Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:22 WIB | Senin, 02 Oktober 2023

Perang Rusia di Ukraina: Bagaimana Teknologi Drone Memainkan Peran Penting

Pilot drone Ukraina menangkap dorone pengintai di Wilayah Luhansk, Ukraina, hari Sabtu, 19 Agustus 2023. Unit pasukan drone bertugas menhancurkan infantri, kendaraan tempur dan mesih berat Rusia. (Foto: dok. AP/Bram Janssen)

LUHANSK-UKRAINA, SATUHARAPAN.COM-Terbang di atas garis musuh, sebuah drone pengintai dari pasukan Ukraina mengirimkan gambaran yang jelas kepada tentara yang bersembunyi di ruang bawah tanah beberapa kilometer jauhnya: Sebuah kendaraan lapis baja Rusia berhenti di sepanjang rute logistik utama, tampak seperti mangsa empuk di lanskap hijau yang dipenuhi artileri.

Kemudian, dalam sekejap, gambar tersebut menghilang, dan layar operator drone digantikan oleh tumpukan piksel hitam putih.

“Salju,” kata seorang komandan dengan tenang yang dikenal dengan nama medan perang “Giocondo”, yang mengizinkan The Associated Press untuk mengikutinya dan unit pilot drone-nya dengan syarat anonimitas untuk melindungi identitas mereka. Peperangan berteknologi tinggi terjadi dalam dua cara, dan Rusia menggunakan sinar elektronik untuk menonaktifkan sinyal drone.

Beberapa detik kemudian, pilot drone beralih ke frekuensi yang tidak mudah dieksploitasi oleh Rusia. Gambar kendaraan lapis baja tersebut muncul kembali, dan drone kedua, yang berisi bahan peledak,  segera diluncurkan, dan itu melesat menuju sasaran.

Drone, Senjata Yang Hemat Uang dan Nyawa Manusia

Sembilan belas bulan setelah invasi Rusia, dan ketika serangan balasan yang melelahkan terus berlanjut, pemerintah Ukraina ingin menghabiskan lebih dari US$1 miliar untuk meningkatkan kemampuan perang dengan drone. Baik digunakan untuk pengintaian, menjatuhkan bom, atau meledakkan diri, drone menghemat uang dan nyawa tentara. Senjata-senjata ini juga lebih tepat dibandingkan artileri tradisional, yang jumlahnya terbatas, dan dapat memberikan dampak yang sangat besar, seperti pemetaan medan perang secara real-time, menghancurkan tank dan kapal, dan menghentikan kemajuan Rusia.

Namun, manfaat drone bisa jadi hanya sesaat. Tentara Rusia, yang mengandalkan keahlian Iran untuk membuat drone mematikan, dengan cepat mengejar ketinggalan setiap kali unit Giocondo memperoleh keunggulan. Kesuksesan, katanya, terletak pada literasi dan inovasi yang terus-menerus di medan perang.

Menteri Transformasi Digital Ukraina, Mykhailo Federov, mengatakan pemerintahnya berkomitmen untuk membangun “pasukan drone” yang canggih dan manfaatnya bagi upaya perang akan terlihat pada akhir tahun ini. Negara ini telah melatih lebih dari 10.000 pilot drone baru tahun ini.

“Tahap baru perang akan segera dimulai,” janji Federov.

Target Yang Sempurna

Unit Giocondo beroperasi di dekat kota Svatove yang diduduki, di timur laut Ukraina. Mereka telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk memodifikasi drone agar dapat terbang lebih jauh di belakang garis musuh dan menghindari deteksi dan sabotase Rusia dengan lebih baik.

Semua pilot drone-nya adalah sukarelawan, dan banyak dari mereka tidak memiliki pengalaman militer sebelum invasi Rusia.

Bersembunyi di sebuah rumah gudang yang diterangi cahaya pagi, seorang pilot yang dikenal dengan nama medan perang Bakeneko muncul di layar yang dipasang di kepala dan langsung diangkut, terbang di atas lapangan hijau yang ramai dengan kendaraan tempur dan prajurit infanteri Rusia. Dia menerbangkan drone yang berisi bahan peledak menuju tank buatan era Uni Soviet yang terlihat beberapa saat sebelumnya oleh drone pengintai.

