Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 18:22 WIB | Selasa, 05 April 2016

Pemimpin Agama Sedunia Serukan Deklarasi Politik HIV/AIDS

SATUHARAPAN.COM – Pemimpin agama dan organisasi keagamaan mengirim utusan minggu ini untuk sidang masyarakat sipil PBB di New York. Ini adalah awal untuk KTT PBB tentang HIV di New York pada 8-10 Juni.

Melalui Kampanye Live the Promise HIV, Aliansi Advokasi Ekumenis Dewan Gereja Dunia (WCC-EAA)dalam konsultasi dengan Inisiatif dan Advokasi HIV dan AIDS WCC, dan berbagai mitra, mendukung pemimpin agama mereka bertemu dengan perwakilan pemerintah mereka untuk membantu merancang Deklarasi Politik baru.

Banyak yang menganjurkan untuk deklarasi yang akan menjamin infeksi HIV nol baru pada bayi; nol kematian di antara anak-anak dan orang dewasa; dan nol stigma dan diskriminasi pada tahun 2030.

Dalam pertemuan itu, WCC menyerukan Deklarasi Politik untuk:

Mengatasi akar penyebab kerentanan terhadap HIV. Sebuah respons global terhadap HIV harus menempatkan kepemimpinan terhadap orang yang hidup dengan HIV dan yang paling terpengaruh oleh HIV di pusat respons global.

Mencapai akses universal untuk pencegahan, pengobatan, perawatan, dan dukungan HIV. Tidak ada yang harus ditinggalkan dalam mencapai target “Fast Track”: 95 persen dari orang yang hidup dengan HIV mengetahui status mereka; 95 persen dari orang-orang yang mengetahui status mereka mendapat pengobatan; dan 95 persen orang yang menjalani pengobatan dengan viral load ditekan; dengan kurang dari 200 000 orang yang baru terinfeksi HIV; kurang dari 200.000 orang meninggal karena penyebab terkait AIDS; dan penghapusan stigma terkait HIV dan diskriminasi.

Menghilangkan stigma dan diskriminasi. Deklarasi tersebut harus berkomitmen untuk menghilangkan stigma terkait HIV dan diskriminasi antara penyedia layanan dalam perawatan kesehatan, tempat kerja dan lingkungan pendidikan, termasuk melalui pelatihan dan intervensi yang efektif berbasis bukti.

Memastikan mekanisme akuntabilitas independen untuk memantau pelaksanaan Deklarasi Politik. Deklarasi tersebut harus berkomitmen untuk mekanisme pertanggungjawaban yang jelas yang dibangun pada sistem monitoring sebelumnya.

Hitung Mundur Hari KTT

Pemimpin agama dan organisasi keagamaan juga mengambil bagian dalam 100 hari “hitung mundur” ke Konferensi Tingkat Tinggi. Foto yang ditampilkan di website UNAIDS menggambarkan orang-orang dari seluruh dunia yang memegang pesan harian tentang arti berakhirnya AIDS bagi mereka.

“Sangat penting bahwa suara kolektif kita sebagai pemimpin agama dan organisasi keagamaan adalah suara yang membawa kejelasan dan harapan,” kata Francesca Merico, koordinator kampanye HIV untuk WCC-EAA. “Saat kita semua menghitung mundur ke Konferensi Tingkat Tinggi, ziarah kami untuk keadilan dan perdamaian akan hadir dalam pesan kami, foto-foto kami, dan doa kami.”

Aliansi Advokasi Ekumenis, sebuah inisiatif ekumenis Dewan Gereja Dunia, adalah jaringan global gereja dan organisasi terkait yang berkomitmen untuk berkampanye bersama di tengah kekhawatiran umum untuk keadilan dan martabat manusia. Isu kampanye saat ini HIV/AIDS, keamanan pangan, dan pertanian berkelanjutan.

Kampanye Live The Promise Ecumenical Advocacy Alliance berusaha terus berprioritas pada penanggulangan HIV dan AIDS, penghapusan stigma, dan sumbangan keagamaan yang signifikan terhadap visi ‘menuju nol’ - nol infeksi baru, nol diskriminasi, dan nol kematian terkait AIDS. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home