Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:30 WIB | Minggu, 12 Februari 2023

Dirjen WHO Kunjungi Aleppo, Suriah, Bawa Bantuan untuk Korban Gempa

Warga berjalan di sepanjang bangunan yang hancur, saat operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut beberapa hari setelah gempa mematikan melanda Turki dan Suriah, di kota Jindayris, di bagian provinsi Aleppo Suriah yang dikuasai oposisi, pada 10 Februari 2023. (Foto: AFP)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),Tedros Adhanom Ghebreyesus, tiba pada hari Sabtu (11/2) di kota Aleppo yang dilanda gempa di Suriah, lapor media pemerintah.

Tedros "tiba di bandara Aleppo untuk mengunjungi beberapa rumah sakit dan tempat penampungan bersama menteri kesehatan (Suriah) dan gubernur Aleppo," kata kantor berita resmi Suriah, SANA.

Kunjungannya dilakukan lima hari setelah gempa dahsyat berkekuatan 7,8 mengguncang Turki dan Suriah, menewaskan lebih dari 24.000 orang termasuk setidaknya 3.553 di Suriah yang dilanda perang saja.

Setibanya di sana, Tedros mengatakan dia membawa serta "persediaan medis darurat sekitar 37 metrik ton."

“Kami sangat senang bisa datang dengan perbekalan,” katanya kepada wartawan di bandara Aleppo. “Ini adalah persediaan pertama yang kami kirim.”

Dia menambahkan bahwa WHO akan terus memberikan layanan medis darurat dan membawa lebih banyak persediaan darurat yang diperlukan untuk “manajemen trauma.”

“Besok akan ada putaran lagi dengan lebih dari 30 metrik ton,” katanya. Dia menyatakan keprihatinan atas dampak pasca gempa, terutama gangguan layanan.

“Masyarakat terpapar penyakit diare... dan masalah kesehatan lainnya terutama masalah kesehatan jiwa,” katanya. “Kami akan bekerja sama untuk mengatasi dampak gempa, tidak hanya layanan darurat saat gempa.”

Sejak gempa bumi terjadi hari Senin (6/2), tim penyelamat dan sukarelawan berjuang dengan sedikit cara untuk menemukan korban selamat di bawah puing-puing beton bangunan yang runtuh. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home