Bakeneko mendengarkan band heavy metal Jerman, Powerful, menjelaskan bahwa dia “tidak bisa terbang dalam diam.”

Beberapa meter jauhnya, tentara lain, seorang manajer penjualan sebelum perang, menyiapkan bom yang meledak. Dengan menggunakan manset plastik fleksibel dan lakban, ia mengamankan peluru artileri dan baterai besar, mengubah drone komersial murah menjadi mesin pembunuh.

Saat matahari terbit, pasukan Rusia di sebelah timur mempunyai keunggulan cahaya yang bagus, mengintip posisi Ukraina dengan drone mereka sendiri. Namun keuntungan itu berubah pada sore hari, ketika pilot drone Ukraina kadang-kadang dapat melihat bayangan bergerak pasukan infanteri Rusia.

Menyisir lanskap yang luas untuk menemukan target membutuhkan waktu berjam-jam. Pasukan Rusia menjadi lebih baik dalam bersembunyi dan menyamarkan diri mereka di dedaunan.

Saat target Bakeneko sudah terlihat, dia menggoncangkan remote control, dan drone pun jatuh. Headsetnya menunjukkan pedesaan ke arahnya, dan kemudian menjadi kosong.

“Super, kami mengerti,” kata Giocondo, yang menonton di layar terpisah, yang menunjukkan kepulan asap keluar dari tangki.

Uji Coba dan Kesalahan

Meningkatnya ketergantungan pada drone yang bisa meledak pada jarak pendek di garis depan telah mendorong Rusia untuk mengerahkan lebih banyak perangkat pengacau, kata para pejabat Ukraina. Hal ini memaksa unit Giocondo, dan unit lainnya, untuk merancang tindakan penanggulangan yang kreatif.

Setelah tiga bulan melakukan uji coba, tentara Ukraina yang beroperasi di desa timur Andriivka, selatan Bakhmut, menemukan cara untuk menghindari perangkat pengacau Rusia yang telah lama menghalangi drone mereka.

Perbaikan tersebut menyebabkan desa tersebut direbut kembali pada awal September. Juru bicara batalion yang merebut kembali desa tersebut mengatakan ledakan drone adalah kuncinya karena mereka memaksa Rusia menarik persenjataan berat sekitar 15 kilometer agar tetap berada di luar jangkauan.

Namun pilot drone Ukraina mengatakan Rusia akan belajar dari apa yang terjadi, dan beradaptasi lagi. “Ini adalah kompetisi dua sisi yang interaktif,” kata Stephen Biddle, peneliti senior kebijakan pertahanan di Dewan Hubungan Luar Negeri.

Sejak awal perang, Rusia telah menggunakan drone kelas militer jarak jauh untuk menimbulkan kerusakan parah dan teror psikologis di ibu kota Ukraina, Kiev, dan di kota-kota lain. Seiring berjalannya waktu, militer Ukraina merespons dengan meluncurkan drone kelas militernya jauh di belakang garis musuh, menargetkan kapal perang di Laut Hitam, bandar udara di Rusia Barat, dan bahkan gedung-gedung di Moskow, menurut pejabat dan media Rusia.

Percepatan peperangan drone jarak pendek oleh unit-unit seperti Giocondo adalah respons langsung terhadap kesulitan yang dialami pasukan Ukraina pada musim panas ini dengan menggunakan senjata konvensional untuk mencoba menembus pertahanan Rusia. Serangan balasan yang dimulai pada bulan Juni telah menghabiskan uang, artileri dan tentara, dan belum menghasilkan momentum sebanyak yang diharapkan Ukraina.

Menghadapi tantangan ini, pemimpin pasukan elite drone bernama Asgard Group, yang mengawasi unit Giocondo, merasakan adanya peluang. Pemimpinnya, seorang mantan pengusaha kaya yang dikenal dengan nama Apoteker di medan perang, mengarahkan tentaranya untuk mulai menargetkan persenjataan besar dan mahal Rusia dengan drone kecil dan murah.

