Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 17:59 WIB | Senin, 01 Agustus 2016

Penting Cek Kesehatan Rutin

Ibunda Mike Idol Amin Yudhayani (kedua kiri) menerima ucapan bela sungkawa di samping Jenazah Mike Mohede di rumah duka dikawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Senin (1/8). Michael Prabawa Mohede atau yang terkenal dengan Mike Idol meninggal dunia di usia 32 tahun karena serangan jantung. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ahli penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Ari F Syam mengatakan sangat penting untuk mengecek kesehatan secara rutin guna mendeteksi kelainan yang ada di tubuh. 

Pemeriksaan kesehatan menurut Ari F Syam adalah suatu upaya kita untuk mendeteksi adanya kelainan yang terjadi pada tubuh orang, walaupun belum timbul gejala, karena ada beberapa keadaan sakit yang memang hanya dapat diketahui kalau melakukan pemeriksaan kesehatan misal pemeriksaan laboratorium. 

"Kita dikagetkan akan berita meninggalnya artis muda dan terkenal Mike Mohede, yang meninggal akibat penyakit jantung. Kematian Mike menunjukkan betapa pentingnya cek kesehatan," ujar Ari di Jakarta, hari Senin (1/8). 

Penyakit-penyakit yang bisa dideteksi dengan pemeriksaan kesehatan antara lain penyakit kencing manis (DM), kadar kolesterol tinggi dan trigliserida yang tinggi, kadar asam urat yang tinggi, hipertensi dan gangguan jantung. 

Selain itu pemeriksaan skrining awal adanya kemungkinan kanker dapat dideteksi dengan pemeriksaan laboratorium, foto dada serta USG abdomen.

"Oleh karena itu, bagi mereka yang berumur di atas 40 tahun dan tidak pernah pemeriksaan kesehatan apalagi dengan berbagai faktor risiko dianjurkan untuk segera melakukan cek kesehatan rutin."

Saat ini jika seseorang mengalami obesitas, indeks masa tubuh lebih dari 30 kg/m2, maka sebenarnya orang tersebut berisiko dengan berbagai penyakit apalagi jika mempunyai kadar kolesterol tinggi, hipertensi dan mempunyai kebiasaan merokok serta minum alkohol.

Ari menambahkan masyarakat bisa melakukan deteksi dini kalau ada sesuatu yang tidak beres pada organ tubuhnya dengan cek kesehatan itu. 

"Tidak ada proses penyakit yang terjadi tiba-tiba tetapi manifestasi klinisnya bisa tiba- tiba, cuma masalahnya gangguan kesehatan harus diidentifikasi dengan pemeriksaan.Cek kesehatan merupakan hal penting yang harus rutin dilakukan, sehingga kita tidak akan terkejut bila ada kematian mendadak yang terjadi disekitar kita," tukas dia. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home