Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:27 WIB | Jumat, 03 November 2023

Pemimpin Hamas Serukan Gencatan Senjata dan Negosiasi Politik dengan Israel

Pemimpin Hamas Serukan Gencatan Senjata dan Negosiasi Politik dengan Israel
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dalam pidatonya di televisi yang menyerukan 'solusi politik' terhadap konflik yang sedang berlangsung dengan Israel, hari Rabu, 1 November 2023 (Foto: dari tangkapan layar saluran Telegram Hamas)
Pemimpin Hamas Serukan Gencatan Senjata dan Negosiasi Politik dengan Israel
Gambar yang dibagikan oleh IDF menunjukkan dua belas tangki minyak tempat Hamas diduga menyimpan cadangan minyaknya sementara Jalur Gaza kehabisan bahan bakar selama perang yang sedang berlangsung dengan Israel, 24 Oktober 2023. (Foto: Juru bicara IDF Arab di X)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, menyerukan untuk melakukan gencatan senjata perang dengan Israel di Gaza, dan membahas solusi dua negara.

“Kami siap melakukan perundingan politik untuk solusi dua negara dengan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina,” kata Haniyeh dalam pidatonya, menambahkan peringatan bahwa proses tersebut hanya dapat dimulai dengan syarat gencatan senjata dan pembukaan koridor kemanusiaan dan lebih banyak bantuan ke Gaza untuk mewujudkan perdamaian.

Kesediaan Ismail Haniyeh untuk terlibat dalam dialog dengan Israel tampaknya sangat bertentangan dengan pernyataan anggota politbiro Hamas lainnya, Ghazi Hamad, yang pekan lalu menyatakan bahwa kelompok tersebut bermaksud melakukan pembantaian lebih lanjut seperti yang terjadi pada 7 Oktober jika saja diberikan izin dan kesempatan, sampai Israel hancur.

Israel menanggapi pernyataan itu sebagai sangat kontras dengan niat rekannya untuk mengulangi pembantaian pada 7 Oktober sampai Israel dilenyapkan.

Ketika IDF (Tentara Pertahanan Israel) maju lebih jauh ke Jalur Gaza, membongkar infrastruktur Hamas dan membasmi puluhan teroris, pemimpin kelompok itu, Ismail Haniyeh, mengumumkan dalam pernyataan yang disiarkan televisi pada hari Rabu (1/11) bahwa ia bersedia terlibat dalam “negosiasi politik,” menurut kutipan media Times of Israel.

“Kami siap melakukan perundingan politik untuk solusi dua negara dengan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina,” kata Haniyeh dalam pidatonya, menambahkan peringatan bahwa proses tersebut hanya dapat dimulai dengan syarat gencatan senjata dan pembukaan koridor kemanusiaan untuk mewujudkan perdamaian. lebih banyak bantuan ke Gaza.

Seruan Haniyeh untuk melakukan gencatan senjata bukanlah hal yang baik bagi Israel dan sekutunya, yang telah berjanji untuk menghancurkan kelompok tersebut.

Pada hari Senin, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dengan tegas menolak gagasan tersebut, dan mengatakan bahwa mereka yang menyerukan gencatan senjata pada dasarnya menyerukan agar Israel menyerah pada terorisme dan barbarisme.

“Sama seperti Amerika Serikat yang tidak menyetujui gencatan senjata setelah pemboman Pearl Harbor, atau setelah serangan teroris 9/11, Israel juga tidak akan menyetujui penghentian permusuhan dengan Hamas,” katanya dalam konferensi pers untuk media negara-negara asing.

Majelis Umum PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) mengeluarkan resolusi tidak mengikat pada hari Jumat (2/11)  yang menuntut penghentian segera permusuhan di Gaza, namun tidak menyebutkan Hamas. Pengesahan resolusi tersebut dipuji oleh kelompok tersebut.

Mengenai permintaan Haniyeh untuk membuka koridor kemanusiaan ke Gaza, Israel telah mengizinkan lebih dari 170 truk yang membawa makanan dan obat-obatan memasuki Jalur Gaza yang diblokade selama dua pekan terakhir.

Namun Yerusalem tidak mengizinkan pengiriman bahan bakar, dan mengklaim bahwa kelompok teror tersebut akan menggunakannya untuk mengoperasikan sistem persenjataannya dan untuk memastikan anggotanya dapat terus bersembunyi di jaringan terowongan dan bunker bawah tanah yang luas, yang membutuhkan listrik dan ventilasi.

IDF mengungkapkan pada tanggal 24 Oktober bahwa Hamas memiliki cadangan bahan bakar yang sangat besar, sebuah klaim yang dikonfirmasi oleh pejabat Barat dan Arab kepada New York Times pekan lalu.

Kelompok teror tersebut juga diduga menimbun makanan dan minyak, menyembunyikannya dari warga Gaza yang sangat membutuhkan. Seorang pejabat senior Lebanon mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa Hamas memiliki cukup pasokan untuk mempertahankan pertempuran selama tiga hingga empat bulan tanpa memerlukan pasokan tambahan.

Muncul laporan bahwa kelompok teror juga telah mencuri bantuan kemanusiaan yang dikirim ke UNRWA, badan PBB yang menyediakan bantuan bagi pengungsi Palestina di Gaza dan keturunan mereka, serta bahan bakar.

Dalam pernyataannya, pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, juga memuji dukungan yang diberikan kepada kelompok tersebut melalui gerakan-gerakan di Yaman, Irak, Suriah, dan Lebanon, dengan mengacu pada serangan terhadap Israel selama tiga pekan terakhir oleh kelompok-kelompok yang didukung Iran di wilayah tersebut, yaitu kelompok Hamas. Houthi di Yaman, Hizbullah di Lebanon, dan berbagai faksi paramiliter di Suriah.

Perang ini dipicu pada tanggal 7 Oktober, ketika sekitar 3.000 militan Hamas menyerbu melintasi perbatasan ke Israel dari Jalur Gaza melalui darat, udara dan laut, menewaskan sekitar 1.400 orang di bawah kedok ribuan roket yang ditembakkan ke kota-kota Israel.

Menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas, lebih dari 9.000 warga Palestina tewas dalam perang tersebut, dan lebih dari 22.000 orang terluka. Jumlah tersebut, yang tidak dapat dikonfirmasi, merupakan hal yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa dekade kekerasan Israel-Palestina. Hamas dituduh membesar-besarkan jumlah korban tewas secara artifisial, dan tidak membedakan antara warga sipil dan pelaku teror. Beberapa orang yang tewas diyakini adalah korban salah tembak roket milik teroris Palestina. (New York Times/Times of Israel/Al Ahram)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home