Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 11:49 WIB | Kamis, 07 Mei 2015

Pemilu Inggris Dimulai, Mabuk Boleh Selfie Tidak Dianjurkan

TPS di Inggris (Foto Ilustrasi:bbc.co.uk)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 48 juta warga Inggris diperkirakan akan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) hari ini (7/5) untuk mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu). Pemilu dimulai pukul 06:00 waktu setempat dan diperkirakan berakhir pukul 21:00.

Ini adalah Pemilu Parlemen ke-56 dalam sejarah perjalanan Inggris, diikuti oleh 12 partai,sembilan diantaranya adalah Partai Konservatif, Partai Buruh, Partai UK Independence Party (UKIP), Partai Hijau, Partai Liberal Demokrat, Plaid Cymru (hanya di Wales), Partai Nasional Skotlandia (hanya di Skotlandia), Partai Uni Demokrat (hanya di Irlandia Utara), Sinn Fein (hanya di Irlandia Utara). . Tiga partai terkuat adalah Partai Konservatif yang diketuai Perdana Menteri David Cameron, Partai Buruh yang diketuai Ed Miliband, dan Partai Demokrat Liberal yang diketuai Wakil Perdana Menteri Inggris, Nick Clegg.

Pemilu di Inggris memilih wakil rakyat di parlemen, yang biasa disebut MP atau member of parliament. MP  mewakili konstituen di Majelis Rendah atau House of Commons selama lima tahun ke depan.

Di Inggris secara keseluruhan terdapat 650 daerah pemilihan, yang masing-masing diwakili oleh satu orang di Majelis Rendah, Perinciannya adalah 533 daerah pemilihan di Inggris; 59 di Skotlandia; 40 di Wales dan 18 di Irlandia Utara.

Menurut tradisi selama ini, partai politik yang meraih kursi terbanyak di Majelis Rendah akan membentuk pemerintah baru dan ketua partai pemenang pemilu akan menjadi Perdana Menteri. Perdana Menteri tersebut mengangkat para menteri yang mengepalai departemen-departemen pemerintah.Para menteri senior akan menjadi anggota Kabinet.

Jika tidak ada partai yang meraih kursi mayoritas – atau yang biasa disebut hung parliament-  partai yang meraih kursi paling banyak akan membentuk pemerintah minoritas atau membentuk pemerintah koalisi dengan menggandeng partai lain.

Pada dasarnya Perdana Menteri Inggris tidak dipilih langsung oleh rakyat. Masyarakat hanya akan memilih anggota parlemen. Bahkan kalau pun Perdana Menteri atau ketua partai-partai lain bertarung di daerah pemilihan, pemilih mencoblos mereka untuk menjadi anggota parlemen untuk masa kerja mendatang, bukan sebagai Perdana Menteri pemerintahan berikutnya.

Berdasarkan konvensi konstitusi, Perdana Menteri diangkat oleh Ratu.

Proses pemberian suara dalam pemilihan umum di Inggris tidak banyak berubah dalam bertahun-tahun. Meskipun demikian terdapat sejumlah hal yang tetap harus diperhatikan, terutama terkait berbagai masalah baru, sehingga penyelenggara pemilu hari Kamis 7 Mei mengeluarkan panduan pemberian suara.

Selfie dilarang?

Tidak ada aturan khusus melarang pengambilan selfie, tetapi Komisi Pemilu sangat tidak mendukung pengambilan foto di dalam tempat pemungutan suara (TPS), terutama karena hukum rumit tentang perlindungan kerahasiaan suara. Adalah suatu pelanggaran mengungkapkan cara seseorang memberikan suara, yang kemungkinan akan terlihat dalam sebuah selfie. Selain itu, mengambil foto nomor identifikasi khusus surat suara adalah suatu pelanggaran hukum. Kuncinya adalah larangan pengungkapan informasi apa pun "yang didapat di dalam TPS", untuk menjaga integritas pemilu.

Bagaimana dengan pengiriman cuitan?

Komisi Pemilu mengeluarkan peringatan melarang tweet di dalam TPS, meskipun cuitannya tentang suara Anda sendiri. Di tempat lain, Anda bebas menerbitkan suara Anda. Meskipun terdapat hukum ketat yang melarang pengungkapan suara orang lain, termasuk mempengaruhi apakah mereka akan menerbitkannya sendiri.

 

Bagaimana dengan burka?

Burka dan hoodie tidak dilarang di TPS.

Dewan Kota Birmingham menyatakan tidak akan menghentikan warga pemakai burka atau pakaian dengan penutup kepala hoodie untuk memberikan suara.

Bolehkah memakai pakaian politis?

Warga tidak seharusnya memakai pakaian partai politik, misalnya kaos partai di TPS.

Apakah seseorang yang mabuk boleh memberikan suara?

Ya. Petugas TPS tidak bisa menolak pemilih hanya karena dia mabuk atau di bawah pengaruh obat. Hanya pemilih yang mengganggu, yang diminta kembali ke TPS setelah sadar.

Bolehkah saya membicarakan calon dengan pasangan saya?

Tidak. Pembicaraan politik dilarang di dalam TPS. Staf akan menegur jika warga terdengar membicarakan kinerja calon atau partai karena hal ini kemungkinan akan mengganggu pemilih lainnya.

Memainkan musik?

Hanya diizinkan jika tidak mengganggu orang lain. Jika anda mendengarkan musik dengan menggunakan headphone, maka anda harus mencabutnya saat berinteraksi dengan staf TPS, karena mereka perlu memastikan nama Anda dan rincian data lainnya.

Apakah saya boleh membawa anak?

Tentu saja. Staf TPS diharapkan menyambut baik warga di bawah 18 tahun agar tidak membuat generasi muda enggan memberikan suara.

Apa diizinkan membawa binatang peliharaan?

Anjing jelas tak punya hak suara tetapi binatang ini dibolehkan datang dan menonton selama mereka tidak mengganggu pemilu. Di daerah pedesaan di mana penduduknya menunggangi kuda, binatang itu harus ditambatkan di luar.

Bagaimana jika TPS tiba-tiba ditutup?

Jika terjadi masalah, staf TPS dapat membantu kelancaran jalannya pemilu. Saat terjadi kebakaran pada pemilu tahun 2010, misalnya, TPS diungsikan ke sebuah kendaraan.(bbc indonesia)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home