Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 11:37 WIB | Jumat, 07 Oktober 2022

Pemimpin Orkestra Ukraina Tampil di Metropolitan Opera Bersama Penyanyi Rusia

Foto yang dirilis oleh Metropolitan Opera ini menunjukkan Keri-Lynn Wilson melakukan latihan untuk "Lady Macbeth of Mtsensk" Shostakovich di Metropolitan Opera di New York pada 8 September 2022. (Foto: Jonathan Tichler/Metropolitan Opera via AP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Sudah cukup lama bagi konduktor Keri-Lynn Wilson, membentuk orkestra dari awal, memimpinnya dalam tur 12 kota, dan kemudian segera setelah dibubarkan langsung pergi ke Metropolitan Opera untuk mempersiapkan sebuah debut pekan pembukaan.

Yang dia miliki adalah tangan pemandu yang membentuk Orkestra Kebebasan Ukraina, sebuah ansambel yang didirikan sebagai pernyataan musik untuk menentang invasi Vladimir Putin ke Ukraina.

Wilson, yang leluhurnya dari Ukraina, kakek buyut dari pihak ibunya, ingat berada di Eropa ketika serangan Rusia ke Ukraina dimulai pada 24 Februari.

Tiga pekan kemudian, "Saya seharusnya pergi ke Odessa untuk memimpin, dan sebaliknya saya bertemu Peter di London," katanya. “Dan saya terus-menerus menangis dan mengatakan kami harus melakukan sesuatu, dan saat itulah tur lahir.”

Peter yang dimaksud adalah Peter Gelb, suami Wilson dan manajer umum Met. Dia menghubungi kepala Opera Nasional Polandia, dan bersama-sama mereka mengatur pendanaan dan tanggal tur untuk orkestra baru.

Dengan cepat, Wilson mengumpulkan sekelompok 75 musisi Ukraina, beberapa dari mereka adalah pengungsi baru-baru ini, beberapa anggota orkestra Eropa, dan yang lainnya masih tinggal di negara mereka yang diperangi.

“Itu adalah grup terpilih, tapi sangat mentah,” katanya. “Dan banyak dari mereka tidak bermain selama berbulan-bulan. Mereka mungkin pindah, mati-matian berusaha mencari rumah, pekerjaan di negara lain. Dan keluar dari COVID-19.”

Dengan hanya 10 hari untuk berlatih bersama di Warsawa sebelum meluncurkan tur, Wilson mengenang, “Hari pertama cukup berat, dan kami baru saja memainkan 'New World Symphony' Dvořák. Hari kedua, setelah tujuh jam saya tercengang. Dan pada hari keempat, Dvořák baru saja berguncang.”

Tur tersebut mengunjungi 10 kota Eropa ditambah New York dan Washington, mengumpulkan ulasan yang menarik dengan program-programnya, selain Dvořák, sebuah simfoni oleh komposer Ukraina, Valentin Silvestrov, karya-karya Brahms dan Chopin, dan dua opera yang dinyanyikan oleh soprano Ukraina, Liudmyla Monastyrska.

Karena misi politik orkestra yang unik, tidak ada musik Rusia yang disertakan dalam konser tersebut. Tapi Wilson sangat menentang setiap saran bahwa komposer Rusia entah bagaimana dinodai oleh agresi Putin. “Tidak pernah ada keraguan dalam pikiran saya bahwa kita tidak dapat menyandera sastra atau budaya Rusia,” katanya.

Di mana dia menarik garis, bagaimanapun, bekerja dengan seniman yang mendukung rezim saat ini. Jadi, ketika dia bergabung untuk membawakan "Tosca" Puccini pada musim gugur ini di Buenos Aires, dia mencatat bahwa penyanyi sopran Rusia, Anna Netrebko, yang telah dilarang oleh Met dan rumah-rumah lain karena menolak untuk menjauhkan diri dari Putin, terdaftar menyanyikan dua pertunjukan.

“Saya berkata, 'Maaf, saya tidak bisa tampil dengan Bu Netrebko,' dan mereka berkata, 'Jangan khawatir, dia membawa konduktornya sendiri.' Jadi tidak apa-apa. Untungnya, saya memiliki semua latihan. Dia hanya melangkah di tengah.”

