Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:50 WIB | Senin, 07 Agustus 2023

Rusia Penjarakan Oposisi, Alexei Navalny, 19 Tahun Lagi Atas Tuduhan Ekstremisme

Sebuah layar menunjukkan tokoh oposisi Rusia, Alexei Navalny (kedua kiri) yang sudah dipenjara saat dia mendengarkan vonisnya atas serangkaian tuduhan ekstremisme di penjara IK-6, sebuah penjara dengan keamanan maksimum sekitar 250 kilometer (155 mil) timur Moskow, di pemukiman Melekhovo di wilayah Vladimir pada hari Jumat, 4 Agustus 2023. (Foto: AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan Rusia pada hari Jumat (4/8) menjatuhkan vonis pada pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny, penjara selama 19 tahun tambahan di balik jeruji besi atas tuduhan ekstremisme, kata juru bicaranya.

Hukuman berat terhadap Navalny, yang telah memobilisasi protes besar-besaran, adalah yang terbaru dari serangkaian tuntutan hukum terhadap aktivis terkenal dan orang Rusia biasa yang memprotes intervensi Rusia di Ukraina.

Jerman segera menyebut putusan itu sebagai "ketidakadilan murni", ketua Uni Eropa mengecam putusan itu sebagai "tidak dapat diterima", dan kepala hak asasi PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) meminta Rusia untuk "segera" membebaskan Navalny.

"Alexei Navalny dijatuhi hukuman 19 tahun penjara dengan keamanan maksimum," kata juru bicara Kira Yarmysh dalam sebuah pernyataan di media sosial.

Wartawan AFP yang menonton sidang di pusat pers di penjara Navalny mengatakan pria berusia 47 tahun itu tersenyum ketika hakim membacakan putusan dan memeluk terdakwa lain sebelum transmisi secara kasar terputus.

Seorang petugas penegak hukum bertopeng dengan pakaian kamuflase abu-abu dan jaket anti peluru berdiri di depan ruang audiensi.

Persidangan diadakan secara tertutup di penjara IK-6, sebuah penjara dengan keamanan maksimum sekitar 250 kilometer (155 mil) timur Moskow, tempat Navalny dipenjara. "Terima kasih kepada semua orang yang datang," kata timnya di Telegram, memposting rekaman dua lusin orang, tampaknya di luar pengadilan.

Navalny sudah menjalani hukuman sembilan tahun di penjara dengan keamanan maksimum karena "penggelapan", tuduhan yang menurut para pendukungnya dibuat-buat sebagai pembalasan karena menantang Presiden Vladimir Putin.

Ini adalah kasus politik formal pertama terhadap pemimpin oposisi, kata timnya.

'Mencoba Mengintimidasi'

Navalny mengatakan dia mengharapkan pengadilan untuk menjatuhkan hukuman penjara "Stalinis" yang panjang dan meminta para pendukungnya untuk menentang aturan Putin dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (3/8).

"Tolong pertimbangkan dan sadari bahwa dengan memenjarakan ratusan orang, Putin mencoba mengintimidasi jutaan orang," katanya.

Navalny telah membangun banyak pengikut di media sosial, di mana dia telah memposting video yang mengungkap dugaan korupsi di kalangan elite Rusia dan memobilisasi protes anti pemerintah besar-besaran.

Jaksa mengatakan bahwa Navalny menciptakan sebuah organisasi yang merusak keamanan publik dengan melakukan "aktivitas ekstremis".

Yayasan Anti-Korupsi miliknya, yang menyelidiki korupsi di kalangan pejabat Rusia, dilarang karena ekstremisme pada tahun 2021.

Sebagian besar sekutu dekatnya telah meninggalkan negara itu.

Sejak meluncurkan permusuhan skala penuh terhadap Ukraina tahun lalu, Rusia telah menindak lebih lanjut suara-suara yang tidak setuju, mendorong sebagian besar gerakan oposisi negara itu ke luar negeri.

Hari-hari terakhir Navalny sebelum vonis dihabiskan di sel hukuman di mana dia secara teratur dikirim karena pelanggaran kecil aturan penjara, menurut timnya.

Secara keseluruhan, dia telah menghabiskan hampir 200 hari di sel, menurut timnya, yang telah berulang kali menuduh otoritas penjara melecehkannya.

Dia ditangkap pada tahun 2021 setelah tiba di Moskow dari Jerman, di mana dia pulih dari serangan racun yang dia tuduhkan pada Kremlin, yang memicu kecaman internasional.

Koloni Hukuman Yang Parah

Navalny mengatakan petugas penjara memaksanya untuk berbagi sel dengan seorang narapidana yang sakit-sakitan dan membuat dia dan tahanan lainnya "disiksa oleh Putin", membuat mereka mendengarkan pidato Presiden Rusia.

Dia juga mengeluhkan masalah kesehatan dan penurunan berat badan yang drastis sejak dipenjara di koloni hukuman rezim yang ketat.

Hakim mengatakan dia akan menjalani hukuman tambahannya di penjara khusus yang bahkan lebih ketat.

Pada bulan April, Navalny mengatakan dia dapat diadili secara terpisah atas tuduhan terorisme dan menghadapi hukuman penjara seumur hidup.

Kantor kampanyenya di seluruh negeri dinyatakan sebagai organisasi ekstremis pada tahun 2021 oleh pihak berwenang, menempatkan karyawan, sukarelawan, dan pendukung pada risiko penuntutan yang lebih besar.

Selama musim panas, dua kepala kantor regional, Lilia Chanysheva dan Vadim Ostanin, masing-masing dijatuhi hukuman tujuh setengah dan sembilan tahun penjara atas tuduhan ekstremisme.

Ribuan orang Rusia telah ditahan karena memprotes serangan Moskow di Ukraina, dan beberapa aktivis terkenal, termasuk Vladimir Kara-Murza dan Ilya Yashin, kini berada di balik jeruji besi. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home