Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:40 WIB | Senin, 01 Agustus 2016

Kasus Zika di Florida Picu Kecemasan di Washington

Ilustrasi: Peta penyebaran virus zika di Florida. (Foto: wjs.com/Florida Department of Health US Census Bureau)

FLORIDA, SATUHARAPAN.COM - Nyamuk pembawa zika diyakini sudah ada di Amerika. Empat kasus penularan lokal dilaporkan di Negara Bagian Florida.

Bulan lalu, pejabat kesehatan Amerika sudah memperingatkan tentang zika. Pengukuhan kasus itu memicu babak baru saling tunjuk antara fraksi Demokrat dan Republik di Kongres yang belum menyetujui dana untuk menangani virus itu atau nyamuk yang menyebarkannya, seperti yang dikutip dari voaindonesia.com.

Empat orang di daerah Miami, terdiri atas satu perempuan dan tiga laki-laki, kemungkinan terinfeksi dengan zika pada awal Juli oleh gigitan nyamuk, merupakan kasus pertama terkena virus seperti itu di negara bagian AS, menurut pejabat federal dan Florida.

Sekitar seminggu setelah infeksi, mereka mengunjungi dokter. Pihak kesehatan segera disiagakan, karena virus zika telah menyebar, kemungkinan mereka bukan pihak pertama yang terinfeksi, menurut  pejabat berwenang.

Pejabat kesehatan AS diharapkan untuk siap menghadapi zika yang telah menyebar di daratan AS musim panas ini, jumlah populasi nyamuk yang dapat menularkan zika mulai bertambah. Nyamuk adalah kendaraan utama dalam menyebarkan virus ini. Nyamuk ini menjadi transmisi lokal dari zika, khususnya di negara-negara Selatan seperti Florida dan Texas, di mana nyamuk Aedes aegypti paling banyak ditemukan dan menjadi penyebab virus zika.

"Seperti telah kita antisipasi, zika sekarang di sini," kata Tom Frieden, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, seperti yang dikutip dari wsj.com.

Departemen Kesehatan Florida mengatakan, "transmisi aktif virus zika" terjadi di daerah sekitar satu mil persegi, dan menimpa sebagian besar penduduk di kawasan Wynwood Miami, sebelah utara dari kota Miami. Daerah itu terdiri atas lingkungan kelas pekerja, yang selama bertahun-tahun kebanyakan dihuni oleh keluarga Puerto Rico, dengan area gudang yang baik, juga galeri seni, restoran, dan bar.

“Dua dari orang yang terinfeksi bekerja di daerah itu dan dekat satu sama lain,“ kata Dr Frieden. Dua dari yang terinfeksi dari Broward County, dan dua lainnya dari Miami-Dade County, menurut Departemen Kesehatan Florida.

Pejabat kesehatan dalam beberapa pekan terakhir berlomba untuk membasmi nyamuk yang dapat menularkan virus.

“Para pekerja memakai cairan anti nyamuk. Saluran kotoran atau got sudah dibersihkan setiap hari, terutama di lingkungan Miami yang terkena virus tersebut. "Kami menjadi sangat agresif," kata Gayle Love. "Kami akan menyediakan sumber daya yang diperlukan, sehingga zika tidak mendapatkan tempat lagi."

“Pusat Medis Borinquen di Dade Miami, memiliki empat dari 11 fasilitas kesehatan di dekat daerah itu. Stafnya telah mempersiapkan untuk kemungkinan wabah zika selama berbulan-bulan," kata Paul Carl Velez, direktur administrasi.

Bagi umumnya orang Amerika, nyamuk adalah gangguan musim panas. Florida kini harus memperlakukannya sebagai ancaman kesehatan masyarakat.

Warga dan pengunjung pesisir Teluk Meksiko di Amerika mengungkapkan beragam tingkat kekhawatiran.

Luis De Rosa, pemimpin masyarakat Wynwood dan presiden kamar dagang Puerto Rico di Florida selatan, mengatakan warga cemas dan terus menerus menelepon kantornya Jumat (29/7) pagi, untuk mengkonfirmasi berita penyebaran wabah zika. "Semua orang benar-benar peduli," katanya

Bagi kebanyakan orang, dampak virus zika hanya mengakibatkan penyakit ringan, atau tidak ada gejala sama sekali. Namun, virus itu dapat menyebabkan cacat otak dalam janin ibu hamil yang terinfeksi. Hal itu juga dikaitkan dengan komplikasi yang jarang pada orang dewasa, seperti sindrom Guillain-Barré.

Lebih dari 1.650 kasus zika telah dilaporkan di AS dan Hawaii, tapi hampir semuanya akibat penularan, karena perjalanan ke daerah-daerah di luar AS di mana Zika menyebar, atau kontak seksual dengan seseorang yang bepergian ke daerah tersebut.

Para pejabat mendesak setiap orang, termasuk wanita hamil, untuk mengambil langkah-langkah melindungi diri mereka sendiri, termasuk menggunakan obat nyamuk.

 

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home