Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:51 WIB | Jumat, 03 November 2023

Pemimpin Hizbullah Lebanon Akan Berpidato, Mungkin Ungkap Sikap pada Perang Israel-Hamas

Pendukung Hizbullah berkumpul untuk menonton Hassan Nasrallah di pinggiran selatan Beirut pada 14 April 2023. (Foto ilustrasi: dok. AFP)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin Hizbullah Lebanon, Hassan Nasrallah, pada hari Jumat (3/11) akan memecah keheningan selama berminggu-minggu sejak pecahnya perang antara Hamas dan Israel, dengan mengeluarkan sebuah pidato yang dapat berdampak pada wilayah tersebut ketika konflik Gaza berkecamuk.

Setelah militan Hamas melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel dari Jalur Gaza pada tanggal 7 Oktober, perbatasan selatan Lebanon telah menyaksikan peningkatan saling balas serangan, terutama antara Israel dan Hizbullah, sekutu kelompok Palestina, sehingga memicu kekhawatiran akan terjadinya konflik yang lebih luas.

Serangan lintas batas memanas pada hari Kamis (2/11), ketika Israel membalas dengan “serangan luas” setelah Hizbullah menyerang 19 posisi Israel secara bersamaan, menurut kelompok tersebut.

Roket juga menghantam kota Kiryat Shmona di Israel dekat perbatasan dalam serangan yang diklaim oleh sayap bersenjata Hamas bagian Lebanon.

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian, telah memperingatkan bahwa “kawasan ini seperti tong mesiu” dan “segala sesuatu mungkin terjadi” jika Israel tidak berhenti menyerang Gaza.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, telah mengirim dua kelompok kapal induk ke Mediterania timur dan memperingatkan Hizbullah dan kelompok lainnya untuk tidak terlibat dalam konflik tersebut.

“Kami mempunyai kepentingan keamanan nasional yang signifikan di sini,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby, kepada wartawan.

“Saya yakin kita belum melihat indikasi spesifik bahwa Hizbullah siap menyerang dengan kekuatan penuh. Jadi kita akan lihat apa yang dia katakan.”

Pidato Nasrallah yang sangat dinanti-nantikan akan disiarkan sebagai bagian dari sebuah acara di pinggiran selatan Beirut, yang merupakan basis Hizbullah, pada pukul 15:00 waktu setempat (13:00 GMT) pada hari Jumat (3/11), untuk mengenang para pejuang yang tewas dalam pemboman Israel.

Di pihak Lebanon, lebih dari 70 orang tewas, setidaknya 50 di antara mereka adalah pejuang Hizbullah, tetapi juga pejuang lainnya dan warga sipil, salah satunya adalah jurnalis Reuters, menurut penghitungan AFP.

Di pihak Israel, sembilan orang tewas, delapan tentara dan satu warga sipil, kata militer.

Beberapa analis percaya bahwa Hizbullah tidak tertarik untuk terlibat sepenuhnya dalam konflik yang menurut pejabat Israel dapat menghancurkan Lebanon.

Pihak lain mengatakan keputusan tersebut ada di tangan Iran, yang memimpin “poros perlawanan” regional terhadap Israel, yang bersama Hizbullah mencakup kelompok-kelompok bersenjata dari Suriah, Irak dan Yaman, beberapa di antaranya telah menyerang Israel dan kepentingan AS di wilayah tersebut dalam beberapa pekan terakhir.

Namun Amal Saad, pakar Hizbullah di Universitas Cardiff, mengatakan: “Hizbullah bukanlah proksi Iran, mereka adalah sekutu Iran… Hizbullah tidak memerlukan izin siapa pun untuk melakukan intervensi.”

“Hizbullah jelas memiliki lebih banyak pengalaman melawan Israel dibandingkan Iran, Iran belum melakukan konfrontasi langsung dengan Israel,” tambah Saad.

Hizbullah pada hari Rabu (1/11) menerbitkan surat dari para pejuangnya yang ditujukan kepada kelompok-kelompok Palestina di Gaza, mengatakan bahwa mereka “bersedia membantu… untuk mendukung masjid Al-Aqsa dan saudara-saudara kita yang tertindas di Palestina”.

Kelompok ini hanya membatasi diri untuk menargetkan pos pengamatan Israel, posisi militer dan kendaraan di dekat perbatasan serta drone, dengan menggunakan apa yang dikatakannya sebagai peluru kendali (Rudal) anti tank, Rudal berpemandu dan bahkan Rudal permukaan-ke-udara.

Israel membalasnya dengan mengebom lokasi-lokasi di sepanjang perbatasan, sementara drone menargetkan pejuang di dekat perbatasan.

Ketegangan perbatasan telah menghidupkan kembali ingatan akan perang dahsyat Hizbullah dengan Israel pada tahun 2006 yang menewaskan lebih dari 1.200 orang di Lebanon, sebagian besar warga sipil, dan 160 orang di Israel, sebagian besar tentara.

Hizbullah menerima dukungan keuangan serta senjata dan peralatan dari Iran, dan telah membangun persenjataan yang kuat sejak tahun 2006.

Selama bertahun-tahun, Nasrallah sesumbar bahwa senjata kelompoknya bisa menjangkau jauh ke dalam wilayah Israel.

“Masing-masing pihak dengan hati-hati mengukur tindakan dan reaksinya untuk menghindari situasi yang mungkin tidak terkendali dan menyebar ke kawasan ini,” kata Michael Young dari Carnegie Middle East Center.

Namun jika Hizbullah sepenuhnya terlibat dalam perang, “kehancuran di Lebanon akan membuat sebagian besar komunitas, bahkan mungkin sebagian besar komunitas Syiah”, menentangnya, ia memperingatkan pekan lalu.

Di Lebanon, mereka yang mendukung dan menentang perluasan perang menahan diri mendengar pidato Nasrallah. “Kami menunggu dengan tidak sabar… Kami berharap dia akan mengumumkan perang terhadap musuh Israel dan negara-negara Barat yang mendukungnya,” kata Ahed Madi, 43 tahun, dari kota perbatasan Shebaa.

Rabih Awad, 41 tahun, dari kota Rashaya al-Fokhar di selatan, mengatakan perang baru antara Hizbullah dan Israel “akan menjadi pukulan mematikan bagi Lebanon”, yang sedang bergulat dengan krisis ekonomi yang parah.

“Saya menentang perang pemusnahan terhadap warga Palestina di Gaza,” katanya. “Tetapi keputusan untuk berperang harus diambil oleh negara Lebanon, bukan oleh partai atau milisi.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home