Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 09:43 WIB | Sabtu, 11 Mei 2024

Israel Tampil di Semifinal Eurovision di Tengah Protes Pro Palestina

Eden Golan mewakili Israel tampil di atas panggung saat latihan semifinal kedua Kontes Lagu Eurovision 2024, di Malmo, Swedia, pada hari Ranu, 8 Mei 2024. (Foto: Reuters)

MALMO-SWEDIA, SATUHARAPAN.COM-Semifinal kedua Kontes Lagu Eurovision tahun ini berlangsung di Swedia pada hari Kamis (9/5), dengan penampilan wakil Israel diperkirakan akan menarik perhatian karena protes besar-besaran pro Palestina yang direncanakan di kota tuan rumah, Malmo.

Sekitar 100.000 pengunjung berkumpul di Malmo di Swedia selatan untuk menghadiri festival tahunan, yang disaksikan oleh sekitar 200 juta orang di seluruh dunia.

Semifinal hari Kamis akan menampilkan dua favorit untuk menang, Nemo dari Swiss dengan lagu “The Code” dan Joost Klein dari Belanda dengan lagu “Europapa,” serta pemain luar Eden Golan dari Israel dengan lagunya “Hurricane.”

Kontes lagu versi ke-68 ini berlangsung di tengah protes dan boikot atas kampanye militer Israel di Gaza, yang dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel.

Uni Penyiaran Eropa (EBU), yang menyelenggarakan acara tersebut, menolak seruan agar Israel tidak diikutsertakan namun meminta Israel untuk mengubah lirik lagu aslinya “October Rain,” yang tampaknya merujuk pada serangan Hamas.

Puluhan ribu orang diperkirakan melakukan demonstrasi pro Palestina di pusat kota Malmo pada pukul 13:00 GMT pada hari Kamis. Demonstrasi pro- srael yang lebih kecil dijadwalkan pada pukul 16:00 GMT.

Mahasiswa Swedia kelahiran Gaza dan aktivis Palestina Bachar Garar, 23 tahun, akan memprotes apa yang disebutnya standar ganda, merujuk pada keputusan EBU untuk melarang Rusia setelah negara itu menginvasi Ukraina pada tahun 2022.

“Setelah semua yang terjadi, bagaimana mereka memperlakukan Rusia setelah apa yang terjadi di Ukraina, mereka memilih untuk menutup mata terhadap apa yang terjadi di Gaza. Jadi itu kemunafikan bagi kami dan kami berusaha mengakhirinya,” katanya.

Kontestan Israel Golan, 20 tahun, mengatakan dia berharap penampilannya akan membantu menyatukan masyarakat. “Ini adalah momen yang sangat penting bagi kami, terutama tahun ini,” katanya kepada Reuters dalam sebuah wawancara pekan ini. "Saya rasa merasa terhormat mendapat kesempatan untuk menyuarakan negara saya.”

Pada semifinal pertama pada hari Selasa (7/5), ribuan penggemar dengan pakaian unik dan berkilauan, banyak yang berdandan sesuai kontestan favorit mereka atau dengan warna nasional mereka, menyaksikan 10 pemain, termasuk favorit Kroasia dan Ukraina, lolos ke final hari Sabtu (10/5).

Pihak berwenang Swedia telah meningkatkan keamanan dan bersiap menghadapi kemungkinan kerusuhan selama pekan Eurovision.

“Kadang-kadang ada lebih banyak polisi daripada orang-orang yang memakai payet, tapi secara keseluruhan sangat menyenangkan, kami bersenang-senang,” kata pendukung Inggris, Francesca Gaffey, yang mengenakan batu berlian imitasi berwarna-warni di dahinya, ikat kepala bermotif bunga, dan kaos bergambar Slogan Eurovision 'Disatukan oleh Musik.'

Semifinal hari Kamis dimulai pada 19:00 GMT dan juga akan menampilkan kontestan dari Malta, Albania, Yunani, Republik Ceko, Austria, Denmark, Armenia, Latvia, San Marino, Georgia, Belgia, Estonia, dan Norwegia.

Bandar taruhan memegang Kroasia, Swiss, Italia dan Ukraina sebagai favorit untuk menang, sementara data streaming dari Spotify menunjukkan peluang besar bagi Belanda atau negara tuan rumah Swedia. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home