Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 19:49 WIB | Kamis, 08 Juni 2023

Penyidik PBB Kumpulkan Bukti ISIS Gunakan Senjata Kimia di Irak

Sebuah kendaraan melewati bendera kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Rawah tengah, 175 mil (281 kilometer) barat laut Baghdad, Irak. Penyelidik PBB sedang mengumpulkan bukti tentang pengembangan dan penggunaan senjata kimia oleh ekstremis Negara Islam di Irak setelah mereka merebut sekitar sepertiga dari negara itu pada tahun 2014, dan melakukan kekerasan, kejahatan berbasis jender terhadap anak-anak, Sunni dan Muslim Syiah, Kristen dan Yazidi, kata ketua tim investigasi pada Rabu, 7 Juni 2023. (Foto: dok. AP)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Para penyelidik PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) sedang mengumpulkan bukti tentang pengembangan dan penggunaan senjata kimia oleh ekstremis Negara Islam Irak danSuriah (ISIS) di Irak setelah mereka merebut sekitar sepertiga wilayah negara itu pada tahun 2014, dan melakukan kekerasan berbasis jender oleh kelompok militan tersebut, dan kejahatan terhadap anak-anak, Muslim Sunni dan Syiah, Kristen dan Yazidi, kata kepala tim investigasi, hari Rabu (7/6).

Christian Ritscher mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa orang-orang yang selamat dari serangan kimia pada Maret 2016 terhadap Taza Khurmatu, sebuah kota mayoritas Syiah Turkmenistan di selatan Kirkuk di timur laut Irak, masih sangat terpengaruh ketika dia berkunjung awal tahun ini.

Dia mengatakan telah memprioritaskan penyelidikan senjata kimia yang digunakan oleh Negara Islam (ISIS), juga dikenal juga sebagai ISIL.

“ISIS mempersenjatai beberapa bahan kimia dan menyebarkannya sebagai roket dan mortir kimia, serta alat peledak rakitan, di sekitar Taza Khurmatu” yang menyerang lingkungan perumahan dan ladang pertanian, kata Ritscher.

Serangan terhadap Taza Khurmatu diyakini sebagai penggunaan senjata kimia pertama oleh ISIL, menurut penyelidik AS. Mereka mengatakan lebih dari 6.000 penduduk dirawat karena luka-luka dan dua anak meninggal dalam beberapa hari setelah terpapar, sementara banyak yang selamat terus menderita efek kronis dan berkelanjutan.

Ritscher mengatakan penyelidikan timnya "telah memberikan wawasan dan analisis khusus tentang amunisi, sisa-sisa, dan bahan yang ditemukan" di Taza Khurmatu.

“Sejumlah besar bukti medan perang, termasuk catatan penggajian dan korespondensi ISIL, ditemukan, memungkinkan tim untuk mengidentifikasi orang-orang yang berkepentingan dan menjalin hubungan dengan anggota senior ISIL,” katanya.

Pejuang Negara Islam merebut kota-kota Irak dan mendeklarasikan kekhalifahan gadungan di sebagian besar wilayah di Suriah dan Irak pada tahun 2014. Kelompok itu secara resmi dinyatakan kalah di Irak pada tahun 2017 setelah pertempuran berdarah selama tiga tahun yang menewaskan puluhan ribu orang di kota-kota dalam reruntuhan. Namun, sel-sel tidurnya terus melancarkan serangan di berbagai bagian Irak.

Tim Investigasi PBB untuk Mempromosikan Pertanggungjawaban atas Kejahatan yang dilakukan oleh kelompok Negara Islam, yang dikenal sebagai UNITAD, yang dipimpin oleh Ritscher, dibentuk oleh Dewan Keamanan pada tahun 2017 untuk mengumpulkan bukti sehingga pelaku kejahatan oleh Negara Islam dapat dimintai pertanggungjawaban di persidangan. Ini telah bekerja erat dengan pejabat peradilan Irak.

Sebuah laporan UNITAD pada Mei 2021 mengatakan bahwa kelompok Negara Islam “menguji agen biologi dan kimia dan melakukan eksperimen terhadap tahanan… menyebabkan kematian,” dan penyelidikan awal diluncurkan.

Ritscher meyakinkan Dewan Keamanan bahwa “tidak ada kekurangan bukti tentang kejahatan ISIL di Irak, karena ISIL adalah birokrasi berskala besar yang mendokumentasikan dan memelihara sistem administrasi seperti negara.”

Dia mengatakan timnya telah memimpin upaya yang sejauh ini telah mendigitalkan delapanjuta halaman dokumen ISIL yang dipegang oleh otoritas Irak, termasuk pejabat Kurdi, dan sebagai langkah selanjutnya UNITAD membangun arsip pusat “yang akan menjadi gudang terpadu dari semua bukti digital terhadap ISIS.”

Ritscher mengatakan UNITAD juga memprioritaskan "orang yang berkepentingan" yang tinggal di negara lain dan saat ini mendukung proses pidana terhadap tersangka anggota dan pendukung ISIL di 17 negara. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home