Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:48 WIB | Sabtu, 18 Desember 2021

Pemilu di Hong Kong Tandai Perubahan Dramatis oleh Beijing

Pemilu di Hong Kong Tandai Perubahan Dramatis oleh Beijing
Seorang pengunjuk rasa memegang plakat bertuliskan "Occupy Central" antara polisi anti huru hara dan pengunjuk rasa di luar kantor pusat pemerintah selama Gerakan Payung di Hong Kong pada 27 September 2014. (Foto-foto: dok. AP/Vincent Yu)
Pemilu di Hong Kong Tandai Perubahan Dramatis oleh Beijing
Seorang pendukung memegang spanduk pemilihan untuk kandidat kelompok lokal radikal Youngspiration, Baggio Leung, tengah, selama rapat umum pra-pemilihan di Hong Kong pada 28 Agustus 2016.
Pemilu di Hong Kong Tandai Perubahan Dramatis oleh Beijing
Anggota parlemen pro demokrasi, Ronny Tong, duduk dengan plakat silang kuning ditempatkan setelah anggota parlemen berjalan keluar dari ruang legislatif untuk memprotes Ketua Sekretaris Carrie Lam yang mengungkapkan rincian paket reformasi pemilu yang didukung Beijing, di Hong Kong pada 22 April 2015.

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Pemilihan Dewan Legislatif Hong Kong pada hari Minggu (19/12) menandai puncak kampanye Beijing untuk mengendalikan badan yang pernah mencegahnya, dan memaksakan kehendaknya yang tidak terkendali atas wilayah semi-otonom itu.

Sejak kota itu diserahkan dari Inggris ke pemerintahan China pada tahun 1997, dengan janji Beijing untuk menjaga kebebasan gaya Barat selama 50 tahun, tuntutan untuk perluasan demokrasi mengilhami gerakan protes pada tahun 2014 dan 2019. Namun sebagian besar diabaikan dan kemudian dihancurkan oleh pasukan keamanan.

Berikut adalah peristiwa yang mengakibatkan perubahan dramatis pada sistem pemilihan Hong Kong:

"Gerakan Payung" 2014

Gerakan ini juga dikenal sebagai "Occupy Central" untuk distrik bisnis tempat para pengunjuk rasa pro demokrasi berkumpul, gerakan ini mendapatkan namanya dari payung yang digunakan para aktivis untuk melindungi diri mereka dari semprotan merica polisi.

Hampir 1.000 orang ditangkap dalam periode paling kacau di kota itu sejak China menguasai wilayah itu. Proposal pemerintah akan memungkinkan lima juta pemilih kota yang memenuhi syarat untuk memilih pemimpin kota untuk pertama kalinya.

Tetapi paket itu ditolak oleh anggota parlemen dan aktivis pro demokrasi karena kekuasaan untuk memilih hingga tiga kandidat akan tetap berada di tangan 1.200 anggota kelompok taipan dan elite lainnya yang dipandang bersimpati kepada pemerintah China daratan.

Protes UU Ekstradisi 2019

Pemerintah kemudian menarik proposal tersebut dan Kepala Eksekutif saat ini, Carrie Lam, dipilih oleh komite pemilihan. Pada Februari 2019, pemerintah memperkenalkan RUU ekstradisi yang dikatakan akan menyumbat peraturan wilayah itu tentang penyerahan tersangka kriminal ke yurisdiksi tempat mereka dicari, termasuk China daratan.

Para penentang mengatakan bahwa menempatkan warga negara pada risiko diekstradisi atas tuduhan politik ke daratan, di mana hak-hak hukum jauh lebih lemah, dan di mana mereka dapat menghadapi penyiksaan dan pelecehan.

Setelah pawai jalanan dan bentrokan terbatas antara pengunjuk rasa dan polisi, Lam mengumumkan dia menangguhkan RUU itu pada 15 Juni, meskipun tidak secara resmi ditarik hingga Oktober.

Protes Meningat, Bentrokan Kekerasan

Gerakan itu berkembang menjadi empat tuntutan, termasuk penyelidikan taktik polisi dan pembebasan demonstran yang ditangkap. Beberapa juga menyerukan agar Lam mengundurkan diri dan mengatakan mereka menginginkan hak pilih universal yang sejati.

