Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:39 WIB | Jumat, 18 Maret 2022

Pemimpin Dunia Serukan Penyelidikan Kejahatan Perang Rusia di Ukraina

Pemimpin Dunia Serukan Penyelidikan Kejahatan Perang Rusia di Ukraina
Prajurit Ukraina membawa kontainer dengan latar belakang kobaran api di sebuah gudang setelah pemboman di pinggiran Kiev, Ukraina, Kamis, 17 Maret 2022. Pasukan Rusia menghancurkan sebuah teater di Mariupol tempat ratusan orang berlindung pada Rabu dan menghujani kota-kota lain, Pihak berwenang Ukraina mengatakan, bahkan ketika kedua belah pihak memproyeksikan optimisme atas upaya untuk merundingkan diakhirinya pertempuran. (Foto: AP/Vadim Ghirda)
Pemimpin Dunia Serukan Penyelidikan Kejahatan Perang Rusia di Ukraina
Foto Presiden Rusia Vladimir Putin digantung di tempat latihan sasaran di Lviv, Ukraina barat, Kamis, 17 Maret 2022. (Foto: AP/Bernat Armangue)
Pemimpin Dunia Serukan Penyelidikan Kejahatan Perang Rusia di Ukraina
Citra satelit yang disediakan oleh Maxar Technologies ini menunjukkan gedung-gedung yang terbakar di kawasan perumahan di timur laut Chernihiv, Ukraina pada Rabu, 16 Maret 2022. (Foto: Maxar Technologies via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Para pemimpin dunia menyerukan penyelidikan atas serangan berulang oleh militer Rusia terhadap sasaran sipil di Ukraina, termasuk serangan udara di sekolah, rumah sakit, dan daerah pemukiman.

Seorang pejabat Ukraina mengeluh bahwa kotanya belum pernah melihat "mimpi buruk, kerugian besar" seperti itu.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengatakan pada hari Kamis (17/3) bahwa para pejabat Amerika sedang mengevaluasi potensi kejahatan perang dan bahwa jika penargetan yang disengaja terhadap warga sipil oleh Rusia dikonfirmasi, akan ada “konsekuensi besar.”

Kota demi kota, rumah sakit, sekolah, dan bangunan tempat orang mencari keselamatan dari pemboman telah diserang oloeh pasukan Rusia. Petugas penyelamat mencari korban selamat di reruntuhan gedung teater yang berfungsi sebagai tempat perlindungan ketika dihancurkan oleh serangan udara Rusia di kota Mariupol yang terkepung.

Di Merefa, dekat kota timur laut Kharkiv, sedikitnya 21 orang tewas ketika artileri Rusia menghancurkan sebuah sekolah dan pusat komunitas, kata seorang pejabat setempat. Di kota Chernihiv, lusinan mayat dibawa ke kamar mayat hanya dalam satu hari.

PBB Serukan Penyelidikan

Kepala politik Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Wakil Sekretaris Jenderal, Rosemary DiCarlo, juga menyerukan penyelidikan terhadap korban sipil, mengingatkan Dewan Keamanan PBB pada hari Kamis bahwa hukum humaniter internasional melarang serangan langsung terhadap warga sipil.

Dia mengatakan banyak serangan yang menghantam kota-kota Ukraina "dilaporkan tanpa pandang bulu" dan melibatkan penggunaan "senjata peledak dengan area dampak yang luas." DiCarlo mengatakan kehancuran di Mariupol dan Kharkiv "menimbulkan ketakutan besar tentang nasib jutaan penduduk Kiev dan kota-kota lain yang menghadapi serangan yang semakin intensif."

Di Mariupol, ratusan warga sipil dilaporkan berlindung di sebuah teater besar berbentuk kolom di pusat kota ketika diserang pada hari Rabu oleh pasukan Rusia. Lebih dari sehari setelah serangan udara, tidak ada laporan kematian. Dengan komunikasi yang terganggu di seluruh kota dan pergerakan yang sulit karena penembakan dan pertempuran lainnya, ada laporan yang saling bertentangan tentang apakah ada orang yang muncul dari puing-puing.

Citra satelit pada hari Senin dari Maxar Technologies menunjukkan huruf putih besar di trotoar di depan dan di belakang teater dalam bahasa Rusia "DETI" (artinya aanak-anak) untuk memperingatkan pesawat-pesawat tempur kepada mereka tentang siapa yang ada di dalam gedung itu.

“Kami berharap dan kami berpikir bahwa beberapa orang yang tinggal di tempat penampungan di bawah teater dapat bertahan hidup,” Pkata etro Andrushchenko, seorang pejabat di kantor wali kota, mengatakan kepada The Associated Press.

Dia mengatakan bangunan itu memiliki tempat perlindungan bom bawah tanah yang relatif modern yang dirancang untuk menahan serangan udara. Pejabat lain mengatakan sebelumnya bahwa beberapa orang telah keluar.

Video dan foto yang disediakan oleh militer Ukraina menunjukkan bahwa setidaknya bangunan tiga lantai telah hancur seperti cangkang tanpa atap, dengan beberapa dinding eksterior runtuh.

Di seluruh kota, badai salju turun di sekitar kerangka bangunan apartemen yang terbakar, tak berjendela, dan bekas pecahan peluru saat asap membubung di atas kaki langit. “Kami berusaha untuk bertahan hidup,” kata seorang warga Mariupol, yang hanya memberikan nama depannya, Elena. “Anak saya lapar. Saya tidak tahu harus memberinya makan apa.”

