saat pasukan Rusia telah mendorong serangan mereka di Donbas, Moskow juga berusaha untuk melemahkan semangat Ukraina dengan membiarkan mereka tanpa pemanas dan air di musim dingin yang pahit.

Pada hari Jumat (10/2), Rusia melancarkan serangan besar-besaran putaran ke-14 terhadap fasilitas energi Ukraina dan infrastruktur penting lainnya. Fasilitas infrastruktur bertegangan tinggi melanda wilayah timur, barat, dan selatan, mengakibatkan pemadaman listrik di beberapa wilayah.

Perusahaan energi Ukraina, Ukrenergo, mengatakan pada hari Sabtu bahwa situasinya "sulit tetapi dapat dikendalikan", menambahkan bahwa melibatkan pencadangan untuk menjaga pasokan listrik tetapi mencatat bahwa penjatahan listrik akan berlanjut di beberapa daerah.

Kepala militer Ukraina, Jenderal Valerii Zaluzhnyi, mengatakan bahwa pasukan Rusia meluncurkan 71 rudal jelajah, 35 rudal S-300 dan tujuh drone Shahed antara Kamis malam dan Jumat siang, menambahkan bahwa pertahanan udara Ukraina menjatuhkan 61 rudal jelajah dan lima drone.

Pihak berwenang Ukraina melaporkan lebih banyak serangan oleh drone pembunuh pada hari Jumat. Angkatan udara Ukraina mengatakan militer menjatuhkan 20 drone Shahed pada malam hari.

Jumat malam, blogger militer Rusia dan beberapa kantor berita Ukraina memposting video yang menunjukkan serangan drone laut di jembatan kereta api strategis di wilayah Odesa. Video menunjukkan objek yang bergerak cepat mendekati jembatan di Zatoka, sekitar 50 kilometer (30 mil) barat daya Odesa, dan meledak dalam ledakan dahsyat.

Keaslian video tidak dapat diverifikasi. Militer Ukraina belum mengomentari serangan itu, dan Serhii Bratchuk, juru bicara pemerintah daerah, tidak mengkonfirmasi serangan pesawat tak berawak itu ketika dia berbicara dalam sambutannya di televisi pada hari Sabtu (11/2).

Jembatan, yang menjadi sasaran serangan rudal Rusia di awal perang, melayani jalur kereta api ke Rumania, yang merupakan saluran utama untuk pasokan senjata Barat. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home