Semua tuntutan diabaikan. Pada 1 Juli, peringatan penyerahan Hong Kong, demonstran garis keras menyerbu gedung legislatif. Ratusan pemrotes muda memecahkan jendela, merusak simbol-simbol resmi dan menyemprotkan slogan-slogan. Dewan tidak dalam sesi dan petugas mundur lebih jauh ke dalam gedung.

Bentrokan di Universitas Politeknik

Seiring berlalunya tahun, bentrokan yang semakin keras meletus setiap malam, yang berpuncak pada bulan November dalam pertikaian dramatis yang panjang di Universitas Politeknik Hong Kong di mana para siswa telah menimbun bahan bakar buatan sendiri.

Polisi menyerbu kampus, menangkap lebih dari 1.000 sebagian besar mahasiswa, dan memotong dukungan untuk aksi protes besar. Polisi juga menangkap tokoh oposisi senior, sementara kubu pro demokrasi menang besar dalam pemilihan anggota dewan distrik.

Gerakan itu mengadakan pemilihan pendahuluan simbolis untuk memilih kandidat untuk pemilihan legislatif yang dijadwalkan pada September 2020 di tengah seruan untuk melumpuhkan semua kegiatan parlemen untuk memaksa konsesi. Lam memutuskan untuk menunda pemilihan, dengan alasan infeksi COVID-19.

UU Keamanan Nasional

Pejabat China menyatakan kondisi di Hong Kong tidak lagi kondusif untuk pengesahan undang-undang keamanan nasional, dan parlemen nasional seremonial di Beijing akan menindaklanjutinya. Kongres Rakyat Nasional pada 30 Juni 2020, mengesahkan Undang-undang Keamanan Nasional yang menargetkan kegiatan separatis, subversif dan teroris, serta kolusi dengan pasukan asing, dengan hukuman hingga penjara seumur hidup.

Perkelahian pecah di legislatif Hong Kong, di mana empat anggota parlemen didiskualifikasi berdasarkan ketentuan undang-undang baru, dan 15 lainnya mengundurkan diri sebagai solidaritas. Enam anggota parlemen lainnya diusir sebelumnya setelah mengubah sumpah jabatan mereka.

Perubahan Pemilihan Umum

Parlemen China pada 11 Maret 2021, mengesahkan resolusi untuk mengubah undang-undang pemilu Hong Kong yang oleh banyak orang dianggap secara efektif mengakhiri kerangka kerja “satu negara, dua sistem” di mana Hong Kong akan mempertahankan lembaga hukum, politik, dan keuangannya yang terpisah selama 50 tahun.

Dengan suara 2.895 lawan 0 (nol), dengan satu abstain, majelis memberikan suara kepada komite pro Beijing untuk menunjuk lebih banyak anggota parlemen Hong Kong, mengurangi proporsi mereka yang dipilih secara langsung, dan memastikan bahwa hanya mereka yang benar-benar setia kepada Beijing yang diizinkan untuk mencalonkan diri.

Langkah itu memperluas ukuran ruangan dari 70 menjadi 90 kursi, dengan anggota Komite Pemilihan, badan yang sangat pro Beijing yang bertanggung jawab untuk memilih kepala eksekutif, membentuk 40 kursi, dan 30 kursi lainnya dipilih oleh kelompok bisnis yang dikenal sebagai “konstituen fungsional.” Jumlah perwakilan yang dipilih secara langsung dikurangi dari 35 sampai 20. Lima kursi yang dipilih dari antara anggota dewan distrik dihapuskan sama sekali.

Hanya Patriot Yang Bisa Menjadi Pejabat

Aturan pemeriksaan kandidat yang disertakan dalam perubahan memastikan bahwa siapa pun yang bahkan dicurigai kurang setia kepada Beijing akan disingkirkan. Hong Kong bergerak menuju pembatasan Partai Komunis yang otoriter yang berlaku di daratan Cina.

Inggris dan Amerika Serikat mengutuk perubahan pemilihan sementara Beijing dan para pendukungnya menyebutnya perbaikan belaka untuk meningkatkan efisiensi. Dalam wawancara 7 Desember dengan surat kabar Partai Komunis Global Times, Lam mengatakan pemilu akan “lebih representatif dengan partisipasi yang lebih seimbang.”

Dia mengatakan tujuannya adalah untuk memilih mereka yang patriotik untuk memerintah kota. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home