Dia telah mencoba menelepon ibunya, yang berada di kota 80 kilometer jauhnya. “Aku tidak bisa memberitahunya bahwa aku masih hidup, kamu mengerti. Tidak ada hubungannya, tidak ada apa-apa,” katanya.

Mobil, beberapa dengan simbol "Z" dari pasukan invasi Rusia di jendela mereka, melewati tumpukan kotak amunisi dan peluru artileri di lingkungan yang dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia.

Militer Rusia membantah membom teater atau tempat lain di Mariupol pada hari Rabu.

Di Chernihiv, sedikitnya 53 orang dibawa ke kamar mayat selama 24 jam, tewas di tengah serangan udara Rusia dan tembakan darat, kata gubernur setempat, Viacheslav Chaus, kepada TV Ukraina, Kamis.

Layanan darurat Ukraina mengatakan seorang ibu, ayah dan tiga anak mereka, termasuk anak kembar berusia tiga tahun, tewas ketika sebuah asrama Chernihiv dibom. Warga sipil bersembunyi di ruang bawah tanah dan tempat perlindungan di seluruh kota berpenduduk 280.000 jiwa itu.

“Kota ini tidak pernah mengalami mimpi buruk, kerugian besar dan kehancuran seperti itu,” kata Chaus.

Pejabat Ukraina mengatakan 10 orang tewas Rabu saat menunggu di antrean roti di Chernihiv. Seorang pria Amerika termasuk di antara mereka, kata saudara perempuannya di Facebook.

WHO: 43 Serangan ke Rumah Sakit

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan telah memverifikasi 43 serangan terhadap rumah sakit dan fasilitas kesehatan, dengan 12 orang tewas dan 34 terluka.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menyerukan lebih banyak bantuan untuk negaranya dalam pidato video kepada anggota parlemen Jerman, mengatakan ribuan orang telah tewas, termasuk 108 anak-anak. Dia juga merujuk pada situasi yang mengerikan di Mariupol, mengatakan: "Semuanya adalah target bagi mereka."

Pidato dimulai dengan penundaan karena masalah teknis yang disebabkan oleh serangan di dekat tempat Zelenskyy berbicara, kata wakil ketua Bundestag, Katrin Goering-Eckardt.

Kantor Zelenskyy mengatakan serangan udara Rusia menghantam pinggiran Kalynivka dan Brovary di ibu kota, Kiev. Otoritas darurat di Kiev mengatakan kebakaran terjadi di gedung apartemen 16 lantai yang terkena sisa-sisa roket Rusia yang jatuh, dan satu orang tewas.

Dalam sambutannya pada hari Jumat (18/3) pagi, Zelenskyy mengatakan dia berterima kasih kepada Presiden AS, Joe Biden, atas bantuan militer tambahan, tetapi dia tidak akan membahas secara spesifik tentang paket baru itu, dengan mengatakan dia tidak ingin Rusia tahu apa yang diharapkan.

Dia mengatakan ketika invasi dimulai pada 24 Februari, Rusia berharap menemukan Ukraina seperti yang terjadi pada tahun 2014, ketika Rusia merebut Krimea tanpa perlawanan dan mendukung separatis saat mereka menguasai wilayah Donbas timur.

Sebaliknya, katanya, Ukraina memiliki pertahanan yang jauh lebih kuat dari yang diperkirakan, dan Rusia “tidak tahu apa yang kami miliki untuk pertahanan atau bagaimana kami bersiap untuk menghadapi pukulan itu.”

G7: Invasi ke Ukraina Tak Beralasan

Dalam sebuah pernyataan bersama, para menteri luar negeri dari kelompok ekonomi terkemuka Kelompok Tujuh menuduh Putin melakukan “perang yang tidak beralasan dan memalukan,” dan meminta Rusia untuk mematuhi perintah Mahkamah Internasional untuk menghentikan serangannya dan menarik pasukannya.

Baik Ukraina dan Rusia pekan ini melaporkan beberapa kemajuan dalam negosiasi. Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan Kamis (17/3) bahwa beberapa negosiator memecah kelompok kerja.

Zelenskyy mengatakan dia tidak akan mengungkapkan taktik negosiasi Ukraina. “Bekerja lebih banyak dalam diam daripada di televisi, radio atau di Facebook,” kata Zelenskyy. "Saya menganggapnya dengan cara yang benar."

Sementara rincian pembicaraan Kamis tidak diketahui, seorang pejabat di kantor Zelenskyy mengatakan kepada AP bahwa pada hari Rabu, topik utama yang dibahas adalah apakah pasukan Rusia akan tetap berada di wilayah separatis di Ukraina timur setelah perang dan di mana perbatasan akan berada.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas pembicaraan sensitif itu, mengatakan Ukraina bersikeras memasukkan satu atau lebih kekuatan nuklir Barat dalam negosiasi dan jaminan keamanan yang mengikat secara hukum untuk Ukraina.

Sebagai gantinya, kata pejabat itu, Ukraina siap membahas status militer netral. Rusia telah menuntut agar NATO berjanji untuk tidak pernah mengakui Ukraina ke dalam aliansi atau menempatkan pasukan di sana.

Pertempuran itu telah menyebabkan lebih dari tiga juta orang meninggalkan Ukraina, menurut perkiraan PBB. Jumlah korban tewas masih belum diketahui, meskipun Ukraina mengatakan ribuan warga sipil telah tewas. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home