Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 19:54 WIB | Kamis, 08 Juni 2023

Jebolnya Bendungan di Ukraina Berdampak pada Kehidupan, Lingkungan dan Pertanian

Jebolnya Bendungan di Ukraina Berdampak pada Kehidupan, Lingkungan dan Pertanian
Relawan mengevakuasi anjing dan kambing dari kota yang dilanda banjir di Kherson, Ukraina, Rabu, 7 Juni 2023. Banjir dari bendungan yang runtuh terus meningkat di Ukraina selatan pada hari Rabu, memaksa ratusan orang meninggalkan rumah mereka dalam operasi darurat besar yang membawa bencana. dimensi baru yang dramatis dalam perang dengan Rusia, sekarang di bulan ke-16. (Foto-foto: AP/Libko)
Jebolnya Bendungan di Ukraina Berdampak pada Kehidupan, Lingkungan dan Pertanian
Pemandangan atap rumah pribadi yang terendam banjir, di Kherson, Ukraina, Rabu, 7 Juni 2023.
Jebolnya Bendungan di Ukraina Berdampak pada Kehidupan, Lingkungan dan Pertanian
Jalanan tergenang air di Kherson, Ukraina, Rabu, 7 Juni 2023 setelah tembok bendungan Kakhovka runtuh. Warga Ukraina selatan, beberapa menghabiskan malam di atas atap, bersiap untuk hari kedua banjir yang meluas pada hari Rabu karena pihak berwenang memperingatkan bahwa jebolnya bendungan Sungai Dnieper akan terus mengeluarkan air yang terpendam dari waduk raksasa.
Jebolnya Bendungan di Ukraina Berdampak pada Kehidupan, Lingkungan dan Pertanian
Citra satelit menunjukkan pemandangan bendungan Nova Kakhovka dan fasilitas pembangkit listrik tenaga air dari jarak dekat, Ukraina, 5 Juni 2023. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Dampak jebolnya bendungan di Ukraina selatan mendatangkan malapetaka pada kehidupan, mata pencaharian, dan lingkungan di tengah perang melawan invasi Rusia.

Ketika bendungan Kakhovka jebol pada hari Selasa (6/6), aliran air dari waduk terbesar Ukraina mengalir deras ke kota-kota dan dataran rendah di hilir Sungai Dnieper, tempat pertempuran berkecamuk.

Pemerintah Ukraina, yang menguasai tepi barat sungai dan kota Kherson, menuduh pasukan Moskow meledakkan fasilitas tersebut. Rusia, yang menguasai tepi timur sekitar 300 kilometer terakhir (sekitar 185 mil) sebelum sungai mencapai Laut Hitam, menyalahkan serangan militer yang diperintahkan oleh Kiev.

Bendungan beroperasi sejak pertengahan 1950-an di bawah Uni Soviet, bendungan dan pembangkit listrik tenaga air terkait terletak sekitar 70 kilometer (44 mil) timur Kherson, dan memasok listrik, irigasi, dan air minum ke petak luas Ukraina selatan dan penduduknya.

Perkembangan Terbaru di Bendungan

Pihak berwenang dan petugas penyelamat di kedua belah pihak meningkatkan upaya untuk memindahkan penduduk yang terkepung ke tempat yang lebih tinggi dan lebih kering, meskipun beberapa mengeluhkan tanggapan yang tidak merata.

Badan bantuan kemanusiaan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) memperingatkan bahwa “bencana kemungkinan akan semakin parah dalam beberapa jam mendatang.” Dikatakan akses ke air minum dan risiko kesehatan yang terkait dengan air yang terkontaminasi adalah salah satu masalah yang paling mendesak.

Sekitar 3.000 orang dievakuasi dari daerah di kedua sisi sungai, kata para pejabat.

Oleksandr Prokudin, kepala administrasi regional Kherson, mengatakan sekitar 1.700 orang telah dievakuasi dari wilayah yang dikuasai Ukraina hingga Rabu (7/6). Ratusan permintaan bantuan masih membanjiri hotline pemerintah, kata Prokudin. Daerah ini memiliki populasi sekitar 42.000.

Di sisi sun gai yang dikendalikan Rusia, Gubernur regional yang ditunjuk Moskow Vladimir Saldo mengatakan hingga 40.000 orang tetap berada di daerah banjir. Wakilnya, Tatyana Kuzmich, mengatakan 1.274 orang telah dievakuasi, dan tanggap darurat akan berlangsung setidaknya 10 hari.