Logikanya sederhana, kata Apoteker: pembuatan drone yang meledak membutuhkan biaya sekitar US$ 400, sedangkan proyektil konvensional membutuhkan biaya hampir 10 kali lipat. Sekalipun diperlukan beberapa drone untuk menghancurkan sebuah tank, dan terkadang memang demikian, hal ini tetap layak dilakukan.

Strategi ini mempunyai manfaat tambahan karena membahayakan nyawa tentara lebih sedikit.

Namun pertama-tama mereka harus memodifikasi drone komersial dengan perangkat keras dan perangkat lunak agar sesuai dengan medan perang, sehingga memungkinkan mereka menembus lebih dalam ke belakang garis musuh tanpa terdeteksi atau macet. Sebuah terobosan datang melalui penggunaan beberapa drone secara cerdik secara bersamaan.

Dengan semangat kewirausahaannya, Apoteker membantu mengubah sekelompok insinyur, manajer perusahaan, dan pembuat film menjadi kekuatan tempur elite. Dia memperkirakan bahwa timnya yang beranggotakan 12 orang, yang dibentuk hanya dengan US$ 700.000, telah menghancurkan peralatan musuh senilai US$ 80 juta.

Tentara Rusia, yang menghadapi tantangan ekonomi dan militer seiring berlarut-larutnya perang di Ukraina, juga berupaya mempercepat penggunaan drone. Rusia telah meningkatkan produksinya sebelum invasi besar-besaran ke Ukraina pada awal tahun 2021, namun para pejabat mengakui bahwa upaya mereka belum cukup.

Kini, seiring dengan ketertinggalan Ukraina, pusat perbelanjaan Rusia diubah fungsinya menjadi laboratorium penelitian dan pabrik yang didedikasikan untuk drone, menurut Institute for the Study of War, sebuah wadah pemikir yang berbasis di Amerika Serikat.

“Musuh belajar dengan sangat cepat,” kata Apoteker.

Meningkatkan Anggaran

Pemerintah Ukraina telah memperhatikan inovasi akar rumput yang dilakukan oleh orang-orang seperti Giocondo dan Apoteker; kini mereka ingin meniru upaya tersebut dengan memberikan suntikan dana tunai.

Rancangan anggaran tahun 2024 mencakup tambahan belanja pertahanan sebesar 48 miliar hryvnia yang dialokasikan untuk pembelian drone.

Salah satu alasan untuk memprioritaskan peningkatan kemampuan pembuatan drone dalam negeri Ukraina, kata para ahli, adalah meningkatnya kesulitan dalam mendapatkan suku cadang dari China, pembuat drone terkemuka di dunia.

“Kami melakukan segalanya agar dunia usaha dapat berinvestasi dalam produksi berbagai drone,” kata Federov, Menteri Transformasi Digital Ukraina. Ia memperkirakan produksi dalam negeri akan tumbuh seratus kali lipat dibandingkan tahun lalu. Sejak Maret, setidaknya delapan perusahaan Ukraina baru yang membuat drone berbahan peledak telah dibentuk sebagai bagian dari inisiatif ini.

Melihat ke masa depan, Federov mengatakan kemajuan dalam kecerdasan buatan yang digunakan oleh beberapa brigade hanya akan mempertajam efektivitas, dan efesiensi biaya, drone.

Meski begitu, beberapa operator drone menganggap antusiasme tersebut sebagai hal yang remeh. Mereka skeptis bahwa budaya militer Ukraina, yang masih memiliki sisa-sisa kekakuan dari era Uni Soviet, dapat berubah dengan cukup cepat.

Operasi drone yang sukses tidak hanya bergantung pada pelatihan dan pengadaan drone, kata mereka. Bagian yang lebih penting dari teka-teki ini adalah meningkatkan kecerdikan dan kemampuan beradaptasi secara real-time dari unit-unit seperti milik Giocondo.

“Ini adalah interaksi yang kompleks di dalam unit itu sendiri,” kata Apoteker. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home