Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 12:36 WIB | Rabu, 08 Mei 2024

Penyelenggara Kontes Lagu Eurovision Akan Copot Bendera atau Simbol Palestina

Orang-orang berjalan di sepanjang jalan yang diberi tanda Eurovision Södra Förstadsgatan di pusat Malmö, Swedia, hari Selasa, 30 April 2024. (Foto: Johan Nilsson/TT News Agency via AP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Penyelenggara Kontes Lagu Eurovision pada Kamis (2/5) mengatakan bahwa mereka berhak untuk menghapus bendera Palestina dan simbol pro Palestina pada pertunjukan pekan depan di Swedia.

Pengumuman tersebut muncul di tengah meningkatnya ketegangan seputar partisipasi Israel dalam kompetisi musik tahunan tersebut sehubungan dengan kampanye militernya melawan Hamas di Gaza, yang kini memasuki bulan ketujuh. Kelompok pro Palestina diperkirakan akan melancarkan protes besar-besaran di Malmo untuk meningkatkan kesadaran akan perjuangan mereka.

Michelle Roverelli, kepala komunikasi Uni Penyiaran Eropa (EBU/European Broadcasting Union) yang menyelenggarakan acara tersebut setiap tahun, mengatakan pemegang tiket hanya diperbolehkan membawa dan mengibarkan bendera yang mewakili negara-negara yang mengikuti acara tersebut, serta bendera berwarna pelangi.

EBU yang bermarkas di Jenewa berhak “menyingkirkan bendera atau simbol, pakaian, barang dan spanduk lain yang mungkin digunakan untuk keperluan instrumentalisasi acara TV,” katanya kepada The Associated Pressmelalui pesan teks.

Kantor berita SwediaTTmelaporkan bahwa siapa pun yang mencoba membawa bendera Palestina atau tanda pesan politik akan dihentikan di pintu masuk oleh penjaga.

Martin Österdahl, pengawas eksekutif kontes, mengatakan kepada TTbahwa “peraturan ini sama dengan tahun lalu. Tidak ada perubahan.”

Bendera nasional adalah pemandangan umum selama kontes ketika para penggemar bersorak atas tindakan negara mereka dan orang-orang yang mereka dukung.

Gala mewah tersebut, yang menarik ratusan juta penonton setiap tahunnya, diadakan tahun ini pada tanggal 7-11 Mei di Malmo di Swedia selatan, menyusul kemenangan tahun lalu oleh Loreen atas penampilan “Tattoo”tahun lalu.

Pemenang mendapatkan hak bagi negaranya untuk menjadi tuan rumah acara tahun berikutnya: Swedia akan menjadi tuan rumah untuk ke-7 kalinya yang menyamai rekor.

Polisi Swedia telah memperingatkan bahwa keamanan akan diperketat, dengan alasan adanya ancaman terorisme di negara kaya Nordik tersebut.

Aktivis pro Palestina yang menginginkan Israel – mantan pemenang – keluar dari Kontes Lagu Eurovision telah mengumumkan demonstrasi besar-besaran di pusat kota Malmo, beberapa kilometer dari tempat kontes Malmo Arena.

Dewan keamanan nasional Israel pada hari Kamis (2/5) mengeluarkan peringatan yang mendesak masyarakat untuk mempertimbangkan kembali perjalanan ke Malmo, dengan mengatakan bahwa itu adalah “fokus protes anti Israel” yang mencakup seruan untuk menyerang warga Israel dan pembakaran bendera Israel.

“Perkembangan ini meningkatkan kekhawatiran nyata bahwa teroris akan mengeksploitasi protes dan suasana anti Israel untuk melakukan serangan terhadap warga Israel yang akan datang untuk Eurovision,” katanya.

Pada hari Kamis, polisi Swedia mengatakan mereka memberikan izin kepada para demonstran yang berencana membakar Al Quran di Malmo sebelum kontes tersebut. Demonstrasi semacam ini diperbolehkan di Swedia, dan polisi perlu menyebutkan alasan spesifik, seperti risiko terhadap keselamatan publik, jika mereka ingin menolak izin demonstrasi atau pertemuan publik.

Tahun lalu, Swedia menaikkan tingkat ancaman terornya menyusul serangkaian pembakaran Al Quran yang memicu protes di dunia Muslim.

Dalam beberapa pekan terakhir, reaksi berlebihan di seluruh dunia terhadap perang yang berlangsung selama hampir 7 bulan antara Israel dan Hamas telah memicu protes besar-besaran di kampus-kampus AS dan sekitarnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home