Opera yang membawanya ke Met untuk pertama kalinya adalah mahakarya Rusia abad ke-20, "Lady Macbeth of Mtsensk" karya Dmitri Shostakovich. Di dalamnya, komposer berusia 26 tahun mengatur kisah pemerkosaan, pembunuhan dan pengkhianatan.

“Bagi saya, ini adalah karya yang sempurna untuk membuat debut saya,” kata Wilson, yang sebelumnya memimpin opera di Tel Aviv dan Zurich. “Saya sudah menjalin hubungan cinta dengan Rusia sejak saya masih kecil... dan opera ini hanyalah tur de force bagi seorang konduktor. Ini adalah bagian di mana saya benar-benar dapat menunjukkan barang-barang saya. ”

Wilson memuji orkestra Met sebagai "kendaraan yang fenomenal untuk bekerja dengannya," dan paduan suara sebagai "luar biasa," tetapi mengatakan bahwa dalam latihan pertama dia harus mengingatkan mereka bahwa "dalam bagian ini Anda tidak dapat menghadapi hambatan.”

“Sangat menarik untuk melihat seberapa aman beberapa permainan itu,” katanya. “Beberapa pemain melakukannya dan beberapa… Saya benar-benar harus mengatakan, ‘Tidak, fortissimo itu tidak cukup.’ Segalanya terlalu indah. Beberapa bagian paduan suara terlalu indah.”

Meskipun Met menjadwalkan kebangkitan ini dan mempekerjakannya tiga tahun sebelum invasi, Wilson mengatakan waktunya tidak mungkin lebih baik.

"Ini adalah opera yang dilarang oleh Stalin," katanya. “Sama seperti Putin yang mencoba membungkam orang Rusia yang melakukan pembalasan atau yang melakukan sesuatu di luar kebiasaan secara artistik, ini berteriak tepat di wajahnya. Ini luar biasa, simbolismenya.”

Wilson, yang dibesarkan di Winnipeg, Kanada, pergi ke The Juilliard School di New York untuk belajar seruling, tetapi mengatakan dia segera menjadi "benar-benar bosan" dengan instrumen itu. “Saya menikmati bermain di orkestra,” katanya, “tetapi sampai pada titik di mana saya harus memimpin untuk membuat musik seperti yang saya inginkan.”

Karirnya berkembang dan dia bekerja di banyak gedung opera dan gedung konser terkemuka di dunia, tetapi tidak pernah di Met. Akhirnya, dalam tahun 2019, direktur musik Met, sesama Kanada, Yannick Nezet-Seguin, mengundangnya untuk melakukan debutnya musim ini.

"Saya pikir setelah melakukan di London, Paris, di Rusia dan di tempat lain di AS, dia harus datang ke rumah kami, yang merupakan gedung opera terbaik di dunia," kata Nezet-Seguin.

Dilihat dari tanggapan kritis, penampilan pertama Wilson tidak mungkin menjadi yang terakhir.

“Ada beberapa keluhan ketika musim diumumkan tentang pertunjukan,” tulis Zachary Woolfe di The New York Times, meninjau penampilan pertama pada 29 September. “Tapi kualitas pekerjaannya berbicara sendiri. … Ini adalah pertunjukan yang sangat bagus.”

“Lady Macbeth of Mtsensk” berlanjut di Met hingga 21 Oktober dengan pemeran yang mencakup sopran Rusia, Svetlana Sozdateleva, sebagai karakter utama, tenor Brandon Jovanovich sebagai kekasihnya, dan bass-bariton, John Relyea, sebagai ayah mertuanya yang brutal.

Bagi Wilson, terjun langsung ke latihan di Met setelah konser terakhir Orkestra Kebebasan Ukraina mengurangi rasa sakit karena perpisahan.

"Oh, itu mengerikan," kenangnya melihat para musisi bubar, banyak untuk masa depan yang tidak pasti. “Syukur  saya mendapat pekerjaan ini.”

Satu-satunya hiburan adalah mampu meyakinkan para pemain bahwa orkestra akan bersatu kembali musim panas mendatang untuk serangkaian konser lainnya. “Mudah-mudahan ini akan menjadi tur kemenangan,” katanya. “Itu akan luar biasa.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home