Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 02:00 WIB | Jumat, 10 Januari 2020

Pemimpin Sempalan Taliban Afghanistan Terbunuh oleh Serangan AS

Pemimpin sempalan Taliban Afghanistan, Mullah Nangyalay, terbunuh dalam serangan udara oleh militer Afghanistan yang didukung NATO. (Foto: dari FMT)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Sebuah serangan udara oleh militer Amerika Serikat menewaskan seorang komandan kelompok sempalan Taliban dan beberapa pejuang lainnya di Provinsi Herat, Afghanistan bagian barat, kata sumber-sumber Afghanistan dan militer, hari Kamis (9/1) dikutip AFP.

Komandan itu, bernama Mullah Nangyalay, yang terbunuh di distrik Shindand, dekat perbatasan dengan Iran, kata juru bicara gubernur provinsi Herat, Jailani Farhad.

Nangyalay berpisah dari cabang utama Taliban setelah kematian pendirinya pada tahun 2013, Mullah Omar, dan bergabung dengan faksi yang lebih kecil yang dipimpin oleh seorang komandan yang dikenal sebagai Mullah Rasool.

Sumber senior kepolisian provinsi itu mengatakan serangan udara itu dilakukan oleh pesawat tanpa awak AS.

Misi NATO di Afghanistan, mengatakan kepada AFP bahwa pasukan mereka telah meluncurkan "serangan udara defensif untuk mendukung pasukan Afghanistan," dengan seorang juru bicara yang mengonfirmasi partisipasi pasukan AS dalam operasi itu.

Kelompok utama Taliban telah bernegosiasi dengan Washington selama lebih dari setahun tentang penarikan pasukan AS sebagai imbalan atas jaminan keamanan dari para militan yang dapat membuka jalan menuju pembicaraan damai intra-Afghanistan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home