Juru bicara PBB, Stephane Dujarric, mengatakan hampir 12.000 botol air dan 10.000 tablet pemurnian air didistribusikan ke lima kota di Kherson dan di Mykolaiv, tempat sebagian besar pengungsi tinggal. PBB juga mendistribusikan makanan siap saji kepada sekitar 400 orang, katanya.

Apa Risiko Yang Dihadapi?

Kantor kejaksaan umum Ukraina mengatakan ketinggian air di hilir naik setinggi12 meter (39 kaki) di atas normal.

Vladimir Rogov, seorang pejabat administrasi wilayah Zaporizhzhia yang ditunjuk Rusia, mengatakan Dnieper telah menyempit pada hari Rabu sebanyak 65 meter saat waduk mengering.

Kepala perusahaan pembangkit listrik tenaga air nasional Ukrhydroenergo, Ihor Syrota, mengatakan pihak berwenang menahan air di waduk hulu untuk mengkompensasi sebagian hilangnya bendungan.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menulis di Telegram bahwa ratusan ribu orang tidak memiliki akses normal ke air minum.

Para ahli memperingatkan tentang bencana lingkungan bagi satwa liar dan ekosistem. Ladang ranjau kebanjiran, meningkatkan kemungkinan bahan peledak bisa tercabut dan hanyut.

Otoritas Ukraina mendesak penduduk setempat untuk hanya minum air kemasan dan menghindari makan ikan dari sungai.

Apa Tanggapan Rusia?

Presiden Rusia, Vladimir Putin, dalam pembicaraan pada har Rabu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyalahkan Ukraina dalam komentar pertamanya atas insiden tersebut. Dia mengatakan itu adalah "tindakan biadab" yang "menyebabkan bencana lingkungan dan kemanusiaan berskala besar," kata akun Kremlin.

Beberapa penduduk di wilayah yang dikuasai Rusia mengkritik tanggapan dari otoritas pendudukan.

Yevhen Ryschuk, wali kota Oleshky Ukraina yang melarikan diri dari kota setelah pasukan Rusia mendudukinya, mengatakan penduduk setempat mengatakan kepadanya bahwa pihak berwenang Rusia tidak memobilisasi upaya evakuasi dan telah membuat banyak orang terlantar.

Pasukan Ukraina mengatakan mereka mencapai garis depan untuk membantu memasok warga sipil di daerah yang dikuasai Rusia.

Kementerian Pertahanan Inggris men-tweet sebuah video yang menunjukkan drone, mungkin salah satunya, menjatuhkan sebotol air ke seorang perempuan di jendela atap di Oleshky. "Militer Ukraina tidak akan pernah meninggalkan warga sipil," katanya.

Zelenskyy menulis di Telegram bahwa upaya evakuasi di daerah pendudukan telah “gagal total”.

Dampaknya pada Pertanian

Sebagai pukulan terhadap salah satu lumbung pangan terbesar di dunia, kementerian pertanian Ukraina mengatakan sekitar 94% sistem irigasi di wilayah Kherson dibiarkan tanpa sumber air, serta hampir tiga perempat sistem irigasi di negara tetangga Zaporizhzhia dan sekitar 30% di Dnipropetrovsk.

"Penghancuran pembangkit listrik tenaga air Kakhovka akan mengarah pada fakta bahwa ladang di selatan Ukraina tahun depan bisa berubah menjadi gurun," katanya.

Harga gandum dan jagung stabil pada hari Rabu setelah naik tajam sehari sebelumnya karena kekhawatiran tentang kemampuan Ukraina untuk mengirimkan pasokan biji-bijian ke negara-negara berkembang di mana orang berjuang dengan kelaparan dan harga pangan yang tinggi.

Bank Dunia Bantu Ukraina

Bank Dunia akan mendukung Ukraina dengan melakukan penilaian cepat terhadap kerusakan dan kebutuhan setelah penghancuran bendungan pembangkit listrik tenaga air yang besar di garis depan antara pasukan Rusia dan Ukraina, kata seorang pejabat tinggi bank pada hari Rabu (7/6).

Anna Bjerde, direktur pelaksana Bank Dunia untuk operasi, dalam sebuah tweet mengatakan penghancuran bendungan Novo Kakhovka memiliki "banyak konsekuensi yang sangat serius untuk pemberian layanan penting dan lingkungan yang lebih luas."

Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal, juga menulis di Twitter, mengatakan dia berbicara dengan Bjerde tentang dampak runtuhnya bendungan, dan dia meyakinkannya bahwa Bank Dunia akan melakukan penilaian cepat terhadap kerusakan dan kebutuhan. (AP/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home