Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 20:41 WIB | Sabtu, 16 September 2023

Peneliti Temukan Lebih 1.000 Kasus Pelecehan Seksual oleh Pastor Katolik di Swiss

Umat Katolik menghadiri Misa Minggu di Einsiedeln, Swiss, Minggu, 31 Mei 2020. Sebuah studi selama setahun tentang pelecehan seksual yang dilakukan oleh para pastor dan pihak lain dalam Gereja Katolik Roma di Swiss yang diterbitkan pada hari Selasa (12/9) telah menemukan lebih dari 1.000 kasus sejak pertengahan Abad ke-20, melibatkan 510 orang yang dituduh melakukan pelanggaran dan lebih dari 900 korban terkena dampaknya. (Foto: dok. Urs Flueeler/Keystone via AP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Sebuah penelitian selama setahun mengenai pelecehan seksual yang dilakukan oleh para pastor Katolik dan lainnya di Swiss yang diterbitkan pada hari Selasa (12/9) telah menemukan lebih dari 1.000 kasus sejak pertengahan abad ke-20, ketika gereja Swiss menjadi gereja terbaru di Eropa yang harus diperhitungkan dalam skandal pelecehan.

Dengan sedikit pengecualian, mereka yang dituduh melakukan kesalahan semuanya adalah laki-laki. Hampir tiga perempat dari dokumen yang diperiksa menunjukkan pelecehan seksual melibatkan anak di bawah umur.

Laporan tersebut, yang ditugaskan oleh Konferensi Waligereja Swiss dan dipimpin oleh dua sejarawan Universitas Zurich, memberikan pandangan mendalam mengenai pelecehan dan pelecehan seksual yang telah membingungkan Gereja Katolik di seluruh dunia dalam beberapa dekade terakhir, yang menjungkirbalikkan kehidupan banyak korban dan keluarga mereka, dan mencoreng citra institusi.

Para penulis mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka mengidentifikasi 1.002 “situasi pelecehan seksual” di gereja Swiss, termasuk tuduhan terhadap 510 orang. Pelecehan tersebut, tulis mereka, berdampak pada 921 orang.

“Situasi yang diidentifikasi hanyalah puncak gunung es,” kata sejarawan Monika Dommann dan Marietta Meier dalam sebuah pernyataan.

Di antara temuan-temuan lainnya, yang memang tidak menyeluruh, adalah lebih dari setengah, 56%,  kasus pelecehan seksual melibatkan laki-laki atau anak laki-laki. Sekitar 39% korban adalah perempuan atau anak perempuan, sementara 5% persen sisanya tidak dapat diidentifikasi berdasarkan jender, menurut penelitian tersebut.

Para peneliti mencermati ribuan halaman dokumen rahasia, yang dikumpulkan oleh otoritas gereja sejak pertengahan abad ke-20. Namun mereka mengatakan banyak sumber informasi yang belum sepenuhnya dipelajari. Mereka menyebutkan beberapa kasus di mana dokumen dihancurkan untuk menutupi dugaan kesalahan.

Studi tersebut melaporkan bahwa pelecehan terjadi di seluruh negeri. Lebih dari separuh kasus terjadi selama pelayanan pastoral dan sekitar 30% terjadi di tempat-tempat seperti sekolah, rumah, dan sekolah berasrama. Beberapa insiden terjadi selama pengakuan dosa atau konsultasi. Para peneliti menemukan banyak kasus yang “disembunyikan, ditutup-tutupi atau diremehkan.”

“Pejabat Gereja secara rutin memindahkan pendeta yang dituduh dan dihukum, kadang-kadang bahkan ke luar negeri, dalam upaya menghindari tuntutan pidana sekuler dan mengamankan penugasan kembali bagi para pendeta,” tulis mereka. “Dengan melakukan hal ini, kepentingan Gereja Katolik dan para pemimpinnya diutamakan di atas kesejahteraan dan perlindungan umat paroki.”

Konferensi Waligereja Swiss, yang hari Minggu (10/9) mengumumkan perintah Vatikan untuk melakukan penyelidikan terhadap klaim pelecehan seksual di Swiss, dan dua kelompok agama lainnya mengakui dalam pernyataan bersama bahwa tidak ada upaya yang cukup untuk melawan pelecehan tersebut.

“Sebagai institusi gerejawi, kami memikul tanggung jawab yang besar dalam kenyataan bahwa begitu banyak orang di jantung Gereja menjadi korban kejahatan, dan sering kali menderita konsekuensinya terhadap kehidupan mereka, diri mereka sendiri, hubungan mereka, pengembangan pribadi dan profesional mereka, keyakinan mereka pada Tuhan, pada kehidupan,” kata mereka.

Anggota hierarki gereja “tidak mau menanggung kesalahan ini” dan konsekuensi yang diperlukan, tambah mereka.

Pekerjaan ini akan terus berlanjut: Konferensi Waligereja dan para mitranya mengatakan tim peneliti akan menerima tambahan 1,5 juta franc Swiss (sekitar US$1,7 juta) untuk melanjutkan penelitian ini hingga tahun 2026.

Dalam laporan mereka, para peneliti mengatakan kedutaan Takhta Suci di Swiss, atau kedutaan besar Vatikan, menolak permintaan mereka untuk mengakses arsip-arsipnya. Mereka mencatat “hambatan besar” ketika mencoba melihat arsip di Vatikan sendiri, dan menyerukan akses yang lebih baik di masa depan.

“Saat ini, Paus dan para Kardinal menyatakan ingin menjelaskan (tentang masalah ini), namun mereka terus menolak akses terhadap arsip kedutaan besar dan Vatikan,” kata Jacques Nuoffer, kepala kelompok dukungan untuk rakyat Swiss, yang dianiaya dalam konteks agama, mengatakan pada konferensi pers di Zurich di mana laporan tersebut disampaikan.

Takhta Suci telah lama menolak untuk membuka berkas personel kepada penyelidik luar dan secara umum dilindungi dari keharusan melakukan hal tersebut melalui panggilan pengadilan dalam kasus-kasus pelecehan, karena mereka adalah negara berdaulat berdasarkan hukum internasional.

Beberapa pengecualian telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir. Vatikan membagikan arsip-arsip yang berasal dari beberapa dekade yang lalu tentang kasus-kasus pelecehan yang sangat mengerikan di Gereja Katolik Prancis, dan Vatikan membuka arsipnya untuk melakukan penyelidikan internal terhadap mantan Kardinal Theodore McCarrick yang dipermalukan.

Laporan ini menandai upaya terbaru konferensi para uskup nasional untuk memberikan perhitungan bersejarah atas pelecehan yang telah diketahui oleh hierarki selama beberapa decade, tetapi jarang mengambil tindakan untuk memberikan sanksi.

Dalam beberapa tahun terakhir, laporan nasional seperti di Jerman dan Perancis telah mendorong tuntutan restitusi bagi para korban dan memicu seruan agar para uskup, kardinal dan pemimpin agama yang menutupi pelecehan tersebut agar dihukum.(AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home